Mengenal Jenis-jenis Infeksi Telinga Tengah dan Penyebabnya

Jenis jenis infeksi telinga

Mengenal Jenis-jenis Infeksi Telinga Tengah dan Penyebabnya – Telinga termasuk salah satu indera manusia yang memang memegang peran penting dalam kemampuan untuk mendengarkan suara.

Namun sering kali berbagai macam hal dapat merusak kesehatan dari bagian tubuh yang satu ini, seperti diantaranya adalah suara bising, hingga kebiasaan-kebiasaan tidak benar saat membersihkan telinga. Sehingga memicu munculnya masalah seperti telinga menjadi berdenging sampai dengan tidak bisa mendengar.

Ada banyak sekali faktor resikonya yang memang haru dihindari untuk menjaga telinga agar tetap sehat. Infeksi telinga umumnya dapat menyerang siapa saja, tidak hanya anak-anak melainkan juga orang dewasa. Diantaranya adalah infeksi yang terjadi pada bagian telinga tengah, atau di bagian belakang gendang telinga.

 

Jenis jenis infeksi telinga

 

Termasuk kondisi yang serius karena sulit untuk pengobatannya. Infeksi tersebut bisa terjadi karena berbagai penyebab, diantaranya adalah:

  1. Otitis media akut, infeksi yang terjadinya secara tiba-tiba, sehingga membuat telinga menjadi membengkak merah. Menyebabkan cairan dan juga lendir yang tidak bisa keluar, melainkan tetap mengendap di dalam telinga, sehingga menyebabkan penderitanya mengalami beberapa masalah seperti demam hingga rasa sakit yang hebat pada telinga yang terinfeksi.
  2. Otitis media efusi, ini adalah peradangan yang terjadi pada bagian telinga tengah yang disertai dengan gejala yaitu penggumpalan cairan, sehingga membuat penderitanya mengalami rasa seperti telinga benar-benar dalam kondisi penuh, tentunya akan sangat mempengaruhi kemampuan mendengar jika tidak segera diatasi, karena memang otitis media efusi tersebut dapat terjadi selama berbulan-bulan.
  3. Otitis media efusi kronis, dikenal juga sebagai OME kronis, jika sudah mengalami infeksi yang satu ini akan sangat sulit untuk diobati, karena pada dasarnya cairan yang sudah menggumpal tersebut terperangkap dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak dapat dikeluarkan. Sehingga kemampuan untuk mendengarkan suara nantinya juga akan turun pada penderitanya.

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya infeksi pada telinga bagian tengah ini adalah:

  1. Alergi, atau rhinitis yang disebabkan oleh alergi pada benda-benda tertentu
  2. Infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan, khususnya adalah bagian atas, karena menyambung dengan telinga.
  3. Terjadi gangguan pada salah satu organ tubuh yaitu hidung ataupun tenggorokan.
  4. Pembengkakan, pembengkakan ini terjadi pada beberapa organ yang disebabkan oleh kelenjar gondok, juga meliputi area hidung dan tenggorokan.
  5. Sistem imuns melemah, sehingga lebih mudah terkena infeksi oleh bakteri atau virus-virus tertentu.

 

Baca: Apa Itu Anyang-Anyangan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebaiknya jika sudah terasa beberapa gejala terkait dengan kesehatan telinga, baik itu berdenging, kemudian juga demam, telinga yang kehilangan kemampuan dalam menangkap suara hingga sakit kepala yang sebenarnya pusatnya dari bagian telinga tersebut segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Karena organ ini memiliki peran penting dalam menunjang kehidupan.

Widya Herma

Widya Herma

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close