Kuliner

5 Camilan Tradisional Khas Sunda yang Melegenda

Menjadi bagian dari suku sunda adalah sebuah takdir yang tak terbantahkan. Terlebih lagi memiliki Papah yang berasal dari Tasikmalaya dan Mamah dari Bandung kemudian aku dilahirkan di Garut. Benar – benar membuat kombinasi sunda yang begitu komplit.
Selama ini Sunda dikenal memiliki beragam keanekaragaman yang terpancar mulai dari aksen bahasa sunda yang berbeda – beda tiap daerah, keseniannya dll. Dan satu hal yang tak luput dari perhatianku adalah Sunda sendiri banyak memiliki Camilan Tradisional yang Melegenda lho!
Berikut ini 5 Camilan Tradisional Khas Sunda yang Melegenda :
1. Kue Ali Agrem

Kue yang berbentuk seperti cincin namun dengan ukuran yang sedikit big size dari ukuran cincin tunangan. *eh adalah recommended camilan yang pantas dicoba di rumah. Bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat sederhana namun cukup memakan waktu, yaitu dengan cara mencampurkan gula merah cair, parutan kelapa dan tepung beras ketan. Kemudian adonan yang telah dicampurkan tadi harus didiamkan semalam sebelum pada akhirnya digoreng.
Kue Ali Agrem
Source : Google
2. Kue Awug

Kue awug ini bentuknya mirip sekali dengan bentuk tumpeng. Awug sendiri dibuat dari adonan tepung beras yang dikukus bersamaan dengan gula merah cair. Sehingga tidak heran bila rasa yang dihasilkan benar – benar legit, fantastis dan khas indonesia banget.
Kue Awug
Source : Google
3. Kue Seroja

Kue seroja ini memang memiliki bentuk khas seperti kembang goyang. Namun, rasanya tidak semanis kelihatannya. Rasa dari kue seroja ini gurih dan renyah. Namun ciri khas yang selalu melekat pada kue seroja ini adalah aroma daun jeruk yang memukau. Kue seroja ini biasa disajikan untuk menyambut tamu pada moment – moment tertentu seperti lebaran, pernikahan dll.
Kue Seroja
Source : Google
4. Kue Wajit

Keunikan pada kue wajit ini akan terlihat jelas dari rasanya yang legit dan bungkusnya. Kulit wajit sendiri ternyata dibungkus menggunakan kulit jagung kering. Dan Bahan – bahan yang digunakan dalam membuat kue wajit diantaranya tepung beras ketan, gula merah dan kelapa. Setelah dikemas ke dalam kulit jagung, kue wajit biasanya harus dijemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu supaya awet dan tahan lama.
5. Colenak

Colenak, camilan tradisional khas sunda yang berasal dari akronim dicocol enak ini merupakan camilan yang telah banyak dikenal berbagai kalangan. Colenak sendiri terbuat dari tape singkong yang dibakar kemudian dicocolkan dengan saus yang terbuat dari gula merah dan parutan kelapa.
Demikianlah informasi mengenai 5 Camilan Tradisional Khas Sunda yang Melegenda. Jangan lupa untuk menikmati camilan tradisional ini ya apabila berkunjung ke tataran sunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.