Loading...

5 Keunggulan Bitcoin Sebagai Mata Uang Virtual di Seluruh Dunia

5 Keunggulan Bitcoin Sebagai Mata Uang Virtual di Seluruh Dunia – Sejak dikembangkan di tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto, Bitcoin menjadi mata uang digital yang satu ini banyak digunakan di seluruh dunia. Karena mata uang Bitcoin berbentuk digital maka Bitcoin tidak memiliki resiko apapun dalam hal pencetakan uang pemerintah.

Nyatanya keberadaan Bitcoin memang tidak dikontrol oleh instansi pemerintah apapun. Namun, Bitcoin telah menggunakan database blockchain yang tidak dikontrol oleh satu pihak saja. Akan tetapi terbuka dan memiliki transparansi ke jutaan server. Sehingga akan sangat mustahil bagi seseorang yang ingin memalsukan data transaksi Bitcoin. Karena pastinya ia harus terlebih dahulu meretas jutaan server yang ada secara bersamaan. Berikut ini adalah keunggulan Bitcoin sebagai mata uang virtual

1. Bitcoin mengurangi angka penipuan

Bukan hal yang baru lagi bila risiko penipuan kartu kredit seringkali terjadi. Pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut biasanya melakukan pencurian informasi pelanggan kartu kredit agar dapat melakukan transaksi dengan kartu kredit tersebut.

Untuk menanggulangi hal itu, banyak pedagang online yang serta merta harus menolak transaksi pembelian karena diliputi rasa kekhawatiran terjadinya penipuan. Namun, keunggulan Bitcoin membantu setiap orang untuk mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi tanpa harus merasa khawatir terhadap penipuan. Mengingat sangat mustahil untuk melakukan pemalsuan terhadap transaksi Bitcoin.

2. Proses transfer berjalan dengan cepat

Dengan menggunakan Bitcoin, Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk melakukan proses transfer. Karena dalam kurun waktu kurang dari 10 menit saja, Anda bisa dengan mudah mengirim Bitcoin kemanapun. Mengingat apabila jaringan Bitcoin telah berhasil diproses maka proses selanjutnya akan segera terselesaikan.

Jika bank memiliki keterbatasan waktu jam kerja maupun tutup di malam hari dan juga di akhir pekan. Sedangkan PayPal juga memiliki keterbatasan melakukan penarikan yang dapat dilakukan pada waktu – waktu tertentu. Maka hal itu akan membuat Anda menunggu lebih lama untuk mendapatkan dana yang Anda inginkan. Sedangkan Bitcoin menghilangkan risiko penantian yang panjang terhadap dana yang diinginkan karena proses transfer berjalan dengan cepat tanpa batasan waktu.

3. Bitcoin menjamin kebebasan dalam melakukan transaksi

Umumnya saat melakukan transaksi mrnggunakan mata uang tradisional. Tentunya dana yang ada dapat dibekukan atau bahkan ditahan oleh pihak perantara. Pihak perantara yang dimaksud seperti bank, perusahaan kartu kredit juga PayPal. Dengan adanya perantara, tidak semua transaksi dapat dilakukan.

Karena bila pihak perantara memberikan keputusan untuk membatalkan transaksi yang Anda lakukan maka transaksi tersebut sudah pasti akan gagal dilakkan. Lain halnya bila menggunakan Bitcoin karena tidak adanya perantara yang dapat membatasi transaksi Andadengan seseorang. Sehingga Anda diberikan keleluasaan untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun tanpa batasan waktu.

4. Terdapat proteksi privasi pada Bitcoin

Faktanya, Bitcoin memang memiliki transpransi dalam melakukan transaksi sehingga siapapun dapat mengetahui seluruh transaksi yang masuk serta transaksi yang akan dikirim. Namun, di dalam penggunaan Bitcoin. Tidak akan ada yang tahu dengan pasti siapakah pemegang alamat Bitcoin tertentu.

Baca: Cobain Tools Financial Checkup Yuk! Tools Gratis Untuk Analisa Keuangan Sebelum Terlambat

Jika Anda merasa lebih nyaman untuk berprivasi dalam melakukan transaksi. Maka Anda dapat membuat identitas Anda terlihat anonim di Bitcoin. Berbeda dengan transaksi di PayPal, Bitcoin memberikan proteksi privasi berupa pemberian nomor pada setiap akun Bitcoin. Dan Bitcoin juga tidak terkoneksi dengan informasi yang sifatnya pribadi seerti alamat, nama, nomor identitas dan sebagainya.

5. Bitcoin tidak dapat rusak

Saat melakukan investasi tentu tak jarang kita dihadapkan dengan biaya penyusutan. Misalnya, apabila kita berinvestasi di bidang property. Tentu ada harga yang perlu anda keluarkan agar property tersebut tetap terawat. Selain itu, bila Anda juga melakukan investasi dalam bentuk uang fisik. Risiko hancur atau rusak dapat menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari. Lain halnya bila Anda berinvestasi dalam bentuk Bitcoin. Karena Bitcoin memiliki sifat yang tahan lama, tidak rusak bahkan tidak hancur.

6. Dapat dijadikan alat investasi yang menguntungkan

Saat ini harga Bitcoin telah menginjak IDR 35.877.000,- dan Bitcoin tentu menjadi alat investasi yang menguntungkan karena memiliki harga yang cenderung naik dan turun dengan cepat. Sehingga bila harga Bitcoin sedang turun, setiap orang berkesempatan untuk membeli bahkan menyimpannya sedangkan saat harga menjulang naik. Dapat dijual dengan harga yang cukup menakjubkan. Dengan harga yang cenderung fluktuatif bila dibandingkan dengan asset investasi lainnya. Sehingga tak ada salahnya bila Anda melakukan investasi dalam bentuk Bitcoin mengingat banyak Keunggulan Bitcoin yang akan menguntungkan Anda.

Salah satu penyedia Bitcoin Wallet yang memudahkan Anda menyimpan, membeli, menjual Bitcoin langsung menggunakan Rupiah adalah Luno. Anda dapat memanfaatkan layanan Luno. Dengan cara mengunjungi laman web www.Luno.com/id atau dapat juga dengn mengaksesnya melaui perangkat android maupun Ios dengan mengetikkan Luno Bitcoin Wallet di Playstore.

Mengapa Anda membutuhkan Luno untuk membuat Bitcoin yang Anda miliki tetap terjaga. Karena Luno telah berdiri sejak 2013 dan telah mendapatkan berbagai kepercayaan untuk melakukan transaksi senilai ratusan juta dollar di lebih dari 40 negara. Tak hanya itu, Luno juga telah didukung berbagai jenis penggunaan bahasa sehingga Anda dapat memahami saat melakukan transaksi Bitcoin.

You might also like

1 Comment

  • feriza mia 6 months ago Reply

    saya sudah lama sekali tertarik dengan bitcoin ini.., katanya emang mata uang paling mudah di gunakan dalam melakukan hal apapun.., tapi kliatannya ribet sekali ya.. cara penggunaan dan sebagainya.. perlu belajar lebih sihh..

Leave a Reply