Tips

4 Cara Membersihkan Sayur dan Buah yang Benar

Widyaherma.com – Kita semua tentu tahu bahaya pestisida pada sayuran dan buah – buahan sangat buruk bagi kesehatan manusia. Sebenarnya ada cara lain agar terhindar dari sayuran dan buah – buahan yang mengandung pestisida yakni dengan cara menanam sayuran sendiri di pekarangan rumah. Namun, hal itu tentu membutuhkan waktu dan harus mempersiapkan banyak waktu luang untuk merawat sayuran dan buah – buahan yang kita tanam.
Maka dari itu, banyak orang yang lebih mempercayakan kebutuhan buah dan sayuran nya kepada pedagang sayuran. Meskipun begitu, rupanya kamu tetap dapat mencicipi sayuran yang bebas dari pestisida asalkan kamu membersihkannya dengan baik dan benar. Berikut ini cara mencuci dan membersihkan sayur dan buah yang benar agar terhindar dari bahaya residu pestisida.
4 Cara Membersihkan Sayur dan Buah yang Benar
Source : Google.com
 
1. Cuci Sayur Menggunakan Air yang Mengalir
Meskipun tidak dapat mengurangi kandungan residu pestisida yang ada dalam sayuran hingga 100 %, namun kamu tetap dapat meminimalisir bahaya kandungan residu pestisida hingga 20 – 70% dengan mencuci sayuran yang hendak dikonsumsi dibawah air yang mengalir.
Kamu sangat tidak dianjurkan untuk merendam sayuran yang hendak dikonsumsi. Karena hal itu membuat kandungan pestisida dapat menempel kembali pada sayuran. Tapi, sayangnya pestisida sistemik yang secara langsung masuk melalui tanah, udara dan air membuat jaringan sayuran tersebut terkontaminasi pestisida sehingga tidak dapat hilang hanya dengan metode pencucian semata.
 
2. Rebus Sayuran
Dengan merebus sayuran yang hendak dimasak, tentu hal ini dapat menurunkan kandungan residu menjadi lebih rendah dari sebelumnya. Meskipun sayuran tersebut mengandung pestisida sistemik. Namun tetap saja metode merebus sangat ampuh untuk menurunkan kadar pestisida yang terkandung dalam sayuran tersebut.
3. Buka lapisan luar dari permukaan sayur 
Setiap sayuran tentu memiliki lapisan terluarnya masing – masing. Maka dari itu, untuk mencegah kandungan pestisida yang terdapat dalam sayuran. Kamu dapat membuang lapisan terluar yang ada di permukaan sayuran tersebut. Karena pada bagian ini, seringkali mengandung banyak kandungan pestisidanya.
4. Cuci Sayuran Menggunakan Sabun yang aman untuk sayuran.
Untuk mengurangi kandungan pestisida dan residu yang menempel, disarankan untuk mencucinya menggunakan sabun yang aman untuk sayur. Hal ini dinilai ampuh untuk mengurangi lapisan lilin, minyap dan berbagai partikel dari kandungan pestisida. Dan jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih. Agar tidak ada kandungan sabun yang mengendap di dalam sayuran.
Demikianlah Cara Mencuci dan Membersihkan Sayur yang Baik dan Benar. Semoga cara ini dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi setiap orang yang hendak mengkonsumsi sayur. Karena mengingat bahaya pestisida yang begitu mengancam kesehatan.
Alih – alih ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari sayuran yang dikonsumsi, namun yang ada malah sebaliknya. Semoga saja tidak demikian. Oh iya, dan jangan lupa juga untuk menyimpan sayur dan buah yang telah dicuci di Tempat Buah & Sayur yang bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.