Loading...

Makanan Bayi 9 Bulan Instan dan Alami, Apakah Bisa Diberikan Dalam Waktu Bersamaan?

Makanan Bayi 9 Bulan Instan dan Alami, Apakah Bisa Diberikan Dalam Waktu Bersamaan? – Semakin bertambahnya usia, maka nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi juga senantiasa bertambah jumlah dan juga jenisnya, jika dulu cukup dengan konsumsi ASI saja untuk menunjang kebutuhan gizi setiap hari.

Maka dari itu, ketika anak sudah berusia 6 bulan ke atas. Harus ada sumber makanan pendukung tambahan. Bentuk atau jenis yang digunakan tentunya juga berbeda lagi ketika sudah memasuki usia 9 bulan. Jelang usia 1 tahun ini lebih banyak bahan makanan yang sudah bisa mereka konsumsi.

Makanan bayi 9 bulan  ini teksturnya sudah bisa lebih padat dibandingkan dengan sebelumnya. Para orang tua biasanya sudah banyak mengandalkan menu makanan penunjang instan yang banyak dijual di pasaran. Misalnya adalah bubur instan atau sejenisnya.

Di satu sisi, menu makanan yang satu ini memang sangat membantu, karena sangat praktis dalam menggunakannya. Begitu juga dengan harganya yang tergolong murah, tersedia dalam berbagai pilihan. Namun juga perhatikan beberapa hal ini jika ingin memakai makanan instan tersebut, diantaranya adalah:

  1. Hanya pilih yang benar-benar berkualitas, mulai dari merk dan juga komposisi bahan dari produk tersebut harus dicermati. Karena bagaimanapun produk makanan instan pastinya mengandung beberapa jenis bahan yang sebenarnya kurang diharapkan, mulai dari perasa hingga pengawet.
  2. Jangan dipakai setiap hari, artinya karena sudah pasti ada kandungan bahan kimia berbahaya, untuk itu siasati bergantian dengan memberikan yang alami atau buatan sendiri, jadi jauh lebih sehat untuk buah hati Anda.
  3. Jika sudah terlalu lama dibuka, namun tidak kunjung habis sebaiknya buang saja, jangan diberikan kepada si kecil, karena kebanyakan sudah terkontaminasi dengan kuman ataupun jamur, bukan hanya rasa yang berubah, melainkan juga berbahaya bagi kesehatan.
  4. Makanan bayi 9 bulan instan ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, lebih baik hindari pemilihan rasa yang gurih, karena kandungan penyedap rasa atau MSG-nya tergolong cukup banyak.

Sebagai siasat agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang siap pakai atau instan tersebut, maka berikut ini ada beberapa variasi lain yang bisa Anda coba, diantaranya adalah:

1. Bubur Jagung

Olahan dari jagung asli ini sangat baik untuk pencernaan mereka, selain itu kandungan gizinya juga sangat tinggi, karbohidrat yang ada pada bahan makanan ini jauh lebih sehat dibandingkan dengan karbohidrat biasa yang ada pada beras putih. Jadi bisa dijadikan sebagai selingan terbaik.

 

Makanan Bayi 9 Bulan

 

2. Bubur kacang hijau

Jenis biji-bijian lain selain padi yang juga bagus untuk menutrisi buah hati di usia dininya adalah kacang hijau, proses memasaknya memang memakan waktu yang agak lama dibandingkan dengan bahan yang lain, namun setara dengan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Sangat bagus untuk buah hati Anda.

Baca: Stimulasi Bayi Pada Usia 6-9 Bulan

3. Oatmeal

Produk makanan yang kaya akan serat dan juga mengenyangkan lainnya adalah bubur oats, ada seri praktis yang bisa dengan mudah dibeli di pasaran dan dibuat sendiri, namun ada juga seri yang harus membuatnya sendiri.

4. Bubur Kacang Merah

Selain kacang hijau, maka jenis kacang lainnya yang tidak hanya nikmat, melainkan juga kaya akan kandungan nutrisi adalah kacang merah. Bisa dengan mudah ditemukan di pasaran dengan rasa yang sangat enak.

Jadi bagaimana, tertarik untuk mencoba membuatnya untuk si kecil, tidak salah memang menggunakan makanan bayi 9 bulan instan, namun untuk nutrisi terbaik, maka imbangi juga dengan yang alami.

You might also like

No Comments

    Leave a Reply