Loading...

Mengenal Anafilaksis, Masalah Alergi Anak yang Parah

Widyaherma.com – Sebenarnya, masalah alergi anak bukan hanya seperti ruam atau gatal di kulit. Terdapat kondisi yang bisa menyebabkan alergi cukup fatal serta mengancam jiwa. Alergi ini disebut sebagai anafilaksis. Reaksi dari anafilaksis ini memang sangat menakutkan, buah hati Anda bisa sulit bernapas hingga pingsan, bahkan yang paling fatal adalah meninggal.

Anafilaksis akan memicu gejala salah satu dari berbagai sistem tubuh mulai dari kulit, sistem pencernaan, pernapasan, cardiovascular hingga kumpulan reaksi alergi yang lain. Tanda yang umum jika seseorang mempunyai anafilaksis sesudah terkena allergen ialah kesulitan untuk bernapas, sesak napas, mengi, hidung tersumbat, detak jantung menjadi cepat, gatal di kulit dan kemerahan.

Pengobatan dari anafilaksis memang diperlukan dengan segera karena kondisi tubuh bisa saja menjadi lebih buruk. Inilah sebabnya dokter memberikan obat seperti epinephrine obat ini bekerja dengan cara memasuki aliran darah serta bekerja dengan sangat cepat mengatasi berbagai macam gejala dari alergi seperti mengurangi pembengkakan serta meningkatkan tekanan darah.

Apabila anak-anak menunjukkan alergi yang serius, Anda bisa memberi obat tersebut kemudian menelepon dokter. Di ruang gawat darurat, pengobatan tambahan biasanya akan diberikan oleh dokter bila diperlukan. Tentu saja anak harus berada di bawah pengawasan medis selama 4 jam karena dapat mengalami gejala yang cukup serius.

Masalah alergi anak memang sangat menakutkan. Kita sendiri juga takut bagaimana jika alergi ini malah berubah menjadi parah, apalagi bila buah hati memiliki alergi susu. Seperti yang kita ketahui susu merupakan salah satu nutrisi yang membantu mencukupi kebutuhan anak.

Baca : Tanya Jawab Kesehatan : Apa yang Harus Dilakukan untuk Tetap Sehat?

Jika anak tidak boleh mengkonsumsi susu atau makanan yang memiliki kandungan susu, dari mana ia bisa mencukupi kebutuhan nutrisi? Pasti Anda juga dihinggapi rasa takut bila buah hati tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan apapun.

Ketika Anda mendapati anak terkena alergi susu, Anda tidak perlu cemas, karena biasanya dokter akan memberikan solusi alergi anak seperti memberikan saran alternatif makanan yang lainnya, sehingga kebutuhan energi anak akan tetap cukup. Selain itu Anda juga bisa memberikan susu SGM, untuk buah hati Anda.

You might also like

No Comments

    Leave a Reply