Merawat Bayi Kulit Sensitif, Seribet Itukah? – Salah satu hal unik yang perlu diketahui oleh para orang tua yang  memiliki bayi, adalah mengingat bahwa umumnya bayi memang memiliki kulit sensitif, sehingga rentan sekali dengan yang namanya iritasi. Dan setelah mengetahui fakta tersebut, para orang tua tentunya perlu berhati-hati dalam merawat si kecil.

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa masalah yang seringkali terjadi pada bayi yang memiliki kulit sensitif, dan semoga dengan mengetahui hal ini, para orang tua di seluruh dunia ga panik ya, hehehe ga seperti saya yang awal-awal jadi orang tua, banyak paniknya, karena shock tahu bahwa anak saya memiliki tipikal kulit sensitif.

Ruam Popok

Masalah yang cukup mainstream dialami oleh bayi adalah ruam popok, saya pertama kali mengetahui anak saya mengalami ruam popok langsung nangis. Karena saking ga tega ngeliat kondisi kulit si kecil saat itu. Jadi ruam popok ini peradangan yang terjadi akibat penggunaan popok yang terlalu lama.

Apa saja tanda bayi mengalami ruam popok? Adanya kulit kemerahan di bagian tertentu, seperti lipatan paha, area kelamin dan pantat. Kalau dulu, Dzikra mengalaminya di pantat, saya ga berani share gambaran ruam popok, takut ibu-ibu pada ngeri, tapi yang jelas kulit mengalami kemerahan.

mengatasi ruam popok bayi
Ilustrasi ruam popok

Untuk mengatasi ruam popok, ibu-ibu bisa pake Baby Rash Cream dari Mama’s Choice, soalnya kandungan di dalam produknya terjamin alami, kandungan utamanya yaitu Centella Asiatica, Rosemary Extract dan Sweet Almond. Jadinya, aman banget digunakan oleh bayi yang memiliki kulit sensitif.

Beli disini: https://mamaschoice.id/produk/baby-rash-cream/

Pake kode MAMAWIDYA untuk dapetin diskon 25k dengan minbel 90k aja.

Biang Keringat

Rasa gatal yang timbul akibat biang keringat memang menyebalkan, dan hal ini juga merupakan masalah yang seringkali dihadapi oleh bayi dengan kulit sensitif. Mengapa ini bisa terjadi? Penyebabnya karena pori-pori kulit tersumbat, sehingga keringat yang harusnya keluar, justru sebaliknya. Alhasil, timbul lah tamu yang tak diundang ini yaitu Biang Keringat.

mengatasi biang keringat bayi
ilustrasi biang keringat

Untuk mencegah biang keringat pada bayi, sering mengganti baju bayi Ketika sudah berkeringat. Ini membantunya agar tetap nyaman. Selain itu, bisa juga pake Baby Rash Cream dari Mama’s Choice, karena tak hanya ruam popok saja yang bisa diatasi, begitupun biang keringat. So, ibu siap-siap yaaa yang punya anak dengan kulit sensitif, harus lebih aware.

Dermatitis Atopik (Eksim)

Nah, yang satu ini juga bisa menimpa bayi dengan tipikal kulit sensitif. Seingat saya, Dzikra juga mengalami hal ini di usianya yang ke 10 bulan kalau ga salah, menjelang usia 1 tahun. Kondisinya saat itu Dzikra begitu rewel, sepertinya memang karena efek gatal hebat pada kulit.

mengatasi dermatitis atopik
ilustrasi dermatitis atopik

Saat itu, saya tidak membawa Dzikra ke dokter dan pengalaman mengenai anak saya yang mengalami dermatitis atopik juga pernah saya ceritakan di blog ini.

Cradle Cap

Tanda cradle cap yang sangat bisa kita ketahui, adalah dengan adanya kulit kepala kering yang berkerak. Hal ini juga Dzikra alami di awal baru lahir hingga beberapa bulan. Namun, untuk perawatannya saat itu, saya hanya mengandalkan minyak zaitun yang dioleskan saja.

Berasa rekor kalau diinget-inget, dari keempat masalah yang sering menimpa kulit bayi sensitif, semuanya benar-benar pernah anak saya alami. Dan itu benar-benar menjadi pembelajaran yang cukup bagi saya untuk berproses menjadi orang tua yang lebih baik lagi, yang mampu memahami kondisi anaknya yang sebenarnya.

cradle cap pada bayi
ilustrasi cradle cap

Maka dari itu, saya bener-bener selektif terhadap produk apa saja yang digunakan oleh Dzikra. Saat ini, saya merasa cocok dengan produk-produk keluaran dari Mama’s Choice, mulai dari baby detergent nya, baby rash creamnya, hand sanitizernya, baby safe liquid cleanernya hingga urusan pemilihan minyak telonnya pun, saya pakai minyak telon untuk bayi kulit sensitif dari Mama’s Choice yaitu Mama’s Choice Calming Tummy Oil.

Pengalaman Menggunakan Mama’s Choice Calming Tummy Oil

Awalnya saya baca-baca artikel yang menginformasikan bahwa akhirnya jadi keterusan sampe sekarang, minyak telon untuk bayi kulit sensitif tersebut saya gunakan pada Dzikra.

review minyak telon mama's choice

Alhamdulillah cocok di kulitnya Dzikra, tidak menyebabkan kulit jadi iritasi dan pastinya mampu menghangatkan bayi. Jujur, saya ga berani coba-coba pilih minyak telon yang ‘asal ada’ karena mengingat kulit Dzikra tipikal yang sensitif. Dan untungnya Mama’s Choice Calming Tummy Oil ini aman halal dan natural, jadi ga worry saat dioleskan ke bayi. Semenjak ada produk-produk dari Mama’s Choice, saya pribadi sadar bahwa merawat bayi kulit sensitif ternyata tidak seribet itu.

minyak telon untuk kulit sensitif

Apa saja hal yang saya suka dari Mama’s Choice Calming Tummy Oil?

  • Punya manfaat lain untuk mengatasi kolik, nilai plus banget dari produk ini
  • Sudah bersertifikat halal
  • Memiliki kemasan super praktis yang travel friendly yaitu botol pump anti tumpah
  • Aromanya begitu lembut dan menenangkan, pantesan aja bisa mengatasi bayi yang rewel
  • 3 fungsi dalam 1 produk, bisa dipakai sebagai minyak pijat, minyak telon bahkan diteteskan ke diffuser
  • Memiliki kandungan Nutmeg Oil, Lavender Oil, dan Chamomile Oil
  • Teksturnya oily namun tidak terlalu kental, jadinya cepat meresap ke kulit
  • Kemasan transparan, bisa diintip dengan mudah

minyak telon yang cocok untuk kulit bayi sensitif

minyak telon untuk bayi kulit sensitif

Informasi detail produk Mama’s Choice