“Duh.. saya mah gaptek”

“Ga ngerti yang beginian…”

“Maklum saya mah gaptek, ga ngerti cara jualan online”

Pernah ga, kamu mendengar seseorang yang mengatakan hal itu, atau mungkin justru kamu sendiri lah yang mengatakan hal itu. Jika kamu mengatakan hal itu, bisa jadi kamu sedang mengalami fase di mana kamu merasa tidak percaya diri untuk berjualan online, semua itu terjadi karena kamu belum menguasai skill jualan online

Padahal, siapapun bisa berjualan online, loh. Karena jualan online tidak butuh gelar sarjana. Pokoknya selama kamu mau mencoba, kamu beneran pasti bisa! Memang yang namanya langkah pertama itu seringkali tak mudah, tapi bukan berarti itu hal yang mustahil.

Btw saya pernah berada di posisi di mana saya sangat bingung, saat hendak menentukan pilihan hidup. Memilih mempertahankan diri di tempat kerja atau harus resign dan memilih bisnis online sebagai pilihan hidup yang sering kali tidak memberikan saya kepastian.

Namun dari ketidakpastian yang sering kali saya hadapi saat berbisnis online, hal itulah yang pada akhirnya mampu menguatkan saya. Hingga saya pun memberanikan diri untuk berbisnis online dengan menawarkan peluang usaha minuman yaitu Unicone Drink.

Biasanya saya memanfaatkan Instagram ads sebagai sarana marketing bisnis saya. Tak jarang, calon customer yang menghubungi saya via WhatsApp sering kali tidak bisa saya dapatkan informasi detailnya. Sebagaimana yang kita tahu, terkadang leads yang masuk hanya bertanya untuk alasan ‘kepo’ bukan karena tertarik. Maka dari itu, saya mulai memikirkan solusi yang saya butuhkan yaitu sebuah media jualan online berbentuk aplikasi agar bisa dengan mudahnya me-manage data customer dengan baik.

Dan bertemulah saya dengan TOKKO, sebuah aplikasi buat bikin toko online sendiri yang sangat user friendly. Bahkan orang-orang yang ngakunya gaptek sekalipun, pasti bisa mengoperasikannya dengan baik. Terdapat fitur-fitur yang sangat saya butuhkan sebagai seller online, di antaranya menerima order dari chat, membuat katalog produk yang menarik, mengelola pesanan dan menganalisa sumber traffic promosi toko online sendiri. Di samping itu, TOKKO pun bisa terkoneksi dengan WhatsApp sehingga sangat memudahkan untuk proses closing.

1. TOKKO Online Unicone Drink

Ini toko saya, Unicone Drink

Cara Memulai Bisnis Online dengan TOKKO

Pertama, kamu harus mendaftar dengan membuat akun di laman web tokko.co.id atau bisa juga dengan men-download aplikasi TOKKO yang telah tersedia di Google Play Store selanjutnya isi dengan data diri termasuk nomor handphone dan detail usahamu dsb, silahkan download aplikasi TOKKO

2. Download TOKKO

Kedua, kamu bisa langsung mengupload produk-produkmu ke TOKKO untuk memulai toko online-mu. Jangan lupa atur metode pengiriman, agar konsumenmu bisa memilih jasa ekspedisi yang diinginkan.

Dengan dua langkah saja, kamu bisa mulai toko online-mu secara instan bersama TOKKO. Sebenarnya, TOKKO ini merupakan aplikasi buat website online shop gratis, namun akan lebih maksimal lagi jika kamu mendaftar program TOKKO Plus.

Yap, jadi TOKKO memiliki program berlangganan TOKKO Plus di mana kamu bisa mengakses fitur eksklusif yang lebih maksimal lagi untuk toko online-mu. Dengan fitur yang ada dalam program TOKKO Plus kamu dapat menggaet lebih banyak traffic menggunakan integrasi iklan Google, Facebook & Instagram. Itulah kenapa recommended banget buat kamu untuk langganan TOKKO Plus

Cara Upgrade TOKKO Free ke TOKKO Plus

Kamu perlu masuk ke dashboard toko online-mu via website TOKKO

3. Cara Langganan TOKKO Plus

Klik button langganan TOKKO Plus

4. Harga Paket TOKKO Plus

Selanjutnya pilih paket TOKKO Plus yang kamu inginkan, bisa per 1 bulan, 6 bulan atau bahkan 12 bulan. Saran saya, pilih yang setahun sekaligus, karena jatuhnya akan jadi lebih hemat!

5. Cara Beli Paket TOKKO Plus

Klik pilih paket, lalu akan muncul halaman ringkasan pesanan, kamu hanya perlu melakukan centang dan klik Pesan Sekarang untuk melanjutkan pemesanan kamu. Langsung deh, kamu berhasil upgrade dari TOKKO Free ke TOKKO Plus!

6. Fitur TOKKO Plus

Apa saja fitur TOKKO Plus?

Dari serangkaian fitur yang dihadirkan TOKKO Plus, saya beneran ga sabar untuk fitur terbarunya yang nantinya memudahkan para seller online untuk bisa melakukan custom domain. Dengan begitu, laman jualan kita di TOKKO akan terlihat lebih personal, karena bisa menggunakan domain sendiri.

7. Integrasi TOKKO Plus

Keunggulan Fitur Integrasi dengan Facebook Ads, Instagram Ads dan Google Ads

Well, jadi TOKKO Plus ini memang versi premiumnya dari TOKKO. Dan karena versi premium, maka tak heran bila fitur yang ditawarkannya pun terbilang banyak dan lengkap. Dari sekian banyak fiturnya, paling naksir sama fiturnya yang bisa integrasi dengan Facebook Ads, Instagram Ads dan Google Ads. Karena ini beneran sangat membantu untuk seller online dalam proses marketing.

8. Keunggulan TOKKO Plus

Untuk memanfaatkan fitur ini, kamu bisa mulai dengan klik menu ‘Marketing’ lalu pilih ‘Iklan Facebook dan Google’ selanjutnya kamu akan melihat halaman yang akan mengarahkan untuk mulai membuat iklan melalui platform TOKKO

9. Kelebihan TOKKO Plus

Pertama, kamu harus menghubungkan akun Google bisnis atau Facebook page yang kamu miliki. Jika ingin beriklan di Facebook maupun di Google, tentunya harus menghubungkan kedua akunnya.

10. Aplikasi Jualan Online Shop

Sayangnya akun google bisnisku baru bisa terhubung sebagian, alasannya karena lokasinya belum terverifikasi google. Jadi karena akun Google bisnis saya baru, jadi saya masih menunggu verifikasi dari Google.

11. Cara Menggunakan Aplikasi Jualan TOKKO Plus

Selagi menunggu verifikasi lokasi di akun Google bisnis saya, maka saya terlebih dahulu menghubungkan fanpage FB bisnis saya.

12 Menghubungkan TOKKO Plus dengan Akun Google Bisnis

Selanjutnya saya memilih fanpage yang ingin dihubungkan dengan TOKKO, kali ini saya menghubungkan fanpage Unicone Drink.

13. Manfaat TOKKO Plus

Nah, kalau sudah dihubungkan, akan ada button terhubung sebagai pertanda kalau akun fanpage FB yang dimiliki telah terhubung dengan TOKKO. Langkah selanjutnya langsung saja klik button bertuliskan ‘Selanjutnya’ untuk mulai memanfaatkan fitur ini.

13. Cara Beriklan Dengan TOKKO Plus

Proses loading dimulai………. Bisa segera ngiklan nih

14. Apa itu TOKKO

Kamu akan melihat menu bar yang bertuliskan informasi apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan memaksimalkan fitur ini. Lengkap banget, berasa punya analis pribadi hehehhe

15. Website Jualan Online

Kalau mau langsung jalankan iklan, bisa langsung lompat ke menu ‘Campaign Kamu’ dan bisa langsung klik ‘Jalankan Iklan’

16. Jualan Online dengan TOKKO

Lain halnya kalau kita lompat ke menu ‘Iklan Terbaik’ disana kamu bisa melihat iklan mana saja yang memiliki performa terbaik. Tapi karena saya belum nyoba iklan sama sekali, jadi tidak terdapat informasi yang bisa ditampilkan.

17. tokko plus dan kelebihannya

Cek ulasan dari user di sosial media pastinya akan cukup memakan waktu kan ya, tapi kalau dengan fiturnya TOKKO Plus jadi praktis. Karena semuanya bisa tampil di satu halaman saja. Ga perlu multitasking cek ke channel yang dimiliki.

18 TOKKO Plus

Di menu ‘Statistik Komentar Audiens’ kamu juga bisa memastikan jumlah ulasan positif, netral hingga negatif. Ini akan memudahkan kamu untuk melakukan sentiment analysis terhadap bisnis kamu.

19. Schedule Postingan di TOKKO Plus

Bahkan, kamu juga bisa buat postingan baru di fanpage maupun Google bisnis kamu loh, melalui dashboardnya TOKKO Plus.

20. Pengaturan TOKKO Plus

Ini dia halaman yang akan kamu lihat, setelah klik ‘Buat Post Baru’. Tidak asal posting, kamu sendiri bisa memilih tipe postingan yang diinginkan. Apakan mau postingan tunggal, atau bahkan mau share promo.

Akhirnya rampung juga jalan-jalan ke berbagai fiturnya di TOKKO Plus. Padahal ini belum semuanya, loh. Masih banyak banget fitur keren lainnya. Untuk pengalaman jualan online yang lebih menyenangkan, kamu bisa coba berlangganan juga. So far seneng banget dengan semua yang ditawarkan TOKKO, karena real menjawab kebutuhan para seller online. Even saya juga masih terbilang baru di bisnis online, tapi semua fiturnya bisa dengan mudah diakses.

Baca: Cobain Tools Financial Checkup Yuk! Tools Gratis Untuk Analisa Keuangan Sebelum Terlambat

Akhir kata, saya ga mau minta macam-macam, cuma satu doa yang terpenting, semoga ke depannya TOKKO hadir dengan berbagai fitur terbaru lainnya, sehingga kita sebagai para online seller bisa semakin memaksimalkan penjualan.