Health

8 Cara Menjaga Kesehatan di Usia Remaja Muda Belia

Saat menghadapi usia remaja muda belia, terkadang banyak orang yang lupa akan pentingnya menjaga kesehatannya sendiri. Sehingga tak jarang bila banyak orang yang memforsir dirinya sendiri dan mengabaikan pentingnya tubuh beserta kesehatannya.
Alhasil, banyak yang kemudian terjebak dengan kebiasaan buruk di masa muda. Padahal nih ya, penyakit itu datangnya tidak pilih – pilih. Karena saat ini juga banyak penyakit yang bisa mengancam di usia remaja muda belia lho. Serem. Biar terhindar dari ancaman tersebut, ini dia 8 Cara Menjaga Kesehatan di Usia Remaja Muda Belia.
8 Cara Menjaga Kesehatan di Usia Remaja Muda Belia
1.    Bagi teman – teman yang hobi menjemur diri di bawah terik matahari pada siang hari tanpa tabir surya. Segera waspada, karena kanker kulit dapat menyerang teman – teman.

2.    Perbanyak konsumsi makanan ataupun minuman yang kaya akan vitamin D dan kalsium. Kenapa? Karena kedua nutrisi tersebut bisa membantu teman – teman untuk terhindar dari wabah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Ngeri ya. Masih muda tapi tulangnya udah keropos.

3.    Makan makanan yang mengandung lemak omega 3. Dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan tersebut, teman – teman dapat melakukan upaya untuk mencegah stroke. Biasanya, makanan yang mengandung lemak omega 3 adalah ikan makarel, ikan salmon juga ikan tuna.

4.    Rajin berolahraga dan hindari kebiasaan buruk yang sangat tidak menyehatkan seperti konsumsi minuman beralkohol, merokok, kurang tidur, makan makanan yang sembarangan dll. Tentu teman – teman tidak mau kan terserang penyakit berhaya?

5.    Tak hanya olahraga fisik semata, teman – teman juga perlu mengolahragakan otak. Caranya, bisa dengan mengisi teka teki silang, rajin membaca buku yang bermanfaat. Fugsinya adalah untuk mencegah terjadinya kepikunan atau alzheimer.

6.    Pastikan berat badan tetap ideal. Menjaga berat badan tetap seimbang juga menjadi salah satu upaya agar badan tetap sehat dan terhindar dari obesitas. Pasalnya, obesitas atau kegemukan dapat mendekatkanmu dengan penyakit – penyakit berbahaya seperti penyakit jantung misalnya.

7.    Jangan lupa konsumsi air mineral yang cukup setiap hari. Karena konsumsi air mineral yang cukup dapat mencegah teman – teman dari dehidrasi dan menjaga agar organ ginjal serta sistem pencernaan tetap sehat.

Baca : Jangan Malas Bergerak! Banyak Sekali Manfaat Olahraga yang Bisa Didapat

8.    Menjaga Pola Makan yang Sehat. Salah satu cara terbaik untuk menyeimbangan tubuh agar tetap sehat adalah dengan rutin olahraga dan menyeimbangkannya dengan makanan yang sehat. Karena bila teman – teman tidak mengontrol pola makan dan jarang berolahraga maka ancaman diabetes tipe 2 ini dapat menyerang kapanpun.

Demikianlah 8 Cara Menjaga Kesehatan di Usia Remaja Muda Belia. Hidup sehat di usia muda, kenapa nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.