Tips

Tips Memilih Mukena Yang Memberikan Kenyamanan Saat Digunakan

Bagi seorang muslimah, tentu mukena adalah busana pelengkap yang sangat penting digunakan dalam menunjang aktivitas ibadah. Pada awalnya, mukena sendiri adalah pakaian ibadah yang diadaptasi dari para wali di zaman dulu. Di masa itu, wanita biasanya menggunakan kemben tanpa memperhatikan bagian dada dan kepala. Barulah saat itu, saat dimana islam datang. Dibuatlah mukena yang hanya memperlihatkan wajah dan telapak tangan.

Tips Memilih Mukena

Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman. Mukena akhirnya mengalami berbagai macam inovasi dari segi tampilan dan bahan. Kini mukena dapat dibuat dengan beraneka bahan. Guna menyesuaikannya dengan kenyamanan si pemakai mukena itu sendiri. Dan buat kamu yang hendak memilih mukena yang tepat, sangat penting buat kamu untuk menyimak Tips Memilih Mukena Yang Memberikan Kenyamanan Saat Digunakan berikut ini : 
1. Katun
Mukena berbahan dasar kain katun merupakan mukena yang telah banyak digunakan orang – orang muslim dalam kesehariannya. Hal ini dikarenakan mukena berbahan katun memiliki tekstur yang halus dengan sifat yang kuat. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau. Terlebih lagi, mukena berbahan katun juga memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga nyaman saat digunakan dalam aktivitas beribadah.
2. Parasut
Mukena yang satu ini juga rupanya tidak pernah sepi peminat. Mukena yang satu ini banyak disukai karena memiliki bahan yang ringan dan sejuk serta tidak membuat keribetan tersendiri untuk dibawa kemana – mana. Uniknya, Mukena ini dapat dilipat hingga dalam lipatan yang kecil sehingga tidak mengambil banyak ruang di dalam tas. Namun, mukena ini sedikit transparan dibanding bahan mukena yang lain sehingga disarankan untuk memilih warna tua ketika memilih mukena dengan bahan parasut.
3. Sutra
Bahan yang berasal dari ulat sutra ini memang sangat digemari oleh para wanita. Terlebih lagi bila disematkan dalam kain mukena. Alasannya karena kain sutra merupakan kain dengan tingkat elastisitas yang tinggi. Selain itu sifat kainnya cukup lembut dan adem. Sehingga tidak memberikan rasa gerah pada si pemakai saat dikenakan.

Tak hanya itu, mukena berbahan kain sutra juga memberikan kesan luxury serta berkilau. Namun, mukena berbahan dasar kain sutra memiliki harga yang belum terjangkau bagi setiap kalangan. Maka dari itu, jumlah pemakainya pun tidak sebanyak pemakai kain berbahan dasar katun dan parasut.

Demikianlah Tips Memilih Mukena Yang Memberikan Kenyamanan Saat Digunakan. Semoga informasi ini dapat memberikan pencerahan buat siapapun yang ingin mendapatkan kenyamanan saat sedang menjalankan aktivitas beribadah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.