Loading...

Mini Finhacks Bandung 2017, Ajang Pemanasan Sebelum Gelaran Puncak Finhacks 2017

Mini Finhacks Bandung 2017, Ajang Pemanasan Sebelum Gelaran Puncak Finhacks 2017 – Halo para penggiat IT. Perkembangan dunia IT memang layak kita apresiasi dengan sejumlah inovasi. Untuk itu, demi menghadirkan inovasi yang lebih baik lagi. BCA bersama DailySocial kembali mengadakan BCA Financial Hackatons (Finhacks) 2017 dengan mengusung tema “Bagaimana teknologi dapat membuat layanan perbankan lebih mudah, aman, dan menyenangkan bagi gaya hidup nasabah sehari-hari?”.

Finhacks adalah acara bergengsi yang memberikan kesempatan bagi para developer maupun praktisi IT untuk ikut menciptakan sebuah aplikasi berbasis teknologi yang nantinya akan bermanfaat bagi kebermanfaatan dunia perbankan. Kita semua tahu dong ya, kalau dunia perbankan semakin mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Yang asalnya tidak ada sistem setor tunai dimana kita kalau mau isi saldo di bank harus ngantri. Eh, sekarang malah tinggal klak-klik pake jari dan taraaah… saldonya langsung keisi.

Sebenarnya finhaks ini sudah diadakan dari 2 tahun yang lalu, berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, di tahun 2017 ini tagline yang digunakan adalah #Codescape yang mempunyai makna ganda yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu code dan escape yang artinya ajang untuk melepaskan diri dari kepenatan rutinitas sehari-hari dan berkreasi melalui coding. Refreshing dengan cara coding? Wah, ini terbilang unik banget ya.

Lebih dari itu, #Codescape juga bisa memiliki arti code dan landscape yang artinya coding di BCA Learning Institute, Sentul yang berlokasi di daerah yang hijau dan sejuk, serta jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Mengingat hiruk pikuk perkotaan seringkali menjerumuskan kita pada rasa jenuh yang tak terabaikan. Maka, nuansa sejuk nan hijau seperti itu memang sangat dibutuhkan.

Gelaran puncak nantinya akan digelar pada tanggal 26-27 Agustus 2017 bertempat di BCA Learning Institute Sentul, Bogor Jawa Barat. Ajang bergengsi, yang melibatkan banyak penggiat pengembang teknologi aplikasi (application technology developer) ini, merupakan bentuk komitmen terbaik BCA untuk terus mengupayakan inovasi di dunia digital perbankan.

Baca: Peluang Memperluas Networking di Event Business Networking Bandung

Sebelum puncak acara, terlebih dahulu diadakan gelaran Mini Finhacks 2017 di beberapa kota besar di Indonesia. Mini Finhacks adalah roadshow di tiga kota yang menjadi bagian dari rangkaian Finhacks 2017, yang berlangsung di Surabaya, Yogyakarta, dan terakhir di Bandung. Mini Finhacks berisi dua acara utama, yaitu talkshow dan sprint coding. Para peserta di Mini Finhacks Bandung setelah disuguhi informasi berharga oleh para narasumber berkualitas di sesi talkshow, kemudian selanjutnya ditantang untuk menjalani sprint coding.

Mini Finhacks 2017 di Kota Bandung mengambil tempat di Hotel Grand Tjokro, Sabtu 12 Agustus 2017. Mini Finhacks Bandung 2017 berhasil diikuti oleh 23 tim terpilih.

Setiap tim yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta terpilih diantaranya harus memiliki tim dengan jumlah 1-3 orang dan memenuhi persyaratan berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)

  2. Bertempat tinggal di wilayah Republik Indonesia

  3. Memiliki kartu identitas yang masih berlaku (Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor) yang wajib diperlihatkan pada saat verifikasi pemenang.

  4. Bukan merupakan karyawan/karyawati dari BCA, DailySocial, biro iklan, agensi, serta pihak ketiga yang terkait acara Finhacks 2017.

Pembicara Mini Finhacks Bandung 2017

Mini finhacks Bandung diawali dengan talkshow yang mengusung tema “Create Your Own Digital Bank”. Uniknya, gelaran mini finhacks juga turut menghadirkan Fariz Tadjoedin (Pemenang Finhacks 2016), Andri Yadi (CEO DyCode), Fransiscus Kaurrany (Senior Vice President of BCA) dan Wiku Baskoro (Editor-in-chief DailySocial Lifestyle) sebagai narasumber dalam sesi talkshow tersebut.

Sebagai juara pertama finhacks 2016, Fariz Tadjoedin juga memaparkan sekaligus menceritakan pengalamannya mengikuti berbagai kompetisi IT. Namun, dari sekian banyak kompetisi yang pernah diikutinya, Finhacks 2016 berhasil menjadi jalan bagi dirinya untuk mewujudkan ambisinya sebagai inovator di bidang teknologi. Buktinya, ide chat banking yang ia usung menginspirasi BCA untuk melahirkan layanan chat banking, yaitu Vira.

Tak hanya mengadakan talkshow, Mini Finhacks Bandung juga memberikan tantangan kepada peserta untuk menjalani sprint coding. Namun sebelumnya, mereka diminta untuk menyelesaikan tantangan berupa pertanyaan yang telah disiapkan oleh panitia. Nah yang lolos, baru kemudian berhak untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu sprint coding, dimana mereka diminta untuk membuat aplikasi yang dapat memberikan kemudahan bagi nasabah BCA untuk bertransaksi dalam radius 1000 meter. Menariknya, semua proses tersebut harus dilalui hanya dalam waktu waktu 3 jam saja.

Mini Finhacks di Hotel Grand Tjokro Bandung

Semua yang hadir terlihat sangat antusias karena apabila lolos sebagai 5 tim tercepat yang berhasil membuat aplikasi tersebut, mereka berhak mendapatkan hadiah dengan total senilai 20 juta rupiah. Bukan itu saja, tersedia juga golden ticket untuk mengikuti ajang puncak Finhack 2017, yang akan diadakan di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor pada 26-27 Agustus mendatang.

Pemenang Mini Finhacks Bandung 2017

Setelah melewati tantangan selama 3 jam untuk melakukan sprint coding. Akhirnya keluarlah 5 tim tercepat yang berhak menyandang predikat sebagai pemenang. Kelima tim tersebut diantaranya:

  1. GWK

  2. Oden

  3. Piraku

  4. Main Kode

  5. Link Soft

Bagi yang belum berkesempatan untuk menjadi pemenang di Mini Finhacks Bandung 2017, masih berkesempatan untuk mengikuti gelaran final Finhack 2017 pada 26-27 Agustus 2017.

You might also like

No Comments

    Leave a Reply