Tips

Tidak Perlu Takut dengan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Jika ingin memandikan bayi baru lahir tidak perlu takut. Untuk sebagian besar Ibu memandikan bayi yang baru lahir dapat menjadi pengalaman yang sangat menegangkan. Anda harus memegang sambil menyapu di tubuhnya yang licin. Sebenarnya aktivitas seperti ini tentu memerlukan latihan serta perasaan yang tenang. Cara memandikan bayi baru lahir akan bisa dengan mudah Anda lakukan seiring dengan berjalannya waktu.
Bila Anda masih takut memandikan si kecil Anda tidak perlu memandikannya, selama tali pusar yang ia miliki belum lepas. Cukup hanya dengan tidak menggunakan air hangat agar tali pusarnya bisa kering dan lebih cepat lepas. Pada minggu-minggu pertama si kecil hanya cukup satu kali dalam sehari dikarenakan Iya belum berkeringat.
Cara Memandikan Bayi Baru Lahir
Untuk memudahkan Anda memandikan si kecil pilih bak mandi yang berukuran kecil, isi bak mandi dengan menggunakan air hangat, hingga 6 cm cukup mandikan antara 3 hingga 5 menit serta usap secara perlahan dengan menggunakan spons yang lembut. Jangan lupa bersihkan kulit kepala, lipatan kulit, paha, leher belakang, telinga dan juga ketiak dengan perlahan Anda bisa meminta bantuan ataupun arahan dari orang yang lebih berpengalaman. Mereka pasti memiliki tips memandikan bayi yang baru lahir.
Bila masih ragu mungkin setelah beberapa kali praktek untuk memandikan si kecil, Anda akan jauh lebih percaya serta menikmati waktu memandikannya. Rutinitas ini bisa semakin mendekatkan Anda dengan sang bayi dan menjadi sarana melatih komunikasi. Anda dapat memandikannya dengan mengajak bicara bercanda bercerita maupun bernyanyi. Berikan stimulus lain ketika mandi ini akan begitu bermanfaat untuk si kecil. 
Contohnya seperti air yang berada di dalam bak mandi si kecil akan menciptakan perasaan ayunan seperti berada di dalam kandungan. Kondisi ini bermanfaat untuk mempertahankan sensitivitas sistem kemampuan keseimbangan sebagai landasan bertumpu agar aktif. Disamping itu perubahan suhu yang berada di luar dan dalam tubuh si kecil ketika mandi akan merangsang sensitifitas pembuluh darah kapiler. Ternyata begitu besar manfaat dari memandikan bayi. Jadi sekarang tidak perlu takut dengan cara memandikan bayi baru lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.