Tips

Menilik Beberapa Fungsi Lensa Tele Kamera yang Wajib Kamu Ketahui

Menilik Beberapa Fungsi Lensa Tele Kamera yang Wajib Kamu Ketahui – Tentu saja Kamu pernah melihat beberapa orang yang membawa kameranya dan melakukan foto dengan lensa yang panjangnya dapat mencapai hingga setengah meter atau bahkan lebih, dan itulah yang disebut sebagai lensa tele kamera.

Faktanya, lensa tele mempunyai konstruksi yang panjang serta lebih pendek jika dibandingkan dengan panjang fokusnya. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan pusat optic yang ada pada luar body lensa tersebut.

Kemudian lensa tele ini juga memiliki panjang fokal di atas 60 mm, meskipun pada hal ini akan lebih relative karena memang untuk lensa ini harus mempunyai panjang pada fokus di atas 280 mm. Selain itu, lensa tele juga memiliki fungsi untuk memperbesar pada subyek yang ada di jarak yang jauh, sehingga Kamu pun dapat melakukan foto meskipun dengan jarak yang jauh yaitu hingga 20 meter.

Tak hanya itu, lensa tele kamera juga dibekali dengan banyak keunggulan serta fungsi istimewa lainnya. Berikut kelebihan dan fungsi lensa tele kamera:

  • Lensa tele ini memiliki efek DOF yang jauh lebih baik, karena lensa ini dapat untuk menciptakan latar belakang dengan fokus utamanya dapat terlihat seperti buram.
  • Lensa ini pun juga dapat untuk melakukan pemotretan makro pada jarak subyek yang sangatlah dekat.
  • Lensa ini pun juga memiliki kecanggihan mampu untuk membuat foto terlihat seperti terkompresi, karena untuk latar belakang dan subyek foto ini akan terlihat dekat meskipun pada sebenarnya tidak sebegitu dekat pula.
  • Foto yang terlihat pun juga akan terlihat lebih tajam dan dengan perpaduan teknik yang benar dan bagus.

 

 

Sebagai seorang fotografer atau orang yang baru belajar dalam dunia fotografer tentunya sudah dapat mengenal jenis lensa yang satu ini, karena memang lensa ini memiliki banyak kelebihan dan keunggulan yang dapat untuk membantu para fotografer.

Baca: Xiaomi Yi, Kamera Action Murah, Namun Tidak Murahan

Dari beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lensa tele seperti yang ada di atas, maka ada baiknya jika Kamu juga melihat dari segi kekurangannya, akan tetapi untuk kekurangan yang dimiliki dari lensa ini pun jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan kelebihannya.

Hal yang menjadi kekurangannya yaitu lensa ini memiliki bodi yang sangat besar dan memiliki beban yang berat sehingga apabila melakukan pemotretan akan sedikit lebih sulit dan Kamu pun jadi harus menggunakan stabilizer tripod untuk hasil optimal.

Terlepas dari itu semua, lensa tele masih digunakan banyak orang karena hasil yang didapatkannya itulah yang memberikan daya tarik tersendiri bagi para fotografer. Bagi Kamu yang saat ini masih penasaran terhadap kelebihan serta keunggulan dari lensa tele ini, maka Kamu dapat untuk mencobanya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.