Loading...

Bagian-Bagian Gitar Elektrik Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Bagian-Bagian Gitar Elektrik Yang Penting Untuk Anda Ketahui – Gitar elektrik adalah gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran yang dihasilkan oleh string gitar menjadi arus listrik yang kemudian dikuatkan kembali dengan menggunakan amplifier dan loud speaker.

Cara kerja perangkat satu ini adalah suara gitar elektrik yang dihasilkan dari getaran senar tersebut akan ditangkap oleh kumparan yang ada di badan gitar atau yang biasa dikenal dengan pick up. Sinyal yang keluar dari pickup akan diubah menjadi sinyal elektronik dengan bantuan gitar effect sebagai reveb ataupun distorsi yang kemudian dikuatkan kembali dengan amplifier dan selanjutnya dikeluarkan melalui loud speaker.

Gitar elektrik kali pertama digunakan oleh para gitaris musik jazz dengan memakai bantuan amplifier hollow bodied untuk mendapatkan suara yang lebih besar. Maka dari itu gitar elektrik pertama ini dinamakan dengan gitar hollow bodied dengan menggunakan pickup dari baja yang kala itu dibuat oleh pabrikan Rickernbacker sekitar tahun 1931. Dalam perkembangannya, gitar elektrik memiliki peranan penting dalam perkembangan musik sejak tahun 1940 hingga kini.

Sejarah Perkembangan Gitar Elektrik

Sejak kemunculannya pada tahun 1930 silam, hingga kini gitar elektrik telah mengalami berbagai macam perubahan. Perkembangan ini ditandai dengan semakin berkembangnya orkestra-orkestra musik jazz sejak tahun 1940-an.

Gitar elektrik sendiri awalnya didesain oleh seorang pembuat gitar dan alat-alat musik yang juga seorang pecinta elektronik. Sang inovator gitar yang bernama Les Paul akhirnya mengadaptasi instrumen gitar elektrik pertama yaitu Hollow Bodied dengan menggunakan tungsten pickup.

Gitar elektrik ini pun diproduksi oleh Electro String Instrumen Corporation pada tahun 1932. Desain pertamanya dibuat oleh Harry Watson seorang ahli yang bekerja di Electro String dan kemudian oleh perusahaan tersebut gitar pertama itu dinamai Rickenbacker. Gitar elektrik ini menjadi generasi pertama dari jenis gitar elektrik modern.

Bentuk gitar elektrik tidak hanya berbentuk solid bodi atau tanpa ruang udara, akan tetapi ada juga gitar elektrik yang memiliki lubang udara seperti gitar akustik. Gitar elektrik akustik ini kali pertama diperkenalkan oleh Les Paul yang merupakan pemilik Gibson pada tahun 1935.

Maka dari itu hingga kini Gibson terus memproduksi gitar elektrik akustik yang terkenal dengan kualitasnya. Biasanya harga gitar elektrik sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga gitar akustik.

Bagian-Bagian Penting Dalam Gitar Elektrik

Seperti halnya alat musik lainnya, gitar elektrik juga memiliki bagian-bagiannya tersendiri. Keseluruhan bagian tersebut memiliki peran masing-masing untuk menciptakan alunan suara yang merdu. Nah apa sajakah bagian-bagian gitar elektrik tersebut? Berikut ulasannya.

1. Headstock atau Kepala Gitar

Bagian kepala gitar atau Headstock biasanya memiliki desain yang berbeda-beda. Walaupun desainnya berbeda satu antara lainnya, akan tetapi fungsinya tetaplah sama yaitu sebagai tempat dudukan Nut serta tempat pemasangan senar gitar.

Selain itu juga biasanya pada bagian ini terdapat logo ataupun nama si pembuat gitar. Adapula beberapa gitar elektrik yang didesain tanpa memiliki Headstock seperti gitar yang biasa digunakan oleh Rhoma Irama. Karena tidak ada Headstock, maka penempatan Nut dipindahkan dan diputar pada bagian Bridge.

2. Tuner

Tuner adalah bagian yang biasa diputar-putar. Tuner ini juga bertempat di kepala gitar. Fungsi utama dari Tuner adalah untuk menjaga suara gitar agar tidak berubah. Selain itu juga, Tuner digunakan untuk menstem gitar. Biasanya Tuner terbuat dari bahan metal stainless.

3. Nut

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Nut pada gitar elektrik memiliki fungsi sebagai dudukan senar gitar. Dengan adanya Nut, ketika senar dipetik, suara gitar akan terdengar lebih nyaring.

4. Fingerboard

Fingerboard adalah tempat bagi sang gitaris untuk menekan Fret-Fret tertentu agar mendapatkan nada pada gitar tersebut.

5. Leher Gitar atau Neck

Neck atau leher gitar biasanya terbuat dari bahan kayu yang memiliki kualitas tinggi, keras dan ringan. Fungsi leher gitar adalah untuk memegang gitar itu sendiri. Pada bagian dalam Neck biasanya terdapat sebuah besi panjang yang disebut dengan Trus Rod. Fungsi Trus Rod ini adalah untuk menjaga Neck gitar agar tidak melengkung. Selain trus rod ada pula besi memanjang yang disebut dengan Fret.

6. Fret

Fret dapat dikatakan sebagai aksesoris default yang ada pada gitar. Bahannya terbuat dari metal stainless stell. Walaupun dikatakan sebagai aksesoris, namun Fret memilik fungsi untuk menentukan nada dari senar gitar.

7. Strap In

Selain Fret, Strap In juga dapat dikatakan sebagai aksesoris default dari sebuah gitar. Fungsinya adalah sebagai pengait strap atau sabuk gitar untuk mempermudah menyangga gitar ketika bermain sembari berdiri. Biasanya Strap In terbuat dari plastik atau alumunium.

8. Body Gitar

Seperti halnya Headstock, bodi gitar pun memiliki beraneka ragam desain yang menunjukan identitas si pembuatnya. Pada bagian inilah bagian-bagian lain seperti bridge, tune control, pickup, tuning lock dan lain sebagainya ditanamkan.

9. Pickup Selector

Fungsi dari bagian gitar satu ini adalah untuk memilih pickup yang akan digunakan. Pickup Selector biasanya terdapat pada gitar elektrik dengan banyak pickup.

10. Volume dan Tune Control

Fungsi dari komponen gitar elektrik satu ini adalah untuk mengontrol output suara gitar mulai dari suara terendah hingga suara tertinggi dan juga mengubah suara output menjadi lebih rendah atau lebih nge-bass.

11. Tuning Lock

Tuning Lock berfungsi sebagai dudukan kepala senar. Letaknya berada tepat dibelakang Bridge.

12. Bridge

Bridge berfungsi sebagai dudukan senar gitar. Beberapa Bridge juga didesain untuk dapat mempengaruhi tone pada gitar. Anda dapat mengganti bagian ini sesuai dengan selera anda.

13. Pickup Sensor

Bagian ini berfungsi sebagai penerima getaran senar yang dipetik dan kemudian mengubahnya menjadi sinyal elektrik untuk selanjutnya disalurkan ke audio sound.

14. Penghubung Leher dan Badan Gitar

Bagian ini biasanya terbuat dari bahan solid. Fungsi utamanya adalah untuk mengunci sambungan antara leher dan badan gitar.

15. Senar Gitar

Senar gitar biasanya berjumlah 6 buah dengan urutan nomor satu berada paling bawah dan nomor enam berada paling atas.

16. Output Jack

Terakhir adalah Output Jack yang berfungsi sebagai tempat sambungan kabel yang nantinya menghubungkan gitar dengan audio sound.

Harga Gitar Elektrik

Satu buah gitar elektrik tentu dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. Hal itu tergantung dari merek, spesifikasi dan juga kualitas gitar elektrik itu sendiri. Misalnya saja sebuah gitar elektrik bermerek Fender dapat dibanderol seharga 9.5 juta rupiah. Tentunya harga tersebut berbanding lurus dengan kualitas gitar yang ditawarkan.

Baca: Kompilasi Lagu Indonesia yang Mengusung Tema Hujan

Walaupun harga sebuah gitar elektrik cukup mahal, akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena masih ada gitar elektrik murah yang banyak dijual dipasaran. Biasanya gitar-gitar elektrik yang dijual dengan harga miring tersebut adalah gitar elektrik replika dari gitar-gitar bermerek.

Harganya berada dikisaran 1-1.5 juta. Tentunya membeli gitar replika sangatlah tidak dianjurkan. Selain karena melanggar hak cipta, kualitasnya pun tidak terlalu bagus. Jika ingin membeli gitar elektrik berharga murah, lebih baik anda mencari gitar-gitar produk lokal. Selain harganya murah, kualitasnya pun cukup bagus.

Nah itulah berbagai ulasan mengenai gitar elektrik yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.dan menambah wawasan khasanah musik Anda.

You might also like

Comments (4)

  • Penjaja Kata 3 months ago Reply

    Yah, gitar elektrik aku udah rusak, jadi pengen beli yang baru nih. 😀

    widyaherma 3 months ago Reply

    Beli atuh 😀

    Penjaja Kata 3 months ago

    Beliin atuh sama yang baru dapet hadiah emas wkwkwk

    widyaherma 3 weeks ago

    wkwkwkwwkwkw kenapa minta dibeliin kan kamu ge abis dapet hadiah laptop wkwkwk

Leave a Reply