Loading...

9 Kelebihan Magma, Aplikasi Buatan Indonesia Untuk Pantau Bencana Geologi

9 Kelebihan Aplikasi Magma, Aplikasi Buatan Indonesia Untuk Pantau Bencana Geologi – Indonesia pantas berbangga karena berhasil meluncurkan aplikasi yang sangat bermanfaat untuk memantau potensi bencana di suatu wilayah.

Aplikasi yang diberinama MAGMA (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment) ini diluncurkan oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Kabar baiknya, prestasi yang membanggakan ini juga telah berhasil mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional. Berkat kehadiran aplikasi ini, akan lebih banyak pihak yang terbantu dalam menangani masalahnya.

Misalnya badan pengamat bencana akan lebih real-time dan up-to-date dalam mensosialisasikan bencana kepada warga sekitar. Sehingga proses evakuasi pun berjalan lancar, tidak dadakan dan semua bisa terselamatkan.

Selain itu, aplikasi MAGMA juga akan membantu sekali bagi para pengemudi pesawat atau pilot. Pasalnya, pernah dalam suatu kejadian ada seorang pilot yang mengemudikan pesawat yang manakala tiba-tiba saja pesawat tersebut mati mesinnya. Namun, tetap disyukuri karena tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Pesawat tersebut berhasil mendadat darurat.

Para Creator Aplikasi Magma

Baca: Berkat Aplikasi Ini, Tawar Harga Saat Booking Hotel Bukan Lagi Mimpi

Selidik punya selidik, ternyata mesin pesawat tersebut mati secara mendadak karena abu vulkanik. Darisanalah diketahui bahwa ternyata abu vulkanik sangat berbahaya untuk mesin pesawat. Maka dari itu, aplikasi MAGMA dapat menjadi pencerahan bagi kita semua. Terlebih, MAGMA menawarkan informasi yang teruji kebenarannya. Bukan hoax semata.

Kelebihan Aplikasi MAGMA Indonesia

  1. Menyajikan informasi bencana geologi secara real-time

  2. Memberikan kesempatan bagi netizen untuk dapat menginformasikan bencana geologi yang terjadi

  3. Mempersilahkan bagi siapapun untuk mengunduh peta kawasan rawan bencana geologi

  4. Menjadi portal informasi terpercaya terkait bencana geologi

  5. Menangkal hoax terkait bencana yang seringkali tiba-tiba muncul di dunia maya

  6. Menggunakan teknologi berbasis open-source

  7. Bisa diinstall di smartphone dengan mudah karena aplikasi tersedia di playstore

  8. Ukuran aplikasi yang terbilang kecil dan tidak memenuhi memory smartphone

  9. Kemudahan untuk share informasi bencana geologi di sosial media

Nah, itu dia 9 kelebihan aplikasi MAGMA yang bisa kita manfaatkan bersama. FYI, MAGMA adalah aplikasi mobile pertama di dunia yang menyajikan informasi terkini terkait kebencanaan geologi yang terintegrasi langsung dengan smartphone kamu. Mengingat Indonesia adalah negeri dengan banyak potensi rawan bencana sehingga teknologi seperti ini tentunya akan sangat membantu.

You might also like

1 Comment

Leave a Reply