Seluk Beluk Kanker, Pembunuh No 1 di Dunia yang Perlu Diwaspadai – Apa yang terlintas di pikiranmu pertama kali, ketika mendengar kanker? Pastinya serem banget ngebayanginnya, betapa orang yang mengidap kanker harus survive dengan rutin melakukan kemoterapi, yang bisa menyebabkan kerontokan rambut hingga botak. Ditambah lagi, biaya pengobatannya pun tidak murah.

Yap, kanker memang se-horor itu… bahkan kian hari data menunjukan bahwa kematian yang disebabkan oleh kanker justru bertambah di beberaa negara. Untuk lebih detailnya, yuk kita kenali dulu seluk beluk kanker, pembunuh no 1 di dunia yang perlu diwaspadai.

Mengenal apa itu Kanker?

Kanker adalah suatu penyakit yang terjadi ketika sel abnormal berkembang dengan cepat melebihi batasnya, sel ini menyerang bagian tubuh yang berdekatan dan menyebar ke organ lainnya atau disebut metastasis.

Apa itu Kanker

Dan seperti yang kita ketahui bahwa metastasis lah yang menjadi penyebab utama mengapa banyak terjadinya kematian akibat kanker. Bahkan data dari WHO juga menyatakan, kanker adalah penyebab kematian no. 1 dan 2 di 112 negara loh! Maka tak heran bila kita semua harus mewaspadai keberadaannya.

Di tahun 2020 sendiri, sebanyak hampir 10 juta kematian terjadi akibat kanker. Bayangkan saja, dalam setiap tahunnya tercatat banyak kasus baru, mulai dari kanker payudara (2,26 juta), paru-paru (2,21 juta), kolon (1,93 juta), prostat (1,41 juta), kulit non-melanoma (1,2 juta), dan perut (1,09 juta).

Tanpa pandang bulu, penyakit kanker bisa menimpa siapa saja, tanpa memperhatikan gendernya. Baik pria dan Wanita memiliki resiko yang sama,, hanya ada beberapa kanker tertentu yang cenderung didominasi oleh Wanita, ada juga yang didominasi pengidapnya oleh pria.

Dan belum lama ini, yakni tahun 2020, telah ditemukan fakta terbaru bahwa kasus baru yang umum ditemukan pada perempuan di Indonesia adalah kanker payudara (65.858), serviks (36.633), paru-paru (34.783), kolon (34.189), liver (21.392), dan kanker lainnya (204.059).

Tanda Kanker

Disamping itu, kanker yang kerap kali dialami oleh pria adalah kanker paru-paru (25.943), kolon (21.764), liver (16.412), nasofaring (15.427), prostat (13.563), dan kanker lainnya (90.259). Dan kini pertanyaan adalah, apakah kanker bisa dicegah? Jawabannya bisa, yaitu dengan menurunkan resikonya.

Hal – hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko kanker

  • Tidak merokok
  • Memiliki berat badan yang sehat
  • Mengonsumsi makanan bergizi
  • Rutin berolahraga
  • Menghindari alkohol
  • Mendapatkan vaksinasi untuk melawan HPV dan hepatitis B
  • Menjauhi radiasi ultraviolet

Terlepas dari bahayanya penyakit kanker, sebenarnya kematian akibat kanker sendiri bisa berkurang resikonya, jika kita sudah mendeteksinya dan merawatnya sedini mungkin. Nah, untuk proteksi diri sebagai bentuk antisipasi terhadap kanker, kamu juga bisa mendaftar asuransi kesehatan FWD Cancer Protection, 100% Uang Pertanggungan langsung diberikan di tahap awal sejak terdiagnonis kanker sehingga kamu bisa fokus pada kesembuhanmu saja. Yang terpenting, klaimnya pun mudah dan cepat, selama dokumen lengkap.

Asuransi Kesehatan Premi 10ribu

Masih ragu karena takut preminya mahal? Tenang, premi FWD Cancer Protection mulai dari Rp10 ribu/bulan. Belinya pun mudah,  karena bisa dilakukan secara online dan dengan tiga pertanyaan kesehatan saja. Mudah beneran kan? Yuk, kenalan lebih lanjut dengan FWD Cancer Protection di laman website https://www.fwd.co.id/ selain asuransi kesehatan, FWD juga memiliki produk Asuransi Jiwa.