fakta msg
Event, Review

Blogger Gathering Ajinomoto: Membantah Kesalahpahaman Tentang Umami atau MSG

Membantah Kesalahpahaman Tentang Umami atau MSG – “Makan yang berkesan itu katanya bukan tentang APA makanannya, tapi dengan SIAPA makannya.”

Ah yang bener? Bener sih… wkwkwk namun yang pasti, suatu makanan bisa dinilai enak tentu dari citarasa makanan itu sendiri. Selama ini, kita mengenal citarasa mainstream seperti pahit, manis, asam dan asin.

Padahal sebenarnya, ada citarasa lain yang kini sangat berpengaruh terhadap kenikmatan suatu makanan. Citarasa tersebut tak lain dan tak bukan adalah UMAMI. Yap, umami pertama kali ditemukan oleh Dr. Kikunae Ikeda pada tahun 1908.

Untuk membuatnya lebih familiar, umami ini seringkali dikaitkan dengan rasa gurih. Kalau ngomongin yang gurih-gurih pastinya ga asing lagi kan? Tapi kalau umami, mungkin beberapa orang masih merasa asing dengan istilah tersebut.

Umami Bagaikan Ironi diatas Ironi

Disisi lain, umami ini sangat diidolakan, karena memang terbukti berhasil membuat makanan bertambah level kenikmatannya, tapi banyak juga yang mengkambinghitamkan umami sebagai penyebab terhambatnya tingkat kecerdasan.

Pasti teman-teman, ga asing lagi kan dengan istilah “generasi micin” yang akrab untuk menggambarkan sebuah “kebodohan” atau pernyataan yang menyebutkan bahwa seseorang jadi telmi alias telat mikir gara-gara kebanyakan makan vetsin.

Meski begitu, pada kenyataannya belum ada satupun fakta yang berhasil membuktikan, bahwa umami adalah penyebab terhambatnya tingkat kecerdasan.

Jadi yang perlu digaris bawahi adalah penggunaan umami ini benar-benar 100% aman apabila sesuai dengan anjuran dan takarannya. Karena bagaimanapun juga, yang berlebihan memang tidak baik.

 

Blogger Gathering Eat Well Live Well with Umami

Di dunia ini mungkin ibu saya bukanlah satu-satunya orang yang khawatir akan bahaya umami bagi kesehatan. Karena seringnya, ibu saya pasti selalu ngomel-ngomel sekaligus mewanti-wanti saya untuk tidak makan makanan yang banyak mengandung umami atau yang lebih sering dikaitkan dengan monosodium glutamat (MSG)

 

kandungan micin ajinomoto
Alhamdulillah, dapet banyak insight tentang Umami dari Bapak Prof. Purwiyatno Hariyadi

 

Bersyukurnya, pada tanggal 12 Oktober 2018, di Kapulaga Bistro, Bandung. Takdir mempertemukan saya dengan Bapak Prof. Purwiyatno Hariyadi di acara Blogger Gathering Eat Well Live Well with Umami. Siapakah beliau? Beliau adalah Guru Besar Rekayasa Proses Pangan IPB yang kemudian memaparkan tentang kesalahpahaman dalam menilai MSG selama ini.

Apabila tidak menghambat kecerdasan, apakah umami berbahaya bagi kesehatan?

Banyak yang menganggap bahwa MSG yang terkandung pada ajinomoto dibuat dengan proses yang tidak melibatkan bahan-bahan alami, sehingga tidak terjamin memberikan manfaat dari sisi kesehatan.

 

apakah micin berbahaya
Mendengarkan pengalaman dari Mbak Dhatu Rembulan tentang Pemakaian MSG

 

Pada kenyataannya, MSG yang terkandung pada ajinomoto terbuat dari tetes tebu yang kemudian mengalami proses fermentasi. Berikut detail alur proses pembuatan ajinomoto:

  1. Tetes tebu difermentasi menjadi asam glutamat.
  2. Asam glutamat diubah menjadi kristal MSG (Monosodium Glutamat)
  3. Setelah dimurnikan, MSG siap dijual dan dikemas dengan kemasan yang higienis

Dengan tiga tahapan inti tersebut, sampailah ajinomoto ke tangan kita semua dalam bentuk hidangan yang sehat dan melezatkan. Dan benar saja, bahan alami yang terkandung dalam ajinomoto juga menjadi bukti bahwa MSG yang terkandung dalam ajinomoto tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Selama penggunaan MSG sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan.

Manfaat umami atau MSG pada makanan

“Makanan bergizi tapi tidak enak itu useless” – Bapak Prof. Purwiyatno Hariyadi

Itulah salah satu ungkapan yang dipaparkan oleh Bapak Prof. Purwiyatno Hariyadi. Dan menurut saya ini cukup ngena juga karena saya sangat setuju dengan ungkapannya. Tapi kalau bagi saya, makanan yang instagramable akan kalah sama yang bikin kenyangable. Hehehe

Pada intinya sama, citarasa yang nikmat bikin mood makan semakin meningkat. Maka dari itu, hadirlah umami untuk meningkatkan kelezatan suatu makanan. Selain itu, masih ada manfaat lain dari umami atau MSG yang dikutip dari buku Review Monosodium Glutamat: How To Understand It Properly

  • Menambah total intensitas rasa pada makanan
  • Mempertinggi karakteristik rasa tertentu pada makanan
  • Menambah kelezatan makanan
  • Menimbulkan efek rasa yang sama pada air kaldu daging walaupun tidak memberikan efek aroma
  • Memperkuat rasa makanan
  • Mempertinggi rasa yang khas pada makanan jenis daging (sapi atau ayam)

 

Mencicipi Umami Melalui Cooking Class bersama Chef Deny Gumilang

Selain mendengarkan pemaparan mengenai umami oleh Bapak Prof. Purwiyatno Hariyadi dan saya juga mendengarkan pengalaman memasak Mbak Dhatu Rembulan menggunakan MSG, selanjutnya adalah menyaksikan cooking class yang didemonstrasikan oleh Chef Deny Gumilang selaku Chef professional yang menjadi salah satu finalis Master Chef Indonesia.

 

mitos msg
Cooking Class bersama Chef Deny Gumilang

 

Hari itu Chef Deny Gumilang memasak Mie Kocok Bandung & Chicken Steak Sambal Matah. Denger nama menu nya aja udah ngiler, kebetulan saat itu sedang mendung jadi rasanya pas kalau mencicipi mie kocok bandung selagi hangat hehehe

 

apa itu umami
Bahan-bahan untuk cooking class, salah satunya adalah Ajinomoto

 

Apalagi masaknya menggunakan ajinomoto, jadi endolita pisan pokoknya mah. Kenikmatan tiada tara, alhasil makanan buatan Chef Deny Gumilang tidak hanya sedap dipandang, tapi juga sedap di lidah hehehe

 

Mengikuti Lomba Plating Makanan

Setelah menyaksikan cooking class bersama Chef Deny Gumilang, selanjutnya adalah mengikuti lomba plating makanan. Jujur, ini bikin deg-degan karena memang saya sendiri belum punya pengalaman soal plating makanan, hanya mengandalkan kreatifitas semata wkwkwk

Namun, dari lomba plating makanan ini, saya jadi belajar untuk menikmati proses, bahwa membuat makanan jadi terlihat instagramable, ternyata tidak mudah. Awalnya sebelum lomba dimulai, Chef Deny Gumilang mendemonstrasikan bagaimana ia melakukan plating makanan.

 

pemenang plating makanan ajinomoto
Alhamdulillah menang lomba plating makanan

 

Secara tidak langsung, plating makanan yang didemonstrasikan oleh Chef Deny Gumilang ini bermaksud untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mencari inspirasi wkwk saat lomba berlangsung, semuanya mulai disibukkan dengan kreatifitasnya masing-masing

Dan saya sendiri termasuk yang tidak kalah peningnya, karena dengan waktu yang terbatas harus melakukan plating makanan, yang mana saya merasa tidak mahir. Kalau sudah begini, saya hanya bisa mengandalkan insting saja wkkwk

 

apakah msg bikin bodoh
Alhamdulillah satu frame sama orang-orang hebat

 

Baca: Solusi Sakit Maag Paling Ampuh Untuk Barista dan Pecinta Kopi

Sungguh tak terduga, ketika pengumuman pemenang, Chef Deny Gumilang memilih nama saya menjadi salah satu dari pemenang plating makanan. Sangat Senang campur rasa tidak menyangka hehehe Alhamdulillah saya mendapatkan hadiah berupa glass bakeware yang sangat bermanfaat bagi saya untuk menyimpan makanan.

 

Blogger Gathering Ajinomoto di Bandung
Kebersamaan kami di Blogger Gathering Ajinomoto – Source: IG Bandung Hijab Blogger

 

Khususnya menyimpan makanan seperti ayam yang di ungkep di dalam kulkas. Padahal niatnya mau beli, alhamdulillah nya mendapatkan hadiah dari lomba plating makanan.

Hari itu menjadi pengalaman yang luar biasa bagi saya, karena selain mendapatkan insight mengenai MSG beserta pengalaman dari influencer terkenal. Saya juga berkesempatan untuk memenangkan lomba dan bertemu dengan teman-teman blogger. Semoga dilain kesempatan, acara seperti ini bisa diadakan kembali.

Terima kasih Ajinomoto!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.