Tips

Apa Itu Anti Petir Beserta Kegunaannya Untuk Melindungi Bangunan

Sedikit berbagi cerita tentang pentingnya sebuah Anti Petir dalam melindungi gedung maupun rumah. Jadi, suatu ketika ketika widya sedang asyik menonton televisi. Tiba – tiba saja petir menyambar dengan dahsyatnya sebagai pertanda datangnya hujan disertai petir. 
Karena ketakutan, akhirnya aku pun mematikan televisi lalu petir kembali muncul dan horornya kali ini petir tersebut membuat konslet listrik di rumah. Sempat disaksikan juga bahwa konsletnya listrik di rumah memancarkan cahaya di bagian tv. 
Untung saja saat itu televisinya sudah dimatikan. Namun, meski begitu tetap saja. Rasa takut muncul dalam benak. Sejak saat itu, akhirnya keluarga membeli sebuah anti petir yang dipasang di atap rumah. Tapi sebenarnya Apa Itu Anti Petir Beserta Kegunaannya

Apa Itu Anti Petir Beserta Kegunaannya Untuk Melindungi Bangunan
Source : Google
Anti Petir adalah sebuah alat yang terdiri batang runcing berbentuk tembaga yang berfungsi untuk membuat lajur bagi petir untuk sampai ke permukaan bumi tanpa merusak apapun yang dilaluinya. Berikut ini fungsi Anti Petir untuk melindungi Gedung maupun Rumah :
1. Melindungi Semua Perangkat Elektronik
Dengan memasang anti petir, semua perangkat elektronik tentu akan terproteksi dari bahaya sambaran petir.
2. Menyalurkan Sambaran Petir

Dengan menyalurkan sambaran petir menggunakan anti petir. Memungkinkan untuk petir agar tetap sampai di permukaan bumi tanpa melalui loncatan listrik yang memungkinkan untuk membahayakan seluruh perangkat yang ada di dalam bangunan maupun merusak struktur bangunan itu sendiri. 
Tentu kita sering mendengar bahwa petir juga dapat menimbulkan keretakan pada bangunan. Untuk itu, melakukan pemasangan terhadap anti petir sangat membantu untuk mencegah terjadinya keretakan maupun kerusakan pada bangunan.
3. Menangkap Arus Petir

Dengan melakukan pemasangan anti petir, maka arus petir dapat ditangkap dan disambut dengan cepat. Sehingga dapat lebih cepat memproteksi petir sebelum melalui berbagai macam benda yang dilewatinya. Karena sifat arus listrik yang senang berkumpul, itulah alasan kenapa anti petir dipasang dengan bentuk meruncing
Seringkali Hujan datang dibarengi dengan sambaran petir. Maka dari itu, sangat penting kiranya untuk berjaga – jaga dari bahaya sambaran petir dengan memasang anti petir. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati sama halnya mencegah sambaran petir yang datang merusak elektronik lebih baik daripada harus memperbaiki aneka perangkat elektronik yang rusak terkena sambaran petir. Selain itu, bahaya dari sambaran elektronik juga bisa mengakibatkan kematian apabila menyambar seseorang. Sangat mengerikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.