Sebagai warga negara Indonesia yang baik, saya ingin menyalurkan aspirasi saya untuk kemajuan PLN yang lebih baik. usia saya baru menginjak angka 20 tahun sedangkan PLN sendiri telah berdiri 69 tahun yang lalu. itu berarti, banyak sekali orang yang telah merasakan manfaat dari kehadiran PLN tanpa terkecuali saya sendiri yang juga telah merasakan manfaat dari PLN selama 20 tahun. bagi saya ini WOW banget loh pemirsa.
Maka dari itu, Saya excited banget untuk menuliskan ide saya di gubug virtual saya ini. perkenalkan, ini adalah blog saya yang saya bina dan tumbuh kembangkan selama bertahun-tahun. meski pihak PLN tidak bertanya, tapi saya tetap berkeinginan untuk pertemukan pihak PLN dengan blog saya yang sederhana ini. hehehe
Singkat cerita, saya hanya ingin mengusulkan PLN agar membuat sebuah kebijakan bagi para pemilik mall, hotel dan apartment untuk memiliki panel surya pribadi di gedungnya. karena saya sendiri menyadari, para pemilik mall, hotel dan apartment akan lebih banyak membutuhkan daya listrik di gedung mereka ketimbang para pelanggan pada umumnya. hal ini tanpa terduga terlintas di benak saya usai berjalan-jalan di Mall. 
Saya fikir, ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak. dimana pendiri usaha Mall, Hotel, Apartment bisa menghemat anggaran listrik mereka tiap bulannya dan pihak PLN sendiri bisa menghemat listrik serta menyalurkannya pada konsumen yang layak mendapatkannya. Dengan begitu, pasokan listrik akan hemat melalui program terencana tersebut.

Saya berharap sekali dengan cara ini, tidak ada lagi kebijakan pemadaman lampu karena semua wilayah merasa tercukupi keperluan listriknya. karena bagaimanapun juga, semua barang-barang elektronik kini sudah mengandalkan aliran listrik yang itu berarti, tanpa listrik hidup tidak akan asik.

Semoga tulisan saya ini bisa membantu PLN menjadi lebih baik lagi khususnya negara kita tercinta yakni Indonesia. karena pada dasarnya yang kita semua inginkan adalah hidup senang, tenang dan terang. Terimakasih PLN 🙂

Ideku untuk PLN : Tanpa Listrik, Hidup Tidak Akan Asik.