Self Reward adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang ingin memberikan penghargaan pada dirinya sendiri. Sebenarnya melakukan self reward itu baik, karena bagaimanapun juga kita selalu layak mendapatkan hadiah atas kerja keras atau usaha selama ini.

Namun sayangnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya telah melakukan pemborosan, justru berkedok dibalik kata ‘self reward’ itu sendiri. Alih-alih ingin menghadiahkan diri sendiri, yang terjadi malah akan menghadapi masalah di kemudian hari.

Pasalnya, pemborosan bisa menjadi sumber permasalahan keuangan yang memusingkan, lho. Misalnya saja, kamu sudah mengalokasikan dana untuk membayar tagihan tertentu, tapi harus ditunda pembayarannya, karena dana nya terpakai. Padahal, tagihan yang dibayar melewati jatuh tempo bisa membuat kamu harus mengalami kerugian karena harus membayar bunganya.

Itu baru contoh satu ya, kalau dana yang tak sengaja kena dampak pemborosannya itu untuk membayar tagihan. Lalu, bagaimana jika dana yang tak sengaja terpakai itu justru untuk kebutuhan primer atau kebutuhan hidup yang urgent, sudah pasti bisa dibayangkan kalau kamu akan kesulitan nantinya.

FWD Berbagi Community

Saking excited banget sama pembahasan Self Reward ini, saya sampe excited buat ikutan webinarnya FWD Insurance pada hari Kamis, 21 April 2022 yang bertajuk  “Pentingnya Self-love, Self-care Tanpa Harus Boros” pada kesempatan tersebut, FWD Insurance turut mengundang narasumber terkemuka seperti Muara Karim selaku Self-love & Purpose, Life Coach serta Mada Aryanugraha selaku Financial Consultant, Co-founder & CEO Sipundi.id.

Event yang diadakan pada pkl 14.00-15.00 WIB tersebut memang memberikan begitu banyak insight terbaik yang dibutuhkan agar bisa self-care tanpa harus melakukan pemborosan. Nah, saya share apa yang saya dapatkan dari event webinar tersebut ya.

Yang pertama dari mbak Muara Karim, yang membahas mengenai Life Purpose yang sebenarnya, terkadang kita cenderung tidak memetakan apa yang sebenarnya kita inginkan. Hanya sekedar bicara mau sukses, tanpa pernah menjelaskan definisi sukses itu yang seperti apa.

Selain itu mbak Muara Karim juga memaparkan pentingnya mengoptimasi hari yang dimiliki dengan berbagai aktivitas pagi yang baik. Karena biasanya, aktivitas pagi itu akan berpengaruh dalam menentukan mood sepanjang hari.

Biasanya kalau pagi-pagi nya diisi dengan moment yang tergesa-gesa, misalnya bangun kesiangan gitu, selanjutnya di siang harinya, akan ada indikasi bad mood terus menerus. Menurut Mbak Muara Karim, ada beberapa rekomendasi aktifitas yang bisa dilakukan.

Melakukan ritual pagi selama 1 jam, misalnya dengan melakukan journaling, meditasi, grounding, baca buku dsb, lalu jangan lupa juga untuk mengisi pagi dengan nutrisi yang baik saat sarapan, misalnya dengan menyantap sarapan pagi yang kaya akan protein + fiber, lalu bisa juga dengan mengonsumsi keto coffee.

Ritual Pagi Hari

Tips selanjutnya dengan  melakukan self confidence check, caranya tuliskan 1-10 pertumbuhan 1% yang berhasil kamu lakukan selama 6 bulan. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apa saja yang telah kamu lakukan. Hal yang dituliskan, bisa berkaitan dengan fisik/kesehatan, karir, keuangan, emosi dan relationship.

Core Percaya Diri

Jika mbak Muara Karim lebih mengedepankan pembahasan mengenai Life Purpose yang erat kaitannya dengan bagaimana kita menghadiahi atau memberikan penghargaan pada diri sendiri.

Maka mas Mada Aryanugraha, mengangkat sisi self-reward dari segi keuangannya. Untuk bisa melakukan self reward, pastikan kamu sudah memisahkan pendapatanmu yang terbagi antara kebutuhan hidup, gaya hidup, cicilan utang / kewajiban dan tabungan & investasi.

Kemudian mas Mada Aryanugraha juga menuturkan bahwa setiap pengeluaran memiliki pembagiannya masing-masing, diantaranya:

  • Pengeluaran yang relative fleksibel, sehingga bisa dilakukan penghematan. Seperti belanja dapur, biaya transportasi, listrik/air/telepon, keperluan sekolah, rekreasi atau hiburan.
  • Pos pengelaran yang jumlahnya sudah pasti, karena ada batas minimal yang harus dibayarkan, misalnya zakat & infaq/sedekah.
  • Pengeluaran untuk masa depan, sebaiknya didahulukan sebelum membayar biaya hidup seperti tabungan & investasi.
  • Pos pengeluaran ini memiliki tingkat risiko paling tinggi jika diabaikan yaitu Asuransi

Nah, dari setiap pembagian dalam pengeluaran, pada intinya adalah menyisakan dana tanpa perencanaan akan membuatnya lebih boros. Maka, pastikan semua kewajiban sudah terpenuhi, maka kamu bisa mulai memberikan dirimu self reward.

Baca: Pengalaman Mengikuti Women Inspirational Talk FWD Insurance

Well, banyak sekali insight penting dari webinar “Pentingnya Self-love, Self-care Tanpa Harus Boros” yang diadakan oleh FWD Insurance, selaku perusahaan asuransi kesehatan sekaligus asuransi jiwa yang terpercaya. Dan bila kamu ingin mengetahui lebih detail terkait asuransi, serta produk asuransi apa saja yang dimiliki FWD Insurance, silahkan berkunjung ke official websitenya FWD Insurance.