Bagi saya, salah satu hikmah pandemi yang luar biasa, adalah menjadikan orang-orang jadi cepet melek online daripada yang seharusnya. Dulu, sebelum pandemi mana ada yang namanya belanja sayuran via online, orang-orang lebih milih on the way ke supermarket atau pasar tradisional, sekarang karena adanya pandemi, bikin orang-orang jadi beralih untuk memanfaatkan ranah online.

Begitupun yang terjadi saat mengikuti kelas, dulu lebih familiar dengan yang namanya kelas offline, datang ke lokasi dan belajar disana. Sekarang orang-orang lebih memilih mengikuti kelas online yang digelar dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting, tanpa harus meninggalkan rumah.

Meskipun saat ini, pandemi telah berubah wujud menjadi endemic. Namun, behaviour masyarakat terhadap dunia online kini sudah lebih aware. Terbukti sampai saat ini, masih banyak kok orang-orang yang ikutan kelas online, yang diselenggarakan dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting.

Nah, kalau saya sendiri sebenarnya tidak hanya memanfaatkan aplikasi zoom untuk kebutuhan mengikuti kelas online saja, tapi juga untuk kebutuhan silaturahmi hingga meeting dengan klien. Sedikit spoiler hehehe saya berbisnis di bidang jasa pengelolaan sosial media, dan memiliki klien yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia, seperti Makassar, Palembang, NTB dsb, maka untuk memudahkan komunikasi, biasanya memang menggunakan aplikasi zoom meeting.

Pengalaman Memanfaatkan Fitur Zoom Meeting

Kalau ditanya, apakah zoom meeting ini sangat membantu? Saya berani jawab, “Ya, sangat membantu.” Karena adanya zoom meeting mampu membuat event online yang diadakan menjadi interaktif, berikut beberapa fitur zoom meeting yang menjadi favorit saya.

Pengalaman Menggunakan Zoom

  • Fitur Join

Terbilang cukup mudah untuk menginvite seseorang ke dalam zoom meeting untuk berpartisipasi di sebuah event online, karena kamu cukup perlu melakukan share link dari event tersebut, nantinya seseorang yang klik bisa langsung mengikuti meeting tersebut, tentunya setelah di approve oleh host. Kalaupun belum memiliki aplikasi zoom meeting, biasanya diarahkan ke zoom versi desktop. Namun, disarankan memang sebaiknya sudah mendownload aplikasinaya untuk memudahkan.

  • Fitur Virtual Background

Faktanya, memang tidak semua orang sempat untuk mendekor spot meeting yang estetik. Maka, fitur virtual background nya zoom meeting ini bisa menjadi jalan ninja untukmu. Saya sendiri terbantu banget dengan fitur ini karena mampu menyamarkan keruwetan rumah saya yang berantakan wkwk maklum, saya punya balita yang hobinya senang mengeksplor jadinya kalau lagi ada meeting, atau harus ikut kelas online, saya biasa memanfaatkan fitur ini.

Uniknya, memang kita bisa memilih virtual background yang diinginkan sesuka hati, akan tetapi kalau pilih background yang warna putih biasanya backlight, nanti hasilnya jadi kurang bagus gitu. Makanya akan lebih baik, jika pilih virtual background yang warnanya tidak menabrak. Misalnya kamu lagi pakai baju oren, bisa pilih virtual background yang warnanya lebih tua dibanding sekitarnya, seperti foto suasana di laut yang biru hehehe

Cara Menggunakan Fitur Virtual Background di Zoom Meeting

  • Buka aplikasi Zoom via Laptop dan bergabung ke room Zoom.
  • Lalu klik menu Settings, yang terletak di bagian kanan atas.
  • Pilih menu Background & Filters yang persis terletak di sebelah kiri.
  • Setelah itu klik tab Virtual Backgrounds
  • OK deh, kamu bisa langsung pilih gambar yang ingin digunakan sebagai background

  • Fitur Breakout Room

Fitur yang memungkinkan setiap partisipan, terpartisi ke dalam beberapa kelompok. Ini cocok banget fiturnya untuk keperluan diskusi atau brainstorming antar kelompok.

  • Fitur Share Screen

Fitur yang satu ini memungkinkan setiap orang untuk menyampaikan hasil presentasinya secara jelas, dengan disaksikan oleh partisipan lainnya.

  • Fitur Raise your Hand

Kalau di dunia nyata, kita sangat familiar dengan yang namanya mengacungkan tangan, begitupun di dunia maya menggunakan aplikasi zoom meeting, kita bisa dengan mudah mengacungkan tangan dengan cara klik tombol raise your hand, unik sekali bukan?

  • Fitur Mute

Ini juga fitur yang memberi kenyamanan saat kita mengikuti kelas online via zoom meeting, sebagai partisipan bisa mute suaranya, sehingga kebisingan tidak akan terdengar saat kelas berlangsung.

  • Fitur Lock Meeting

Fitur untuk mengunci meeting, agar siapapun tidak dapat tergabung lagi ke dalam meeting tersebut. Dengan fitur ini, memungkinkan aktivitas meeting jadi lebih privasi, dan ga akan ada istilah yang namanya orang nyasar tiba-tiba ikutan meeting.

Nah, itulah beberapa fitur favorit saya saat menggunakan zoom meeting, dari semua fitur tersebut, saya senang karena pernah mencoba semuanya. Terlepas dari itu semua, bagi kamu yang ingin menikmati fitur zoom meeting secara maksimal, disarankan menggunakan zoom meeting yang pro. Karena zoom versi basic terbatas hanya untuk 100 orang saja, sedangkan zoom meeting versi pro bisa sampai 1000 orang, lho.

Tak hanya itu, keunggulan zoom pro memungkinkan kamu bisa mengadakan virtual event se-lama mungkin. Bisa sampai 24 jam non stop hehehe. Lain halnya dengan zoom versi basic yang hanya bisa 40 menitan saja.

Lalu bagaimana cara upgrade zoom basic menjadi zoom pro? Tenang, saat ini sudah banyak penyedia jasa bayar zoom tanpa kartu kredit. Meskipun diluar sana banyak juga penyedia jasa bayar zoom, pastikan kamu memilih yang terpercaya ya, seperti halnya payor.id yang berani menawarkan jasa pembayaran zoom tanpa kartu kredit yang terjamin 100% transparan, aman, cepat dan harganya pun terjangkau.