Health

Madu Berdasarkan Warna dan Rasanya yang Harus Kamu Ketahui

Macam- Macam Warna Madu dan Rasanya yang Harus Kamu Ketahui – Tawon merupakan hewan yang memakan nectar dari bunga dan mengubahnya menjadi madu, bahan yang satu ini dikenal kaya akan manfaat, sehingga tak heran jika harganya juga begitu mahal.

Untuk satu botol madu dengan isi sekitar 50 ml saja terkadang harganya dibandrol mencapai 50 ribu rupiah. Mengingat untuk mendapatkannya memang butuh perjuangan, beberapa diantaranya harus berburu di hutan belantara, namun belakangan ini juga sudah cukup banyak yang membudidayakan hewan tersebut untuk diambil hasilnya dalam bentuk minuman berkhasiat ini.

Berbicara mengenai produk obat-obatan hingga terkadang makanan bahkan kecantikan, maka tak bisa dipungkiri jika sekamuinya banyak sekali yang mengaplikasikan keberadaan produk yang kaya akan manfaat tersebut. Sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan, kemudian juga mengobati peradangan, bahkan juga dipakai untuk menghaluskan kulit, sebagian diantaranya sudah ditambah dengan bahan tersebut.

Sehingga banyak orang yang kemudian memiliki kebiasaan untuk membeli yang murni dan digunakan sendiri di rumah setiap hari. Penggunaannya juga sangat mudah bisa langsung diminum, dicampur beberapa jenis makanan yang lainnya atau sebagai masker.

 

 

Di pasaran sendiri jika Kamu melihat pastinya tau ada banyak sekali jenis madu mulai dari Kalimantan, Sumatera, produk dari semut dan masih banyak lagi, selain dibedakan dari tempat asalnya, maka ada juga yang membedakan dari warna dan juga rasanya, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

  • Coklat

Jenis yang paling umum adalah yang memiliki warna coklat bening, umumnya ini adalah jenis yang rasanya paling nikmat, yaitu manis agak sedikit asam, karena dari tawonnya sendiri memang mengincar nectar dari buah-buahan yang mengandung rasa manis, seperti diantaranya adalah mangga.

Produknya sangat mudah dijumpai dengan harga tergolong terjangkau. Bisa dikonsumsi secara langsung atau dipadukan dengan resep jamu-jamuan.

  • Coklat pekat

Warna lainnya adalah coklat yang terlihat lebih tua atau pekat, biasanya khusus untuk produk yang satu ini hanya dijual di beberapa tempat tertentu saja.

Terbuat dari lebah yang benar-benar mengkonsumsi nectar bunga saja, sehingga hasil dari air liurnya berwarna coklat tua, kandungan gizinya sangat tinggi dan ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

  • Warna kekuningan

Kuningnya agak menyerupai orange dan juga sedikit coklat, bening dan memiliki tekstur sedikit lebih cair. Jenis yang satu ini masuk dalam kategori stkamurd, artinya kandungan gizinya termasuk lengkap, namun tak ada yang lebih tinggi atau khasiat yang paling menonjol.

Baca: Tanya Jawab Kesehatan : Apa yang Harus Dilakukan untuk Tetap Sehat?

Biasanya banyak dikonsumsi oleh anak-anak, berguna untuk meningkatkan antibodi atau kekebalan tubuh mereka, sehingga nantinya tak mudah terserang penyakit. Cukup banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau, umumnya berasal dari budidaya lebah sendiri.

  • Putih

Khusus untuk yang memiliki warna putih ini menunjukkan bahwa kandungan royal jelly yang ada di dalamnya sangat tinggi, tak banyak jenis lebah yang bisa menghasilkan warna tersebut. Cukup langka sehingga jika melihat dari tawaran harganya juga terbilang mahal.

Produknya biasanya tidak murni, melainkan dicampur sedikit menggunakan serbuk sari sehingga warnanya jadi putih, sangat banyak manfaatnya termasuk juga untuk kecantikan, jadi banyak diaplikasikan dalam produk kosmetik.

Mengenal jenis madu berdasarkan warnanya ini sangat penting, karena dari segi warna tersebut nantinya konsumen bisa tau kandungan gizi apa saja yang ada di dalamnya, begitu juga untuk rasa yang ditawarkan, jangan salah karena ada juga beberapa diantaranya yang berasa pahit.

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.