Review,  Tips

Kenalan Dulu Sama Jenis – Jenis Mesin Cuci Murah Berkualitas Yang Ada Di Pasaran

Widyaherma.com – Saat ini kegiatan mencuci pakaian bukan lagi menjadi pekerjaan rumah tangga yang menguras tenaga. Seiring kemajuan teknologi, kegiatan mencuci kini jadi makin praktis dan mudah. Semua berkat teknologi canggih bernama mesin cuci.

Meskipun terbilang modern dan mutakhir, namun produk mesin cuci masih terhitung sebagai peralatan rumah tangga elektronik yang terjangkau. Saat ini banyak sekali produk mesin cuci murah yang bisa kita temui di pasaran.

Jenis – Jenis Mesin Cuci

Sebagai alat elektronik yang berfungsi untuk membantu pekerjaan rumah tangga yaitu mencuci pakaian hingga mengeringkannya secara otomatis. Tentu kehadiran mesin cuci dapat meringankan tenaga tanpa harus membuang banyak waktu. Berdasarkan kualitasnya, produk mesin cuci yang saat ini merajai pasaran terbagi dalam 3 jenis, diantaranya :

1. Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung ini adalah model mesin cuci yang memiliki kualitas paling standar dari produk mesin cuci lainnya. Karena itu, harga mesin cuci ini tergolong yang paling murah di kelasnya. Dan karena masuk kriteria mesin cuci murah, model 2 tabung ini adalah yang paling diminati oleh masyarakat kelas menengah di tanah air.

Kelebihan dari mesin cuci jenis ini terlihat dari segi harganya yang cukup terjangkau. Selain itu, kebutuhan daya listriknya juga jauh lebih rendah. Namun kekurangan dari jenis mesin cuci 2 tabung ini kurang praktis dalam pengoperasiannya.

Saat mencuci, Anda harus memindahkan sendiri pakaian yang dicuci di tabung pertama ke tabung kedua yang berfungsi sebagai tempat mengeringkan pakaian. Selain itu, kebutuhan air untuk mencuci dengan mesin cuci ini terbilang banyak dan hasil pengeringannya pun hanya mencapai 70% saja tingkat kekeringannya.

2. Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Mesin cuci 1 tabung Top Loading ini adalah jenis pengembangan dari produk mesin cuci 2 tabung. Dimana mesin ini memiliki satu tabung yang berfungsi sebagai tempat mencuci dan membilas yang juga sekaligus sebagai tempat mengeringkan pakaian.

Namun dari segi cara memasukkan pakaian, masih cenderung sama dengan model 2 tabung yaitu melalui bagian atas mesin. Kelebihan dari mesin ini tentunya dari tingkat kepraktisannya yang tidak perlu lagi memindah-mindahkan pakaian basah ke pengering. Selain itu, daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci jenis ini cenderung rendah.

Namun, mesin cuci ini masih memiliki kekurangan. Jenis mesin cuci ini membutuhkan volume air yang cukup banyak dan tingkat kekeringan nya pun hanya mencapai 70% saja. Dan satu lagi, harga mesin cuci 1 tabung tipe Top Loading ini tentunya jauh lebih mahal daripada model 2 tabung.

3. Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Berbeda dengan mesin cuci model Top Loading, jenis mesin cuci 1 tabung tipe Front Loading ini memiliki model 1 tabung yang letaknya horizontal dengan arah putaran pencucian yang vertikal. Dan tentunya mesin cuci ini akan melakukan semua proses pencucian hingga pengeringan secara otomatis.

Baca : Tips Memilih Mesin Cuci Yang Baik Dan Benar

Dan karena jenis ini adalah merupakan produk pengembangan dari kedua jenis mesin cuci sebelumnya, maka tentunya mesin ini memiliki banyak keunggulan. Di antara keunggulan mesin ini adalah teknologi pencuciannya yang membuat pakaian digiling dengan jauh lebih aman sehingga dapat meminimalisir resiko kerusakan pada kain.

Selain itu kebutuhan airnya juga sedikit, dan tingkat kekeringan nya mencapai 90%. Akan tetapi, kekurangan mesin jenis ini dibandingkan mesin cuci murah adalah kebutuhan deterjennya yang khusus. Kemudian daya listrik yang dibutuhkan cukup tinggi dan harganya relatif mahal.

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.