Kenapa Warna Dan Rasa Madu Bisa Berbeda-beda? Ini Dia Jawabannya

Hai gengs, pasti semua pernah minum madu asli kan yah? Tapi pernah perhatiin ngga, kenapa warna madu asli itu bisa berbeda-beda? Warna madu asli kenapa bisa bermacam-macam?

Nah gengs, ternyata warna madu asli kenapa bisa berbeda-beda, itu karena tergantung dari jenis nektar yang dihisap oleh si lebah dan juga kondisi tanah dimana tanaman atau bunga tersebut tumbuh. Warna madu asli alias madu murni tanpa campuran apapun, di Indonesia ini sangat bervariasi. Biasanya mulai dari warna kuning kecoklatan yang transparan hingga tidak memiliki warna sama sekali alias bening. Nah, variasi dari warna madu asli ini dipengaruhi oleh jenis nektar, usia madu serta lama penyimpanan madu. Oh yah, jangan lupa, karena Indonesia adalah negara tropis, mengakibatkan kondisi tanah dan jenis bunga yang tumbuh sangat bervariasi, makanya warna-warna madu asli di Indonesia juga bervariasi.

Kalau kita perhatikan, warna madu asli dapat menandakan asal jenis madu tersebut. Misalkan warna madu asli yang kuning, biasanya jenis madu kaliandra, sedangkan jenis warna madu yang lebih gelap kehitaman umumnya merupakan madu yang berasal dari pulau Sumatera. Jadi yang perlu diingat, warna madu sangat ditentukan oleh daerah asal dan jenis bunga serta partikel yang tercampur di dalamnya, ya.

Lalu bagaimana dengan rasa madu asli yang berbeda-beda juga?

Nah, tadi juga sudah disinggung nih, warna madu asli bisa berbeda karena lebah menghisap nektar bunga yang berbeda-beda serta lama penyimpanan madu sendiri. Hal ini jugalah mempengaruhi rasa madu yang dihasilkan. Seperti contohnya madu yang berasal dari bunga randu, rasanya akan cenderung lebih asam, kemudian madu yang merupakan madu multiflora atau berasal dari campuran beberapa bunga, rasanya akan cenderung lebih manis.

Nah, ada juga madu murni yang terlihat berlayer atau berlapis-lapis. Apakah itu benar-benar madu asli atau malah madu palsu yang sudah ditambahkan gula serta bahan lainnya? So gengs, madu asli yang terlihat seperti berlayer, berlapis, atau berkabut itu biasanya disebabkan oleh adanya kandungan Bee Polen dan/atau Royal Jelly. Bee Polen sebenarnya adalah serbuk bunga-bungaan yang berfungsi untuk pembuahan tanaman. Ketika lebah menghisap nektar, Pollen juga ikut terhisap dan ikut terkumpul di sarang lebah. Bee Pollen mengadung asam amino serta banyak vitamin. Bentuknya seperti tepung bewarna keemasan, inilah yang membuat madu murni yang mengandung Bee Pollen terlihat berlayer atau berlapis.

Adalah hal yang wajar dan lumrah kalau madu asli memiliki warna serta rasa yang berbeda-beda, yah. Sekali lagi ini karena nektar yang dihisap lebah berasal dari bunga yang berbeda-beda serta proses pemanasan pada madu asli. Apapun warna madu serta rasanya, yang terpenting mengonsumsi madu asli atau madu murni yang tidak mendapatkan campuran bahan lain.

Cara Mudah Membedakan Madu Asli

Banyaknya merk madu yang beredar di pasaran sering bikin kita jadi bingung memilih. Merk mana yang merupakan madu asli atau madu murni. Sebenarnya, membedakan madu asli dengan madu palsu sangat mudah loh. Simak tips nya di bawah ini, yah :

Madu murni atau madu asli memang sulit dibedakan dengan madu palsu. Diperlukan tes uji laboratorium untuk mengecek keaslian madu. Cara yang paling mudah untuk mengetahui madu asli adalah dengan melihat label kemasannya. Kita bisa cek dengan nomor BPOM serta logo halal MUI yang ada pada kemasan.

Kekentalan madu dipengaruhi oleh kadar nektar bunga. Semakin sedikit komposisi airnya, maka madu akan semakin kental. Pada suhu rendah, kekentalan madu akan jadi lebih tinggi ketimbang pada suhu tinggi.

Madu TJ Super/Extra adalah salah satu madu yang sudah terjamin terbuat dari 100 persen madu pilihan, yang sudah terdaftar di BPOM serta tersertifikasi halal oleh MUI. Madu TJ Super/Extra juga telah lulus uji SNI, jadi kualitas Madu TJ Super/Extra benar-benar terjaga, loh.

Madu TJ Super/Extra juga memiliki kandungan Bee Pollen serta Royal Jelly. Selain berguna untuk meningkatkan imunitas, kandungan Bee Pollen serta Royal Jelly nya juga sangat direkomendasikan untuk yang sedang dalam masa penyembuhan, anemia serta meningkatkan stamina.

Sebelum kita mengkonsumsi madu, sebaiknya kita cek dulu kemasan serta komposisi madu tersebut. Pastikan madu yang kita konsumsi asli tanpa campuran bahan berbahaya, dan Madu TJĀ  Super/Extra dengan Royal Jelly dan Bee Pollen sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Yuk mulai konsumsi Madu TJ Super/Extra!

Widya Herma

Widya Herma

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close