Tips Mudah Mengajukan Pinjaman Online Secara Aman

Pinjaman Online Cek Aja

Tips Mudah Mengajukan Pinjaman Online Secara Aman – Saat ini, pinjaman online kerap kali menjadi banyak pilihan dalam mengatasi masalah finansial. Terlebih, karena meminjam uang di fintech online relative lebih mudah dengan pencairan dana yang lebih cepat.

Namun, seringkali ada banyak orang yang bingung atau bahkan khawatir meminjam uang secara online, karena melihat banyak tayangan yang menampilkan dimana para nasabah peminjam online, diteror habis-habisan oleh debt collector.

Padahal, kita perlu menyadari bahwa tiada sebab tanpa akibat, jika saja kita bias membayar tepat waktu, tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah seperti yang sering kita lihat di tayangan berita akhir-akhir ini.

Pinjam uang di Bank vs Pinjam uang secara online

Menurut teman-teman mana yang terbaik? Memang masih banyak yang belum familiar untuk meminjam uang secara online melalui fintech. Namun bila dilihat, meminjam uang ke bank dan di fintech ternyata memiliki perbedaan yang benar-benar signifikan lho.

Jika kita meminjam uang di bank, kita harus memenuhi persayaratan dengan melampirkan banyak dokumen pendukung seperti kartu identitas pribadi atau KTP, Kartu keluarga dan juga harus melampirkan jaminan, bisa berupa sertifikat rumah, BPKB dsb. Belum lagi, harus stand by di rumah karena akan ada petugas bank yang melakukan survey rumah.

Sebaliknya, meminjam uang secara online tergolong lebih mudah. Tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Biasanya cukup dengan melampirkan foto diri sambil memegang KTP, kemudian alamat email yang mau dipakai untuk sign up di sebuah aplikasi dan akun media social.

Akan tetapi, pada intinya… sama saja. Meminjam di bank ataupun meminjam uang secara online, aturannya tetap sama. Sama-sama harus dibayar tepat waktu. Karena seringkali hal itulah yang akan menyulitkan kita di kemudian hari.

Tips Mudah Mengajukan Pinjaman Online Secara Aman

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap aman dan terhindar dari hal yang tak diinginkan selama meminjam uang, diantaranya:

  • Pilih fintech resmi yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Ini penting, karena OJK menjadi acuan bagi teman-teman yang hendak meminjam uang secara online. Fintech yang telah terdaftar di OJK, menandakan bahwa fintech tersebut telah terjamin legalitasnya. Karena gimanapun juga, pastinya ga mau dong ya, pinjam ke fintech abal-abal yang justru malah bikin kita jadi ribet.

 

Tips Mudah Mengajukan Pinjaman Online

 

  • Cari fintech yang terbukti memiliki bunga yang rendah

Dalam melakukan peminjaman online, pastikan kamu memilih fintech yang memiliki bunga yang rendah. Hal itu tentu akan memberikan keuntungan tersendiri untukmu saat meminjam uang secara online.

  • Pertimbangkan bagaimana caranya nanti membayar hutang

Karena dalam beberapa kasus, seringkali kita temukan banyak orang yang meminjam uang, namun tidak cukup siap dalam mempersiapkan strategi dalam membayarnya. Alhasil, bukan mendapatkan solusi, meminjam uang justru malah menjadi masalah baru yang kerap kali harus dihadapi. Untuk itu, catat tanggal jatuh temponya  begitu dana cair, agar kamu dapat memastikan bahwa kamu sanggup untuk membayarnya.

  • Langsung sisihkan uang sejak masa gajian tiba, jangan menunggu sisa

Apabila masa gajian telah tiba, alangkah baiknya untuk segera menyisihkannya untuk keperluan membayar pinjaman online. Jangan sampai uang tersebut diotak-atik untuk keperluan lain. Karena apabila membayar pinjaman online tidak tepat pada waktunya, akan menjadi masalah selanjutnya.

  • Hindari menunda-nunda pembayaran pinjaman online

Mungkin kita sering sadari, ada hal yang tak bisa kita kendalikan. Yaitu rasa lupa, untuk itu jangan sampai kamu menunda-nunda pembayaran pinjaman online. Apabila uangnya telah tersedia, wajib untuk segera dibayarkan.

Baca: 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Melunasi Hutang Sebelum Menikah

Masih mending jika kamu lupa membayar pinjaman online, namun belum jatuh tempo. Terhitungnya masih kategori aman, coba bila ternyata lupa membayar pinjaman online dan ternyata sudah melewati jatuh tempo, pastinya kamu juga akan rugi karena harus membayar bunga atas keterlambatanmu.

Salah satu referensi tempat pinjaman online yang bisa kamu percayakan adalah CekAja. Kamu bisa dengan mudah mengunjungi websitenya dengan klik tautan berikut https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online disana terpapar jelas mengenai berbagai hal atau informasi yang kamu butuhkan sebelum mengajukan pinjaman online.

Widya Herma

Widya Herma

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close