Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Agar Tidak Stunting atau Wasting – Emak-emak dan sinetron adalah dua hal yang tak bisa terpisahkan, cielaaah.. dan seperti biasa, sebelum sinetron favorit tayang, biasanya tv dialihkan dulu ke channel lain.

Kebetulan saat itu, saya menyimak salah satu tayangan di televisi tentang daftar hal-hal unik. Yang bikin saya kaget, tayangan tersebut menayangkan informasi bahwa Indonesia menjadi negara dengan urutan pertama sebagai negara berpenduduk dengan rata-rata tinggi hanya 62.2 inchi atau kita genapkan aja jadi 158cm.

Wah tak disangka ya, walaupun memang saat ini tinggi saya 165cm dan suami saya tingginya 175cm. Tetap tidak ada jaminan bahwa tinggi anak kami, Dzikra yang saat ini menjelang 2 tahun akan memiliki tinggi yang semampai seperti orang tuanya.

Ternyata itu semua justru ditentukan dari apa yang saya sebagai orang tuanya berikan pada anak saya. Berhubung Dzikra juga sebentar lagi disapih, jadinya saya sudah mulai getol dari sekarang buat cari-cari referensi susu anak yang cocok dan pastinya memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Karena gizi anak itu ga boleh kurang dan ga boleh lebih, kalau kurang nantinya anak mengalami stunting (tubuh pendek), wasting (tubuh kurus) dan gizi buruk. Nah, bagaimana kalau kelebihan gizi? Kalau kelebihan justru berbahaya juga, alhasil anak akan mengalami kelebihan berat badan dan obesitas.

Sebagai orang tua, saya juga jadi banyak belajar bahwa fungsi nutrisi itu tidak hanya berlaku untuk mendukung wujud fisik si anak. Tapi juga menentukan kecerdasan anak dan kualitas kesehatannya di masa depan.

Baca: Mainan Edukasi Anak usia 3-7 Tahun dari PlayCurio Safari

Jadi, kalau saya jabarkan secara singkat, nutrisi yang dibutuhkan setiap anak itu harus mendukung 3 syarat, yaitu mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda dan tumbuh kembang optimal.

Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Agar Tidak Stunting atau Wasting

Untuk bisa menghasilkan anak dengan kecerdasan multitalenta, dibutuhkan nutrisi:

  • AA & DHA

It sounds familiar right? Yang pastinya AA & DHA ini pamornya meluber kemana-mana wkwkk karena ya itu tadi, nutrisi ini penting banget dalam menentukan struktur dan perkembangan otak.

  • Kolin

Nutrisi yang ini mendukung perkembangan sel syaraf dan memperkuat daya ingat anak (memori)

  • Zat besi

Fungsinya utuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar, jadi buibu.. kalau anak sulit berkonsentrasi berarti bisa jadi dia juga kekurangan nutrisi ini.

  • Omega 3 dan Omega 6

Nah, kalau yang ini lebih tepatnya asam lemak esensial yang menjadi bahan pembentuk AA & DHA.

  • Vitamin B12

Perannnya dalam pembentukan sel darah merah, yang mana jika anak kekurangan B12 bisa mengakibatkan anemia

Sedangkan untuk pertambahan tubuh ganda, nutrisi yang dibutuhkan, yang mengandung…

  • Triple Bifidus

Sesuai namanya triple, ternyata kandungan yang satu ini merupakan gabungan 3 bakteri baik Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, Bifidobacterium longum subsp. infantis M-63 Meningkatkan fungsi kesehatan saluran pencernaan & mendukung daya tahan tubuh yang optimal.

  • Serat Pangan (Prebiotik) GOS

Fungsinya meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan

  • Laktoferin

Peran terbaiknya adalah meningkatkan daya tahan tubuh untuk membantu melawan infeksi saluran nafas dan saluran cerna.

  • Vitamin A, C, E, dan Zink

Kalau vitamin yang satu ini, ampuh dalam membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan (mata, saluran pencernaan, saluran pernafasan dan kulit) serta berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh.

Untuk Tumbuh Kembang Optimal, setidaknya anak membutuhkan…

  • Kalsium, Vitamin D dan Magnesium

Perannya penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

  • Whey Protein (Alfa Laktalbumin)

Merupakan sumber protein sebagai komponen penting dalam tumbuh kembang Si Kecil.

  • 14 Vitamin & 9 Mineral

Nutrisi harian yang penting untuk tumbuh kembang yang optimal

Ternyata ngomongin yang namanya kebutuhan nutrisi anak memang ga ada habisnya. Namun ibu-ibu tidak perlu ribet, karena semua kandungan terbaik yang sudah saya paparkan diatas, nyatanya bisa didapat dari satu produk saja yaitu Morinaga Chil Kid Platinum.

Dan uniknya lagi, Morinaga Chil Kid Platinum juga punya beberapa varian rasa yang pastinya disukai oleh anak, seperti rasa Vanilla, Madu dan Coklat. Oke buibu… so, buat buibu yang samaan kaya aku, yang juga lagi milih susu anak yang rasanya enak dan pastinya bernutrisi, maka Morinaga Chil Kid Platinum ini bisa jadi rekomendasi.