Loading...

5 Cara Ampuh Menjaga Privasi Smartphone Yang Dimiliki

5 Cara Ampuh Menjaga Privasi Smartphone Yang Dimiliki – Saat ini smartphone menjadi barang berharga yang tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi semata. Tapi juga dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan data yang bersifat sangat pribadi. Mulai dari isi komunikasi dengan seseorang, koleksi album fotonya, history panggilan, mobile banking bahkan mengakses cloud juga dilakukan via smartphone.

Setiap pengguna smartphone memang wajib berhati – hati dan melindungi setiap privasi yang ada. Karena bila sampai jatuh ke tangan yang salah, tentu itu akan sangat membahayakan. Maka dari itu, Saya ingin berbagi tips menjaga privasi smartphone yang kita miliki.

1. Matikan fitur location bila tidak dibutuhkan

Sebenarnya, fitur location ini sangat bermanfaat lho. Apalagi kalau teman – teman sedang menggunakan GPS untuk keperluan mencari jalan yang tepat saat berada di perjalanan. Namun, yang menjadi masalah apabila sedang tidak dibutuhkan. Sebaiknya fitur ini dimatikan saja, karena akan mempermudah seseorang untuk melacak keberadaan teman – teman. Selain itu juga teman – teman bisa lebih menghemat baterai smartphone kalau mematikan fitur ini hehehe

2. Berdayakan fitur Android Device Manager

Sistem ini terbilang cukup ampuh untuk mengamankan data seseorang bila smartphone tanpa sengaja hilang. Jadi, dengan sistem ini kita dapat melacak lokasi smartphone dan juga bisa menghapus data – data yang ingin kita hapus dari jarak kejauhan. Sehingga data tersebut tidak akan terbaca oleh pencuri atau sosok yang menemukan smartphone Anda.

Untuk menemukan fitur Android Device Manager ini. Teman – teman bisa mengaturnya pada settingan google. Nanti teman – teman akan dihadapkan dengan pilihan apakah ingin menemukan lokasi smartphone atau justru ingin menguncinya serta menghapus data – data yang ada. Sebenarnya fitur ini hadir untuk mencegah segala jenis tindakan buruk apabila mengalami kehilangan smartphone.

3. Mengunci layar dengan password

Hal paling mendasar yang dapat teman – teman lakukan dengan mudah adalah mengunci layar password dengan password. Usahakan teman – teman memilih password yang sulit di tebak tapi mudah diingat. Bentuk passwordnya sendiri tergantung kenyamanan, ada yang berbentuk pola maupun deretan angka. Dengan mengunci layar smartphone dengan passowrd, setidaknya gerbang utama untuk mengakses smartphone teman – teman bisa satu langkah terlindungi.

4. Jangan pernah mengaktifkan penyimapanan password otomatis pada browser

Pasti teman – teman pernah mengalami saat teman – teman melakukan login tertentu. Teman – teman mendapatkan semacam pop-up atau notification yang menawarkan teman – teman untuk menyimpan password. Kedengarannya ini memang lebih praktis sih ya, sehingga tema – teman tidak perlu login kembali saat mengunjungi web tertentu yang sering dikunjungi.

Baca : 6 Tips Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone

Padahal, hal ini cukup beresiko dari segi keamanan. Sehingga orang yang teman – teman beri akses untuk menggunakan smartphone teman – teman dapat dengan mudah melakukan login juga. Sangat berbahaya, bisa – bisa mereka yang mengakses data Anda dapat melihat informasi web apa aja yang sering dikunjungi, menghapus data, melakukan perubahan identitas tanpa kita ketahui.

5. Mengunci aplikasi di dalam smartphone

Sebelumnya kan telah dipaparkan mengenai aktivitas mengunci layar smartphone. Nah, kali ini teman – teman bisa mencoba meningkatkan keamanan dengan mengunci aplikasi smartphone. Caranya, teman – teman bisa mendowload aplikasi lock atau applock di play store. Teman – teman bisa mengunci aplikasi whatsapp, line, blackberry messenger dan berbagai aplikasi lainnya.

You might also like

Comments (2)

  • Priyo harjiyono 6 months ago Reply

    Ak pake apps lock sama anti theft, klo layar ponsel g ak lock. Bisa berabe klo buat mainan anak malah bisa ke lock beneran. Klo aplikasi paling banter ngirimin email muka yg nyoba buka hehe

    widyaherma 6 months ago Reply

    Makasih buat rekomendasinya Mas 😀

Leave a Reply