Loading...

Cara Merebus Air Minum yang Benar Menggunakan Alat Pemanas Air Minum

Cara Merebus Air Minum Yang Benar Menggunakan Alat Pemanas Air Minum – Air minum yang dikonsumsi oleh tubuh sangat penting dan wajib terjaga kehigienisannya. Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan merebus air minum terlebih dahulu. Meski cara merebus air minum mudah dilakukan, namun apabila salah, justru akan menimbulkan penyakit bagi tubuh. Penyakit yang sering dialami karena salah merebus air minum diantaranya sakit perut, sakit tenggorokan dan diare. Maka dari itu, penting untuk kita merebus air minum dengan benar.

Ada beberapa cara merebus air minum yang benar menggunakan alat pemanas air minum. Meskipun menggunakan air keran atau air sumber yang masih mentah, kita tetap dapat menghasilkan air minum yang higienis untuk dikonsumsi. Berikut adalah cara merebus air minum yang benar menggunakan alat pemanas air minum :

  1. Gunakan jenis air minum sumber yang memang disarankan seperti air tanah yang kualitasnya bersih yang bisa didapatkan melalui sumur atau pompa listrik. Cek terlebih dahulu sumber air yang akan digunakan. Jarak sumber air bersih dari kakus sebaiknya lebih dari 10 meter dan pastikan air minum tersebut tidak tercampur bahan limbah industri, nitrat dari pupuk, timbal dan pestisida.

  1. Menggunakan water filter juga sangat disarankan. Alat ini membantu menyaring kotoran dan berbagai partikel tak baik yang ada pada air minum. Air mentah yang disaring menggunakan water filter sebelum perebusan, akan membuatnya menjadi higienis, siap dimasak dan dikonsumsi.

  1. Untuk merebus air minum dengan benar, gunakan alat pemanas air minum yang memiliki bahan food grade dan stainless. Berdasarkan website Mesin Raya menjelaskan bahwa bahan stainless steel dan food grade tidak mudah berkarat dan memang disarankan untuk penggunaan pada makanan dan minuman. Bahan ini aman meski mengalami suhu panas maupun suhu dingin ketika digunakan.

 

  1. Penting untuk diketahui bahwa air mentah yang akan direbus, sebaiknya diendapkan terlebih dahulu kurang lebih selama 24 jam. Pengendapan dilakukan agar pasir atau kotoran yang ikut di dalam air mentah akan menempel di dasar dan tidak tercampur jadi satu dengan air. Kita bisa menggunakan ember untuk menyimpan air mentah yang akan digunakan merebus. Jangan lupa untuk selalu menutup ember rapat agar air bersih tidak tercemar kotoran dari luar.

Baca: Alasan Utama Kenapa Harus Banyak Minum Air Putih yang Cukup Setiap Hari

  1. Bila air sudah mendidih di atas alat pemanas air minum tunggulah selama 15 menit. Setelah itu matikan dan air minum siap dikonsumsi. Hal ini dilakukan agar bakteri yang terkandung di dalamnya mati. Namun, bila memang tidak memungkinkan menunggu selama 15 menit dan air dirasa sudah higienis, merebus air hingga mengeluarkan buih buih di atasnya sudah cukup atau kita dapat menunggunya selama 5 menit saja.

Jangan lupa untuk selalu perhatikan air yang kita minum ya. Karena kita selalu mengonsumsinya setiap hari, maka rebuslah air minum dengan benar. Apabila hal ini tidak kita perhatikan, bukan tidak mungkin penyakit akan  menyerang akibat bakteri yang terkandung di dalam air minum.

You might also like

Comments (2)

  • siswonesia 1 month ago Reply

    Ternyata merebus air juga harus hati-hati yah… Saya asal air bisa mendidih saja. Terima kasih.. Salam kenal

    widyaherma 1 week ago Reply

    Terima kasih telah berkunjung ke blog Saya kak. Salam kenal juga

Leave a Reply