Ini Dia Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Radang Tenggorokan
Health

Ini Dia Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Radang Tenggorokan

Ini Dia Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Radang Tenggorokan – Radang tenggorokan atau lebih dikenal sebagai panas dalam merupakan masalah yang sangat umum menimpa siapa saja, ditandai dengan rasa sakit yang ada di bagian tenggorokan, hingga terkadang mengalami kesulitan menelan.

Kondisi semacam ini tentunya akan sangat mengganggu rutinitas. Meskipun ada banyak sekali obat-obatan yang ditawarkan untuk atasi masalah yang satu ini, namun juga patut untuk diketahui bahwa dalam beberapa kondisi masalah kesehatan tersebut tak akan bisa sembuh begitu saja.

Bahkan resiko komplikasi dengan masalah kesehatan yang lainnya juga ada. sebenarnya penyebab dari penyakit radang tenggorokan ini sendiri begitu sepele, namun makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Berikut ini beberapa jenis menu makanan maupun minuman yang agaknya harus dihindari untuk cegah penyakit tersebut, yaitu:

1. Es krim, kondisi semacam ini paling sering terjadi pada anak-anak, karena senang dengan minuman dingin dan manis seperti es krim, namun ketika kekebalan tubuh mereka lemah, maka mudah sekali mengalami radang tenggorokan. Itulah mengapa para orang tua sangat dianjurkan untuk membatasi menu kesukaan si kecil tersebut.

2. Kue kering, di saat menonton televisi atau bersantai di rumah, memang kurang lengkap rasanya tanpa menyantap cemilan yang satu ini, meskipun enak, namun karena teksturnya yang kasar dan juga kering, maka sering kali membuat Anda terkena radang tenggorokan, karena menyebabkan bagian tubuh tersebut luka saat menelannya.

3. Saus kemasan, kurang lengkap rasanya mengkonsumsi cemilan atau makan-makanan tertentu tanpa diimbangi dengan saus ini, baik yang tomat maupun cabai, namun juga patut untuk diketahui bahwa produk saus kemasan mengandung senyawa yang dikenal sebagai natrium benzoat, senyawa yang satu ini dapat memicu terjadinya iritasi pada saluran pencernaan.

 

 

Ini Dia Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Radang Tenggorokan

 

4. Bubuk cabai, bagi penggemar menu makanan pedas tentunya sangat senang mencampurkan bubuk cabai pada makanan yang di konsumsinya, bahan makanan yang satu ini dapat memicu terjadinya dehidrasi yang tentunya berbahaya karena bisa memicu panas dalam.

5. Sayuran mentah, meskipun nikmat dan juga kaya akan kandungan gizi, namun terkadang ada beberapa jenis sayuran yang memang mengandung pestisida berbahaya. Sehingga dapat mengiritasi bagian tenggorokan dan memicu terjadinya radang.

6. Pala, umumnya bubuk pala banyak dicampurkan dalam beberapa jenis bumbu masalah tertentu, begitu juga dengan roti. Konsumsinya yang berlebihan dapat memicu terjadinya iritasi pada tenggorokan Anda.

7. Gorengan, memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya bahan makanan yang digoreng mengandung lebih banyak minyak atau lemak, hal ini menyebabkan rasa makanan menjadi lebih gurih, namun di satu sisi ketika terlalu banyak mengkonsumsinya, tentu akan memberikan respon yang kurang baik bagi tubuh, diantaranya adalah menyebabkan terjadinya peradangan tenggorokan.

8. Santan, selain tinggi akan kandungan kolesterol, nyatanya bahan makanan yang terbuat dari kelapa ini dapat meningkatkan produksi lendir, sehingga menyebabkan panas dalam, apalagi jika sudah dimasak dengan bahan makanan lainnya yang kurang sehat.

9. Minuman bersoda, menu minuman yang pada dasarnya dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan memicu terjadinya panas dalam.

10. Minuman beralkohol, sama halnya dengan minuman bersoda, agaknya minuman yang beralkohol ini juga dapat memicu dehidrasi dan panas dalam, parahnya lagi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan juga berbahaya untuk kesehatan organ tubuh dalam lainnya.

Baca: Makanan Penyebab Diabetes yang Wajib Diwaspadai Kehadirannya

Jadi bagi Anda yang senang dengan makanan atau minuman tersebut, ada baiknya mulai mengurangi jumlah yang dikonsumsi atau bahkan menghindarinya.

1 Comment

  1. makasih sist artikelnya, jadi tau mana yang harus dihindari 🙂
    salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.