Loading...

Inilah Cara Menggunakan Sumpit yang Benar

Meski tinggal di negara yang memiliki iklim tropis dan dilewati garis khatulistiwa, nyatanya dalam keseharian banyak sekali budaya asing yang masuk ke Indonesia. Dan salah satu budaya asing tersebut adalah budaya makan menggunakan sumpit.
Sumpit sendiri lebih dikenal sebagai alat makan yang digunakan oleh orang – orang di negara jepang, china, korea dll. Namun kini makan menggunakan sumpit sendiri bukanlah sesuatu yang aneh di Indonesia. Bahkan jajanan seperti lumpia basah saja ketika di makan menggunakan sumpit.
Waaah bener – bener ya, jaman sekarang itu. Jadi, jangan berfikir bahwa makan menggunakan sumpit hanya diperuntukkan untuk makanan khas jepang, china, korea dsb. Karena Indonesia sendiri telah banyak memanfaatkan sumpit untuk keperluan makan.
Cara Menggunakan Sumpit yang Benar
Source : Hello-pet[dot]com
Bagi yang belum terbiasa, tentu makan menggunakan sumpit jadi sesuatu yang merepotkan. Tapi, berbekal tekad yang kuat semua orang di dunia ini pasti bisa makan sumpit hehehe dulu juga rasanya kebingungan pas diharuskan makan sumpit. Tapi, lama – lama jadi terbiasa kok. Daripada penasaran, ini dia cara menggunakan sumpit yang benar :
1. Langkah pertama, ambil sumpitnya. Jangan hatinya, karena kita bukan sedang mempelajari cara mencintai yang benar. Kemudian letakkan sumpit di tangan kanan atau kiri tergantung kebiasaan tangan yang kamu gunakan ketika makan. Lalu posisikan sumpit pada bagian antara jari tengah dan telunjuk. Dan letakkan pangkal sumpit pada bagian perbatasan antara ibu jari dan jari telunjuk. Ibaratkan ketika kamu sedang memegang pulpen.
2. Selanjutnya, ambil bagian pangkal Sumpit lainnya dan letakkan seperti posisi yang dijelaskan langkah pertama. Namun pada langkah ini, biarkan ujung sumpit menempel pada jari tengah. Jadi kali ini satu sumpit menempel pada ibu jari kemudian bagian sumpit yang lainnya menempel di bagian antara jari telunjuk dan jari tengah.
3. Pastikan posisinya saling mengunci. Pada tahap ini kamu dapat mempraktekkannya langsung. Jika kamu memegang dalam posisi yang benar, maka sumpit tidak akan bergerak mundur atau maju. Namun yang ada justru sumpit akan melakukan pergerakan ke atas atau ke bawah menyesuaikan posisi makanan yang diambil.
Naaah sangat mudah kan? Intinya, saat menggunakan sumpit kamu menggerakan sumpit yang ada di bagian ujung telunjuk. Cukup gerakkan satu bagian sumpit saja, maka ketika bagian sumpit yang ada di ujung telunjuk dikencangkan dia akan berada dalam posisi terbuka begitupun sebaliknya. Semoga bermanfaat!

You might also like

Comments (6)

  • Yaumil Akbar 2 years ago Reply

    Insya allah di praktekin tapi anu paling nikmat mah tetep pake Hand. hehe

  • sangpena 2 years ago Reply

    Paling enak tetap pulukan 😀 *entah kenapa sampai sekarang masih belum bisa menggunakan sumpit dengan baik dan benar -_-" gk pernah sesuai teori, penting masuk dan kenyang, hehe.

  • Didik Jatmiko 2 years ago Reply

    Makan mie ayam pakai sumpit pernah, kalau makan nasi pakai sumpit belum pernah hehehehe 🙂 kebetulan dikasih tahu cara memakai sumpit, terima kasih ya mbak

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Naaaah yang itu mah bener pisan wkwkkwk setuju kang 😀

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Ya begitulah.. widya juga belum mahir makan pake sumpit sih tetep yang paling mahir mah pake tangan wkwkwk

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya sama2 mas didik udah berkunjung. Kalo widya sih pernah makan nasi pake sumpit. Cuma ya itu dia, tetep lebih nikmat pake tangan hehehe

Leave a Reply