Story

Mengatasi Banjir Menggunakan Beton Berpori Ajaib

widyaherma.com – Seperti yang kita ketahui, bahwa jalan raya merupakan salah satu infrastruktur paling fenomenal sekaligus paling vital untuk kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas. Selain untuk mendukung kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas, kehadiran jalan raya yang layak dan nyaman digunakan juga akan berdampak pada tumbuh kembangnya perekonomian daerah tersebut.

Bayangkan saja, apabila kebutuhan sarana dan prasarana berupa jalan raya tidak terpenuhi. Sudah dapat dipastikan bahwa perkembangan perekonomian daerah tersebut akan berjalan sangat lambat. Tak hanya itu, jalan raya yang tidak layak juga akan berdampak serius pada peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas.

Kali ini, saya ingin sedikit bercerita singkat tentang pengalaman saya menerjang banjir di jalan raya. Saat itu, saya tengah mengendarai motor dan dihadapkan dengan kondisi jalanan yang banjir. Akibatnya, saya melintasi jalanan tersebut dengan keadaan tidak mengetahui apakah terdapat lekukan atau genangan di dalam jalan yang banjir tersebut. Alhasil, saya hampir saja terjatuh.

Sebenarnya, peristiwa semacam ini bukanlah suatu peristiwa yang nantinya akan mengganggu ekosistem alam. Namun, berharap peristiwa semacam ini dapat menjadi perhatian penting khususnya oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Beton Berpori Topmix
Sumber : http://blog.joshuafavian.com

Terlebih lagi, cerita singkat diatas adalah satu dari sekian banyak hal yang bisa terjadi di jalan raya. Untuk itu, saya berharap ada upaya nyata dari pemerintah untuk membenahi kualitas jalan raya di Indonesia pada tahapan super layak. Dan untuk mewujudkan kelayakan tersebut, pemerintah dapat mulai mengembangkan inovasi pembangunan jalan menggunakan beton berpori Topmix ( Topmix Permeable Concrete )

Keunggulannya, beton berpori topmix didesain untuk melapisi permukaan dengan sifatnya yang mudah menyerap air. Hebatnya lagi, beton berpori topmix juga tidak menghasilkan genangan pada permukaannya. Sehingga memberikan keamanan serta kenyamanan bagi para pengguna jalan.

Tidak seperti kebanyakan aspal yang seringkali menghasilkan genangan selepas hujan, beton berpori topmix justru dapat menyerap 4000 liter air dalam kurun waktu 1 menit saja. Berbekal kehebatan beton berpori topmix, tentunya tak lagi khawatir apabila terjadi hujan yang cukup deras.

video tentang beton berpori

Selanjutnya, dengan penggunaan beton berpori ini, juga mampu menyimpan cadangan air dalam tanah karena memang air yang diserap oleh beton berpori ini akan langsung merembes ke dalam permukaan tanah. Bahkan di musim kemarau sekalipun, beton berpori ini tidak sepanas material beton biasa maupun aspal.

Sebagai solusi, pemerintah dapat mulai mengaplikasikannya pada jalanan di Indonesia. Dengan demikian, hal ini tentu akan mengurangi beban pemerintah untuk terus menerus menanggulangi masalah yang sama setiap tahunnya yakni banjir.

Referensi :

  • http://blog.joshuafavian.com/
  • http://rumahdiy.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.