Loading...

Tips Mudah Cara Membuat Puisi Yang Menakjubkan Dan Mengesankan

Puisi adalah salah satu karya sastra yang menakjubkan. Meski begitu, dalam kenyataannya sebagian orang berpendapat bahwa menulis puisi merupakan aktivitas yang cukup sulit untuk dilakukan. Hal itu terjadi karena banyak orang melewatkan tekhnik dalam membuat puisi yang benar. 
Sebelum menulis Puisi tentu ada beragam hal yang pantas untuk dipertimbangkan demi terciptanya sebuah mahakarya berupa puisi yang cetar membahana. Berikut ini Tips Mudah Cara Membuat Puisi Yang Menakjubkan Dan Mengesankan.
1. Tentukan Tema
Langkah pertama dalam upaya menciptakan sebuah puisi yang bermakna adalah dengan menentukan tema puisi yang hendak dibuat. Apakah itu mengenai pengalaman pribadi, tentang cinta, persahabatan, perpisahan dsb. Dengan begitu, kamu akan dengan mudah menentukan kalimat atau frase yang tepat untuk karya puisimu.
Tips Mudah Cara Membuat Puisi Yang Menakjubkan Dan Mengesankan
2. Libatkan Perasaan
Puisi tentu memberikan citra perasaan terdalam dari seorang penyair. Untuk itu, pastikan kamu melibatkan emosi dan perasaanmu ketika hendak menulis puisi. Resapi dan hayati setiap kata demi kata kemudian wujudkan dalam bentuk bait. Pastikan kamu juga memahami betul perasaan apa yang tampak ketika kamu melihat pemandangan di sekelilingmu.
3. Cermati Suasana Yang Ada
Saat menulis puisi, kamu diharuskan untuk memahami setiap detail suasana yang ada. Fikirkan kembali tentang puisi apa yang hendak kamu ciptakan. Apakah lucu, menyeramkan, serius dsb. Kemudian, kamu juga dituntut untuk bisa menuliskan puisi tentang sesuatu yang berlawanan dengan kondisi perasaanmu saat itu. Ketika kamu sedang berbahagia, kamu bisa mencoba menciptakan sebuah puisi dengan tema kesedihan.
4. Perhatikan Gaya Penulisan
Gaya penulisan yang mudah dicerna tentu akan memberikan kemudahan bagi siapapun untuk memahaminya. Terlebih lagi, bila kamu ingin mendapatkan kemudahan saat membuat puisi. Pastikan pilihan kata yang kamu pilih menggunakan sajak bebas seperti yang saat ini banyak dilakukan oleh para penyair modern.
5. Target Karya
Fikirkan kembali tujuan kamu menulis puisi. Untuk siapakah gerangan puisi yang hendak kamu ciptakan? Dengan menentukan target, kamu akan memahami kata yang pantas untuk digunakan. Untuk mengujinya, kamu dapat membuat puisi sesuai dengan yang kamu inginkan. Kemudian kamu bacakan uraian puisi tersebut di depan teman – teman, tetangga atau kerabat. Lalu mintalah pendapat atas puisi yang berhasil kamu bacakan tersebut.

Baca Juga : Langkah Mudah Cara Mencuci Boneka

Dengan memahami kelima Tips Mudah Cara Membuat Puisi Yang Menakjubkan Dan Mengesankan. Semoga kamu dapat dengan mudah menciptakan beragam jenis puisi yang mengesankan dan menakjubkan. Terimakasih telah mengunjungi artikel Tips Mudah Cara Membuat Puisi Yang Menakjubkan Dan Mengesankan di laman blog ini.

You might also like

Comments (2)

  • Mimi Affandi 2 years ago Reply

    Kalo saya suka pakai bahasa yang apa adanya namun berirama, eh 😀
    Salam kenal. Saya follow ya blognya 😀

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya sama widya juga sukanya gitu mbak hehehe 😀

    sudah difollow blognya ya mbak 😀

Leave a Reply