Tips

4 Tips Jitu Memilih Headphone yang Tepat dan Nyaman Saat Digunakan Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik kini menjadi hobby yang hampir disukai oleh setiap orang. Namun, genre musik yang didengarkan oleh setiap orang tentu memiliki genre yang berbeda – beda tergantung dari seleranya masing – masing. Saat ini begitu banyak genre musik yang dapat dipilih seperti Jazz, Hip Hop, Pop, Country, Rock, Metal dll.
4 Tips Jitu Memilih Headphone yang Tepat dan Nyaman Saat Digunakan Mendengarkan Musik
Source : Google
Nah, berangkat dari kenyataan tersebut. Maka sudah pasti bahwa perangkat headphone yang digunakan untuk mendengarkan musikpun memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan kualitas jenis musik yang disebutkan tadi. Daripada kebingungan saat hendak menentukan Headphone yang cocok digunakan untuk mendengarkan musik. Langsung aja nih, aku berikan 4 Tips Jitu Memilih Headphone yang Tepat dan Nyaman Saat Digunakan Mendengarkan Musik
1. Anggaran atau Budget
Masalah krusial yang satu ini tentu memaksa kita untuk berfikir cermat saat hendak membeli headphone yang dibutuhkan. Untuk itu, sebelum bertekad untuk membeli headphone, pastikan kamu telah melakukan check dan survey harga di internet atau toko – toko yang menjual headphone. Agar kamu dapat menyesuaikan headphone dengan kondisi anggaran yang kamu miliki.
2. Perhatikan Bentuk Headphone
Jangan asal membeli headphone hanya karena bentuknya yang lucu. Tapi juga perhatikan bentuk headphone yang dimilikinya. Agar headphone tersebut dapat memenuhi kebutuhan kamu saat mendengarkan musik. Pastikan bentuk headphone yang dipilih adalah yang nyaman saat digunakan dan tidak membuat telinga terasa sakit.
3. Kenali Fungsi Headphone
Untuk mengetahui fungsi headphone yang dibutuhkan. Kamu bisa bertanya pada diri sendiri perihal selera musik apa yang disukai. Bila kamu senang mendengarkan lagu – lagu dengan genre hip hop, rap, metal. Maka disarankan untuk memilih headphone tipe warm. Suara yang dihasilkan dari headphone tipe warm ini cenderung nge-bass, suara tidak terlalu nyaring dan ada sensasi dag-dig-dug ala ala gitu deh hihi
Dan, apabila kamu senang mendengarkan lagu dengan genre klasik dan rock. Maka jenis Headphone yang dapat dipilih adalah tipe bright. Karena output suara yang dihasilkan menghasilkan komposisi yang treble. Atau bisa juga memilih headphone tipe natural dimana komposisi suara bass dan treble yang dihasilkan seimbang.
4. Spesifikasi
a. Sensitifitas
Ketika hendak membeli headphone, perhatikan tulisan Desibel pada kemasan. Desibel menunjukkan seberapa nyaring suara yang akan dikeluarkan oleh headphone sehingga kamu tidak perlu memperbesar volume suara karena suara yang dikeluarkan sudah terbilang keras. Sebagai anjuran, paling aman bila kita memilih headphone dengan sensifitas > 85 dB
b. Frekuensi
Pilihlah headphone yang memiliki frekuensi suara yang besar. Karena semakin besar frekuensi yang dimiliki sebuah headphone makin bagus juga gelombang suara yang dihasilkan. Karena headphone dengan frekuensi yang besar juga menghasilkan suara yang lebih jelas didengar.
Nah, semoga dengan membaca 4 Tips Jitu Memilih Headphone yang Tepat dan Nyaman Saat Digunakan Mendengarkan Musik yang telah dipaparkan tadi. Kamu jadi tidak kebingungan lagi saat hendak membeli headphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.