Loading...

6 Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur Yang Benar

Pisau Dapur adalah bagian terpenting dalam kegiatan masak memasak. Keberadaannya tentu tak dapat ditawar lagi. Untuk itu, Pisau dapur membutuhkan perawatan khusus agar dapat digunakan dari waktu ke waktu dalam aktivitas memasak. Faktanya, aktivitas masak memasak tentu tak dapat dilakukan tanpa kehadiran benda paling krusial yaitu pisau dapur.
6 Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur Yang Benar
Berikut ini 6 Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur Yang Benar untuk anda yang ingin pisau dapurnya tetap awet dan tahan lama.
1. Sebelum memilih dan menentukan pisau dapur yang sesuai, pastikan kamu memperhatikan bahwa pisau tersebut terbuat dari bahan yang anti karat seperti Stainless steel. Karena bahan stainless steel terbilang tahan lama dan anti karat. Tentu kamu tidak ingin kan memotong makanan dengan pisau yang berkarat?
2. Untuk gagang pisau dapurnya, pilihlah yang terbuat dari bahan kayu. Karena bahan kayu bersifat tidak licin di genggam bahkan saat tanganmu berada dalam kondisi basah. Selain bahan kayu, kamu juga dapat memilih pisau dapur dengan bahan ebonite atau plastik keras. Bahan ini juga cukup baik dan tidak membuatmu merasa licin saat menggunakannya.
3. Lakukan pengasahan pisau secara teratur agar kualitas serta tingkat ketajamannya tetap terjaga. Pisau untuk memotong sayuran atau buah – buahan dapat diasah 2 minggu sekali sedangkan pisau untuk memotong daging diusahakan harus diasah 2 hingga 3 hari sekali.
4. Gunakan pisau sesuai porsi kebutuhannya saja. Disarankan untuk tidak menggunakannya untuk memotong sesuatu yang keras seperti membuka botol, menyayat hati mantan, mencincang hati gebetan dan berbagai tindakan anarkis lainnya. 
5. Setelah menggunakan pisau, dianjurkan untuk langsung mencucinya. Hal ini mencegah warna mata pisau berubah. Apalagi jika kamu baru saja memotong bahan yang mengandung zat asam. Maka pisau harus segera dicuci sesegera mungkin.
6. Bersihkan pisau dengan cara membilasnya dengan air bersih dan sabun pencuci piring. Jangan sekali – kali mencuci pisau dapur dengan cara merendamnya dengan air terlebih lagi dengan air yang dicampur dengan deterjen.
Demikian ulasan lengkap mengenai 6 Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur Yang Benar Semoga artikel 6 Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur Yang Benar ini dapat menjadi referensi bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari. 
Khususnya tips ini juga diharapkan dapat menjaga umur pisau dapur kesayanganmu agar tetap awet dan tahan lama untuk digunakan dari generasi ke generasi. 

You might also like

No Comments

    Leave a Reply