Cara menghitung siklus menstruasi yang benar
Health, Tips

Cara Menghitung Siklus Menstruasi yang Benar

Cara Menghitung Siklus Menstruasi yang Benar – Bagi seorang wanita, tanda-tanda pubertas pada awalnya ditandai oleh berbagai perubahan fisik seperti tumbuhnya rambut di area ketiak, mengembangnya payudara, sampai perubahan bentuk tubuh di area pinggang. Hingga pada akhirnya, seorang wanita pun mengalami menstruasi.

Saya pribadi dulu pertama kali mengalami masa menstruasi saat duduk di bangku kelas 2 SMP yakni berusia 14 tahun. Walau saat ini, sudah banyak wanita di luar sana yang mengalami menstruasi dibawah umur 14 tahun, tentunya itu bukan berarti hal buruk yang perlu dikhawatirkan.

Justru, hal yang perlu dikhawatirkan adalah apabila siklus menstruasi menjadi tidak stabil. Karena siklus menstruasi sendiri bisa menjadi tolak ukur mengenai kemungkinan adanya gangguan kesehatan. Jadi, sangat penting lho ya untuk mengetahui cara menghitung siklus menstruasi yang benar.

Karena di kemudian hari, mengetahui siklus menstruasi juga tidak hanya digunakan sebagai detector gangguan kesehatan, tapi juga berguna untuk pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan.

Biar ga penasaran, sebenarnya apa maksud dari siklus menstruasi?

Rata-rata masa menstruasi terjadi mulai dari tiga hari sampai tujuh hari, akan tetapi ada beberapa orang yang mengalami masa menstruasi lebih dari seminggu. Masih terhitung normal, selama haid tidak lebih dari 15 hari.

Sedangkan siklus menstruasi adalah perhitungan waktu mulai dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama mesntruasi bulan berikutnya. Rentang siklus menstruasi yang normal umumnya terjadi setiap 28 hari sekali. Walau dalam beberapa kasus ditemukan juga yang siklus menstruasinya tidak mutlak di angka 28 hari, tapi di angka 21-35 hari.

Cara menghitung Siklus Menstruasi yang Benar

Hari pertama menstruasi ditandai dengan keluarnya darah, sedangkan flek atau bercak coklat yang tiba-tiba muncul beberapa hari menjelang menstruasi tidak perlu dihitung.

Misalnya, hari pertama kamu haid adalah 23 Agustus, maka kemungkinan besar kamu akan haid kembali di bulan berikutnya pada tanggal 20 September. Mengapa tanggal 20 September? Karena bila di hitung di kalender, rentang waktu antara 23 Agustus dengan 20 September adalah 28 hari.

 

Cara menghitung siklus menstruasi yang benar

 

Agar tidak lupa, pastikan kamu bookmark calendar kamu setiap kali mengalami menstruasi. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri sebelum menstruasi, minimalnya menjelang hari tersebut, kamu sudah membawa pembalut kemanapun, agar ketika terjadi menstruasi kamu tidak kerepotan harus membeli atau meminta pembalut pada teman hehehe dengan begitu, ga ada lagi deh drama darah menstruasi yang tembus ke rok atau celana.

Baca: Melalui Masa Kehamilan Dengan Cemilan Sehat di Jagapati.com

Pertanyaannya, bagaimana bila siklus menstruasi kamu ternyata tidak teratur? Bagaimana cara menghitung siklus menstruasinya?

Pada intinya, perhitungannya tetap sama. Namun, pastikan kamu menghitungnya secara detail minimal 6 bulan berturut-turut. Lalu bagi rentang waktu semuanya untuk mendapatkan rata-ratanya. Inilah yang kemudian bisa menjadi acuan siklus menstruasi kamu.

Sedikit saran untuk teman-teman yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur, sebaiknya menjauhi hal-hal berikut, karena hal berikut bisa menjadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur, diantaranya:

  • Mengalami stress

Beban pikiran memang dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang mengatur siklus menstruasi. Untuk itu, sangat tidak disarankan untuk mengalami stress karena akan memberi pengaruh pada siklus menstruasi

  • Penggunaan kontrasepsi

Saat ini memang ada berbagai kontrasepsi yang dapat dipilih seperti IUD, Pil, Suntik dsb Dari kontrasepsi yang bisa dipilih, pil dan suntik terbukti bisa mempengaruhi hormon. Sehingga hal itu bisa mempengaruhi siklus menstruasi.

  • Ketidakseimbangan hormone
  • Olahraga yang terlalu berlebihan
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Turun atau naiknya berat badan secara drastis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.