C:\Users\alini\Documents\New Project\Indonesian Writer\2022\Maret\211.jpg

https://www.pexels.com/id-id/foto/pemasaran-biru-kantor-internet-6120213/

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh para investor ialah terburu-buru dalam menjual dana investasinya di aplikasi investasi terbaik. Sementara, tindakan tersebut sebenarnya kurang menguntungkan bagi mereka. 

Reksadana merupakan jenis investasi yang sangat mudah untuk kamu jual kapan saja. Namun, hal ini tidak boleh menjadi alasan untuk menjualnya di waktu yang kurang tepat. Karena itu, sebaiknya tahan diri untuk tidak cepat-cepat menjual investasi kecual sudah menemukan timing yang pas. 

Waktu yang Tepat Menjual Reksadana

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari dana investasi yang ditanam, sebaiknya kamu menjual investasi pada waktu tertentu dengan alasan yang masuk akal. Pasalnya, ada beberapa waktu tepat yang cocok dijadikan alasan menjual reksadana, diantaranya sebagai berikut.

  1. Dana Investasi sedang Benar-benar Dibutuhkan

Salah satu pertimbangan yang cukup masuk akal untuk menjual dana investasi reksadana ialah saat kamu sedang membutuhkan dana tersebut. Misalnya, kamu sedang dalam keadaan terdesak dan tidak ada lagi dana yang dapat diandalkan, menjual reksadana bisa menjadi sebuah langkah yang tepat.

Namun, hal ini tetap perlu dipertimbangkan dengan baik. Seandainya ada dana lain yang bisa diandalkan, ada baiknya kamu menggunakan dana itu terlebih dahulu. Pasalnya, menjual reksadana pada waktu yang terlalu dini justru bisa memotong keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Jangan sampai kamu menjual reksadana untuk kebutuhan sesaat yang sebenarnya tidak terlalu penting. Karena itu, dalam hal ini kamu harus belajar untuk membuat skala prioritas sehingga bisa mengetahui kapan waktu terdesak yang dimaksud sebelum menjual reksadana di aplikasi investasi terbaik.

  1. Performa Reksadana Terus Menurun

Waktu paling tepat berikutnya untuk menjual reksadana di aplikasi investasi terbaik yaitu pada saat reksadana memberikan performa yang terus menerus longsor. Saat hal ini terjadi, kamu bisa memutuskan untuk menjual reksadana atau memindahkannya pada jenis investasi yang lain.

Sebelum akhirnya memutuskan menjualnya, perlu kamu perhatikan dengan baik faktor-faktor yang membuat performa reksadana tersebut menurun. Jika salah satu penyebab turunnya karena pasar saham dan obligasi yang sedang tergerus kondisi ekonomi makro nasional atau internasional, sebaiknya tahan diri untuk segera menjualnya.

Pasalnya, situasi seperti ini biasanya akan kembali naik dan memberikan keuntungan yang cukup baik untuk investasimu. Karena itu, sebaiknya berikan kesempatan investasi bertahan lebih lama sambil mengobservasinya. Jika nilai tidak kunjung membaik, kamu bisa segera menjualnya di aplikasi investasi.

  1. Tujuan Investasi Telah Tercapai

Alasan yang paling tepat untuk menjual reksadana ialah ketika tujuan investasimu telah tercapai. Itulah mengapa penting bagi seorang investor untuk memiliki tujuan investasi agar mereka bisa mendapatkan waktu yang tepat untuk menjualnya.

Ketika jumlah dana investasimu telah mencapai target yang sesuai dengan tujuan alokasinya, baik itu untuk membeli mobil baru, rumah baru, pergi umroh, atau kebutuhan lainnya, kamu bisa segera menjual reksadana di aplikasi investasi terbaik.

  1. Portofolio Berubah
C:\Users\alini\Documents\New Project\Indonesian Writer\2022\Maret\212.jpg

https://www.pexels.com/id-id/foto/smartphone-laptop-internet-kabur-6347711/

Ketika portofolio mengalami perubahan, menjual reksadana bisa menjadi salah satu langkah yang tepat. Kamu bisa menjual reksadana dan memindahkan dana tersebut ke jenis investasi lainnya untuk kembali menyeimbangkan portofolio investasi yang kamu miliki. 

Dalam hal ini ada dua kemungkinan yang membuatmu harus mencairkan reksadana. Kemungkinan pertama yaitu pada saat kamu ingin menyeimbangkan kembali portofolio investasi dengan menjual atau membeli reksadana. 

Kemungkinan kedua yaitu pada saat membutuhkan pengurangan pajak. Biasanya, ketika diketahui bahwa investasi yang kamu pilih sedang mengalami kerugian yang cukup drastis, kamu bisa mencairkan reksadana di aplikasi investasi terbaik untuk menutup kerugian dengan keuntungan dari investasi tersebut.

Baca: Inilah 5 Investasi Masa Depan yang Menguntungkan 

  1. Pengelolaan Reksadana Berubah

Reksadana merupakan sebuah instrumen investasi yang dikelola oleh manajer investasi dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Sebelum memilih salah satu produk reksadana, pastinya kamu akan melihat prospektus reksadana dan fund fact sheet terlebih dahulu.

Prospektus reksadana merupakan informasi lebih lanjut dari sebuah produk reksadana. sementara fund fact sheet merupakan laporan dari kinerja produk reksadana tersebut. Jika terjadi perubahan di tengah jalan dan tidak sesuai dengan tujuan investasimu, kamu bisa segera menjual reksadana di aplikasi investasi terbaik.

Mudahnya Investasi Reksadana Bersama digibank by DBS

Apakah saat ini kamu sedang tertarik untuk berinvestasi reksadana di aplikasi investasi terbaik? Mari mulai bersama digibank by DBS. Jika memiliki Aplikasi digibank by DBS kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan darinya, diantaranya sebagai berikut.

  • Buka Rekening Kapan Saja dan Dimana Saja

Antri panjang dan mengisi dokumen berlembar-lembar bukan gaya pendaftaran dari digibank by DBS. Aplikasi investasi terbaik ini akan mendukung proses buka rekening dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui kamu. 

  • Verifikasi Mudah

Nikmati kemudahan verifikasi akun bersama aplikasi investasi di digibank by DBS, karena sekarang digibank by DBS sudah bisa menggunakan face biometric, yaitu hanya dengan menyiapkan e-KTP kamu, kemudian dilanjutkan dengan pengisian biodata lalu diselesaikan dengan verifikasi wajah melalui kamera depan handphone kamu, atau bisa juga mengunjungi booth-booth digibank yang ada di kota kamu.  

  • Tarik Tunai dan Transfer Tanpa Biaya

Nikmati gratis biaya transfer kemana saja dan tarik tunai tanpa biaya di semua ATM bersama aplikasi investasi digibank by DBS. Agar bisa menikmati tarik tunai tanpa biaya, kamu hanya harus memiliki saldo rata-rata Rp1 juta per bulannya.

Menemukan aplikasi investasi terbaik yang bisa memberikan banyak kemudahan untuk berinvestasi merupakan sebuah nikmat yang tidak dapat didustakan. Ayo nikmati berbagai kemudahan investasi bersama digibank by DBS. Yang lain sudah dapat menikmatinya, lho! Kamu kapan?