Tips

Cara Membersihkan dan Merawat Talenan Kayu Dengan Mudah

Memasak adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh semua orang khususnya perempuan. Dan salah satu perangkat yang tentu tak asing lagi keberadaannya adalah talenan. Biasanya, perkakas yang satu ini seringkali digunakan sebagai alas untuk memotong bahan – bahan yang hendak dimasak. Seperti bawang, sayuran dll.

Namun, terlepas dari fungsi utamanya sebagai alas. Talenan adalah perangkat memasak yang perlu mendpaatkan perhatian lebih dalam masalah kebersihannya. Pasalnya, talenan yang tidak bersih tentu akan mengakibatkan makanan yang hendak dimasak menjadi tidak bersih pula. Apalagi bagi kamu yang menggunakan talenan berbahan kayu.

Cara Membersihkan dan Merawat Talenan Kayu Dengan Mudah
Source : Google.com
Pastinya, akan sangat disayangkan bila kamu lalai dalam menjaga kebersihan talenan kayu yang kamu miliki tersebut. Dalam sebuah penelitian dilakukan Universitas di California memberikan pernyataan bahwa talenan kayu yang dirawat dengan benar dapat bertahan hingga 10 tahun. WOW! Agar dapat bertahan awet, berikut ini tips Cara Merawat Talenan Kayu Dengan Mudah

1. Ketika kamu membeli talenan kayu untuk pertama kalinya, pastikan kamu untuk mengolesinya terlebih dahulu dengan minyak zaitun. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga minyak zaitun tersebut meresap ke dalam permukaan talenan kayu.

2. Jangan sekali – kali mencoba untuk merendam talenan kayu ke dalam sebuah wadah berisi air. Karena hal itu akan merusak talenan kayu itu sendiri.

3. Hal yang perlu dilakukan saat mencuci talenan adalah dengan membasuhnya secara merata menggunakan air hangat. Lalu gosok perlahan dengan tambahan sabun cuci piring. Kemudian barulah keringkan talenan di tempat yang bersih.

4. Simpan Talenan Kayu di tempat yang kering, saat kamu telah berhasil mencucinya dengan benar. Kamu dapat langsung menaruhnya di tempat yang kering. Perlu diperhatikan bahwa suhu dari tempat untuk menaruh talenan tidak boleh terlalu panas atau dingin karena hal ini dapat memicu pertumbuhan jamur. Selain itu, pastikan kamu juga menaruhnya di tempat yang tidak lembab karena dapat merusak permukaan dari talenan itu sendiri.

5. Apabila talenan masih meninggalkan bau dari makanan, pastikan kamu menggunakan bantuan jeruk nipis dan garam dapur untuk menghilangkan bau tersebut. Caranya sangat mudah, cukup memotong jeruk nipis ke dalam 4 bagian. Lalu mengoleskannya secara langsung pada talenan bersamaan dengan garam. Lalu biarkan hingga 2 menit, barulah bilas talenan yang telah diolesi jeruk nipis dan garam tersebut hingga bersih. Oh iya, saat mengeringkan talenan, posisikan talenan secara vertikal.

Baca : 4 Cara Membersihkan Sayur dan Buah yang Benar

Demikianlah Cara Merawat Talenan Kayu Dengan Mudah. Semoga dengan cara yang telah dipaparkan ini. Dapat menjadi referensi terbaik mengenai cara memperlakukan dan merawat talenan kayu yang dimiliki agar dapat awet dari generasi ke generasi hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.