Taman Hiburan Kota Kidzania, Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga

tempat liburan keluarga jakarta

Taman Hiburan Kota Kidzania, Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga – Kidzania merupakan sebuah taman hiburan yang berkonsep sebuah pusat kota. Di kota Kidzania ini anak-anak yang berusia 2 sampai 16 tahun bermain sepuasnya dan juga bisa memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari profesi pekerjaan mereka.

Perlu temen-temen ketahui, di Kidzania ini terdapat lebih dari 100 jenis profesi dan pekerjaan orang dewasa. Sehingga anak-anak tidak akan bosan saat berkunjung ke taman hiburan yang mempunyai konsep yang sangat mirip seperti pusat kota.

 

kidzania tempat liburan keluarga
Sumber foto: Traveloka

 

Pada dasarnya, anak-anak yang sedang memainkan peran menjadi pekerja juga akan dipanggil ibu atau bapak oleh para Supervisor yang memandu kegiatan di taman hiburan ini. Umumnya Kidzania ini memang tempat liburan keluarga yang sengaja dibuat agak sedikit gelap, karena biasanya di sebuah pusat kota, saat malam harinya akan terlihat terang.

Selain itu, patut temen-temen ketahui saat anak-anak memainkan perannya maka mereka juga akan mengenakan seragam yang sesuai dengan peran yang mereka mainkan. Di taman hiburan ini, anak-anak juga akan diajarkan bagaimana cara menghargai nilai uang dan melihat dunia yang sesungguhnya. Untuk lebih jelasnya mengenai tempat liburan keluarga Kidzania, maka temen-temen bisa menyimak ulasan berikut ini.

  • Area utama Kidzania

Pada dasarnya, Kidzania mempunyai 4 area utama yakni Airport ( pintu  masuk dimana anak-anak bisa menaiki pesawat untuk menuju ke pusat kota Kidzania), pinggiran kota (sebuah lokasi perindustrian yang dipenuhi dengan berbagai macam jenis pabrik), pusat kota (lokasi yang dipenuhi dengan berbagai macam aktivitas) serta area permainan balita (di khususkan bagi anak yang berusia dibawah 4 tahun)

 

tempat liburan keluarga jakarta
Sumber foto: Traveloka

 

Baca: Tempat Wisata Murah Di Jogja Yang Bisa Dijadikan Referensi

  • Mata Uang Kidzania

Perlu diketahui, Kidzania ini mempunyai ekonominya sendiri sehingga anak-anak yang berkunjung ke taman hiburan ini akan menggunakan mata uang resmi yaitu KIDZOS. Dengan menggunakan KIDZOS, anak-anak bisa belajar bagaimana cara memperoleh penghasilan atau upah dari hasil jerih payahnya dan disini juga mereka dapat menghargai nilai uang.

Umumnya, setiap anak yang memasuki Kidzania akan diberikan cek senilai 50 KIDZOS.  Cek tersebut dapat digunakan untuk membeli barang ataupun jasa yang ada di dalam kota Kidzania. Bagi anak-anak yang ingin memperoleh uang yang lebih banyak maka mereka harus bekerja.

Selain itu, bagi anak-anak yang ingin menabung dan mengelola penggunaan keuangannya sendiri, maka bisa membuka rekening di bank dan membuat ATM agar bisa melakukan transaksi tarik tunai serta memeriksa saldo di ATM Kidzos.

Perlu diketahui, ATM ini masih dapat digunakan saat Anak berkunjung ke dua kalinya ke Kidzania dan juga tetap akan memperoleh saldo tambahan 50 Kidzoz yang didapatkan di airport.

Baca: Sensasi Nonton Sirkus Dream Land di Trans Studio Bandung, Beneran Bikin Deg-degan Lihatnya!

Profesi Yang Dapat Dipilih Di Kota Kidzania

Ada banyak sekali profesi yang dapat anak-anak perankan saat berkunjung ke kota Kidzania. Untuk lebih jelasnya berikut ada beberapa pilihan profesi yang ada di kota Kidzania, yaitu:

  • Service atau Pelayanan, seperti polisi dan penjara, pemadam kebakaran, insinyur infrastruktur bawah tanah, pembersih sepatu, dokter gigi, dokter bedah, perawat bayi, paramedik dan perawat, pembuat obat di pabrik obat, pegawai bank, laboratorium, kantor pelayanan pajak, biro penyelidik, pembersih jendela, pengadilan, pusat penelitian dan pengembangan serta pusat distribusi Kidzania.
  • Budaya, seperti city clock, teater, tempat olahraga, situs arkeologi, sekolah  sulap, universitas Kidzania, sekolah kuliner, launge disco, sekolah akting serta pusat perbelanjaan digital.
  • Tempat tinggal, seperti hotel, konstruksi, kamar mandi, pengecatan rumah, ruang keluarga, rumah kaca vita serta ruang bermain.

 

jenis profesi di kidzania
Sumber foto: Traveloka

 

mata uang di kidzania
Sumber foto: Traveloka

 

Rekreasi Menyenangkan Dan Penuh Edukasi  Di Kidzania

Bagi temen-temen yang ingin mengajak buah hati untuk bersenang-senang sekaligus dapat belajar mengenai kehidupan pekerjaan. Maka temen-temen patut mengajak sang anak berkunjung ke tempat liburan keluarga yang satu ini yakni Kidzania. Kota Kidzania terletak di Mal Pacific Place, lantai 6, Jakarta Pusat.

Baca: Fairy Garden by The Lodge Maribaya, Tempat Wisata Keluarga di Bandung

Jika temen-temen ingin berkunjung ke taman hiburan pertama di Asia Tenggara yang dikhususkan untuk anak-anak. Maka kini temen-temen bisa masuk ke Kidzania jauh lebih mudah tanpa perlu menggunakan voucher fisik. temen-temen hanya perlu menunjukkan E-tiket di meja registrasi maka temen-temen bisa langsung masuk ke kota Kidzania.

Widya Herma

Widya Herma

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close