Health

Lokasi PCR Swab Test Covid Terpercaya di Jakarta

pcr test jakarta

Lokasi PCR Swab Test Covid Terpercaya di Jakarta – Ga heran jika pandemi covid 19 ini, benar-benar membuat kita khawatir, pasalnya wabah yang satu ini makin hari makin meningkat jumlah penderitanya. Bahkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, seringkali diadakan PCR Swab Test untuk meminimalisir jumlah kenaikan covid 19.

Sehingga yang terdiagnosa positif, bisa segera mendapatkan perawatan intensif yang seharusnya. Diluar sana, seringkali berkembang istilah PCR (Polymerase Chain Reaction) Swab Test dan Rapid Test. Tapi sebenarnya apa sih perbedaan diantara keduanya?

Dibedakan dari segi tujuannya, PCR Swab Test bertujuan untuk melakukan diagnosa pasti, sedangkan rapid test lebih ke kebutuhan skrining. Jadi, apabila ingin benar-benar mendapatkan hasil yang sebenarnya, memang disarankan untuk melakukan PCR Swab Test.

Karena apabila sudah melakukan rapid test dan hasilnya reaktif, maka akan diarahkan Kembali untuk melakukan PCR Swab Test. Itu artinya, kalau melakukan rapid test untuk kebutuhan diagnosis covid, proses yang dihadapi bisa dua kali, karena harus sekalian dengan PCR Swab Test.

 

Apakah Proses PCR Swab Test Menyakitkan?

Bagi yang belum pernah melakukan PCR Swab Test, pastinya bertanya-tanya bagaimana rasanya. Sama seperti opini kita terhadap jarum suntik, Ketika belum pernah melakukannya, pasti ada rasa takut akan sakit, padahal sebenarnya tidak sakit.

Begitupun dengan PCR Swab Test, yang prosedurnya tidak menyakitkan. Langkah pertamanya adalah tenaga kesehatan akan memasukkan alat Swab yang bentuknya seperti cotton bud ke area belakang hidung, fungsinya untuk mendapatkan cairan di area tersebut.

 

lokasi pcr test jakarta

 

Setelah proses tersebut dilakukan, alat swab akan dimasukkan ke tabung khusus dan ditutup rapat. Nah, Spesimen yang ada di dalam tabung tersebut akan dikirim ke laboratorium, gunanya untuk diperiksa menggunakan teknik PCR.

Dalam Teknik PCR nantinya, dilakukan pencocokan antara DNA atau RNA yang dimiliki virus. DNA atau RNA yang ada pada sampel dari swab tadi akan direplikasi. Lalu dicocokkan dengan susunan DNA SARS-COV2 sebagai template. Jika cocok, maka pasien yang diambil sampel lendirnya positif terinfeksi COVID-19. Sebaliknya, jika ternyata tidak cocok, tandanya orang tersebut negatif terinfeksi COVID-19.

 

pcr test covid jakarta

 

Itulah mengapa hasil dari PCR Swab Test, bisa memakan waktu berjam-jam hingga beberapa hari. Lain halnya dengan hasil rapid test yang bisa terlihat hanya dalam 10-15 menit. Dengan adanya PCR Swab Test, tenaga Kesehatan dan diri kita khususnya sangat terbantu dalam mendiagnosa covid 19. Karena kan, ada tuh orang-orang yang sebenarnya terdiagnosis covid sebagai OTG atau orang tanpa gejala.

 

pcr swab test jakarta

 

Bagi teman-teman yang mau melakukan proses PCR Swab Test, misalnya jika ingin berpergian menggunakan pesawat terbang. Teman-teman bisa mendapatkan informasi lokasi PCR Test Covid Terpercaya di Jakarta dengan mengunjungi laman website Halodoc.

Baca: Tips Jaga Kesehatan di Era New Normal Bagi Seorang Ibu

Uniknya, selain memudahkan kita dalam berkonsultasi mengenai Kesehatan secara online, maupun membeli obat. Halodoc juga memafasilitasi kita dengan informasi mengenai lokasi PCR Test yang terpercaya di Jakarta.

Bisa terlihat, bahwa informasi yang disajikan, sangat transparan. Bahkan bisa mengetahui harga PCR Test nya dan sekalian membuat janji juga. Dan yang terpenting, kita bisa memilih sesuai dengan lokasi yang diinginkan, saran saya pilihlah lokasi yang terdekat. Agar meminimalisir waktu dalam berpergian.

Selama pandemi ini, yuk kita tingkatkan pertahanan diri kita mulai dari memakan makanan yang menyehatkan, konsumsi vitamin hingga jaga kebersihan seperti cuci tangan rutin, jaga jarak dan hindari melakukan kontak secara fisik. Semoga pandemic ini segera berlalu… stay health, manteman!

Previous Post Next Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Artikel atau Jasa Admin Sosmed?