Bagi orang Tionghoa, imlek menjadi moment yang paling dinantikan. Pasalnya, moment imlek tidak terlepas dari moment membahagiakan seperti kumpul keluarga, bagi-bagi angpao dan segudang kebahagiaan lainnya. Akan tetapi, perayaan yang tidak dimaknai dengan perencanaan, tidak menutup kemungkinan akan mengganggu stabilitas keuangan.

Maka, sangat penting untuk mengatur anggaran imlek, mulai dari angpao, pakaian baru yang akan dikenakan saat perayaan imlek, hidangan yang nantinya akan disajikan ke keluarga besar, hingga moment jalan-jalan bersama keluarga tersayang.

Seperti yang kita ketahui bahwa melakukan perencanaan keuangan itu harus berasal dari beragam pertimbangan matang, berikut tips mengatur keuangan agar dompet tetap aman saat menyambut perayaan imlek.

  • Pastikan memberi angpao sesuai kemampuan

Jika kamu belum menikah, maka kamu berkesempatan dapat angpao, namun jika kamu sudah menikah, siap-siap saja untuk menjadi seseorang yang membagikan angpao. Bagi kamu yang sudah menikah, pastinya tidak mau kan, moment memberi angpao jadi momen yang mengacaukan perekonomian keluarga.

Itu sebabnya, demi mengatur keuangan saat imlek, tips nya adalah memberikan angpao hanya pada keluarga inti yang belum menikah. Setidaknya hal ini bisa membantu mengurangi beban saat kamu dituntut memberikan angpao ke semua orang yang kamu temui saat imlek.

Tips memberikan angpao

Selain itu, kamu juga bisa membatasi jumlah uang pada angpao yang akan diberikan ke sanak saudara. Tak perlu khawatir atau bahkan merasakan gengsi, karena sanak saudara yang mendapatkan angpao pun umumnya tidak akan merasa berkecil hati, yang ada justru merasa senang karena yang penting tulus dalam pemberiannya. Karena Kembali lagi pada tujuan dari pemberian angpao itu sendiri, yakni doa dan  kasih sayang tulus yang diberikan lewat prosesi pemberian angpao tersebut.

  • Makan di rumah bersama-sama

Menggelar acara makan-makan bersama keluarga di rumah, pastinya mampu mengikat dan mempererat hubungan keluarga. Umumnya di perayaan imlek, makanan yang disajikan biasanya mie Panjang umur, ikan bandeng utuh dan sayuran khas imlek. 

Makan bersama saat tahun baru imlek

Makan yang disajikan tersebut memiliki simbol dari sebuah pengharapan agar keberuntungan tidak pernah habis. Untuk menyiasati budget yang dikeluarkan dalam perjamuan tersebut kamu bisa menyiasatinya dengan jumlah menu yang dihidangkan serta berapa banyak anggota keluarga yang hendak dijamu. 

Baca: Alasan Mengapa Generasi Milenial Wajib Punya Asuransi

  • Mengikuti gaya hidup orang Tionghoa yang sederhana

Sebuah artikel yang dilansir dari national geographic, Gaya hidup orang Tionghoa  kebanyakan sederhana. Kesederhanaan itu bisa dibuktikan dengan seringnya mengonsumsi makanan di rumah serta mengalokasikan dana untuk diputar sebagai modal bisnis.

Nah, untuk bisa mengikuti kesederhanaan orang Tionghoa, kamu juga bisa melakukannya dengan cara mendaftar menjadi nasabah asuransi. Apa hubungannya dengan asuransi? Karena asuransi bisa untuk melindungi pengelolaan keuangan kita di masa depan, khususnya di moment genting. Maka dengan adanya asuransi, uang yang dimiliki bisa diputar menjadi modal bisnis. Sehingga stabilitas perekonomian keluarga tidak terganggu.

Ada dua asuransi penting yang bisa dimiliki yaitu asuransi jiwa dan asuransi Kesehatan. Namun sebelum mendaftar asuransi, pastikan kamu mendaftar di tempat yang tepat ya, seperti FWD Insurance. Karena FWD Insurance merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai produk asuransi terpercaya. Yang terpenting untuk informasi detailnya, kamu bisa cek di laman website official mereka di https://www.fwd.co.id