Loading...

Tips dan Trik Cara Mengatasi Kolesterol

Kita sering mendengar kata kolesterol? namun apakah sebenarnya kolesterol? kolesterol adalah sebuah metabolit  yang memiliki kandungan lemak sterol yang dapat ditemukan dalam membrane sel. Kolesterol ini sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. 
Namun apabila kadar  kolesterol dalam darah berlebihan  makan bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner dan stroke. Sering kita dengar orang yang meninggal karena penyakit kolesterol ini bukan ?
Tips dan Trik Cara Mengatasi Kolesterol
Source : Google
Kadar kolesterol tinggi biasanya dialami pada orang gemuk, tapi tidak menutup kemungkinan pada orang kurus juga memiliki kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan lemak tinggi dan rendah serat. Oleh sebab itu untuk orang kurus maupun gemuk  perlu menjaga pola makan dengan banyak konsumsi makanan berserat.  Ada beberapa Cara Untuk Mengatasi Kolesterol :
1. Perlunya Mengetahui Kadar Kolesterol
Dengan mengecek rutin ke apotik ataupun dokter. Kolesterol normal  dibawah 200mg/dl .
2. Menjaga Keseimbangan Berat Badan
Mengurangi berat badan yang berlebihan  merupakan cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa berat badan yang berlebihan dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. 
3. Aktifitas Fisik Rutin/ Rajin Berolahraga
Aktifitas jalan kaki, atau berolahraga secara rutin juga mampu mengurangi lemak, Usahakan anda berolahraga setiap hari .
4. Menghindari Lemak Jahat Dan Memilih Lemak Baik
Daripada anda mengkonsumsi lemak jahat, sebaiknya anda mengkonsumsi lemak baik/lemak  tak jenuh tunggal, contohnya seperti selai kacang, alpukat, kacang-kacangan. Pilihlah minyak nabati seperti minyak jagung, minyak soya, daripada minyak hewani. Buanglah lemak pada daging, juga pisahkan kulit pada ayam atau bebek. Pilihlah susu rendah lemak dari pada full cream.
5. Pola Makan Yang Benar
Perbanyaklah makanan berserat seperti sayuran, buah- buahan dan  kacang- kacangan. Kurangi konsumsi daging berlemak. Biasakan makan makanan yang dikukus, rebus, bakar atau dipanggang, kurangilah makanan yang digoreng. Kurangi konsumsi gula dan pemanis buatan. Pakailah pemanis dari Tropicana slim yang bebas gula dan rendah kalori .
Semoga tips diatas bisa berguna untuk program diet anda.

You might also like

No Comments

    Leave a Reply