Di luar sana, tentunya banyak orang yang lebih familiar dengan istilah medical check-up. Yap, medical check up atau cek kesehatan memang seringkali dilakukan banyak orang untuk mengantisipasi diri dari penyakit yang tak diinginkan. Dengan begitu jika ada penyakit dalam tubuh, akan lebih cepat diatasi dan mendapatkan penanganan yang baik.

Seperti halnya medical check up, financial check up juga sama pentingnya. Namun sayangnya, hal ini tidak banyak dilakukan karena ngerasa ribetnya mencatat pengeluaran. Padahal, jika tidak dilakukan pengecekan keuangan secara rutin, kamu tidak akan bisa mengantisipasi bahaya keuangan yang mungkin saja mengancam kondisi keuanganmu dalam waktu dekat.

Terkadang kita memang terlena dengan salary yang akan didapat setiap bulannya, karena terasa begitu melimpah, jadinya tidak aware terhadap risiko munculnya masalah keuangan. Untuk itu, perlu yang namanya financial check up, berikut alasan penting perlu melakukan financial check up.

3 Alasan Penting Perlu Melakukan Financial Checkup Sebelum Investasi

  • Mengetahui alur penghasilan dan pengeluaran

Salah satu agenda rutin saat baru gajian, adalah memetakan pos-pos pengeluaran yang harus dibayarkan guna memenuhi kebutuhan setiap bulannya. Dan biasanya, jika kamu tidak pernah melakukan pemeriksaan terkait kondisi keuanganmu atau financial check up, kamu akan mengalami kondisi dimana pengeluaran yang kamu miliki, berhasil mengambil Sebagian besar jumlah pemasukan yang kamu miliki.

Untuk itu, melakukan tracking terhadap keuanganmu bisa  membantu kamu untuk menyesuaikan gaya hidupmu dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Jangan sampai, setiap bulannya kamu merasa over budget, sehingga berhutang untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa kamu kendalikan.

Financial chek up juga setidaknya memberikan kamu penjelasan terkait apa saja keperluan yang membuat penghasilan kamu selama ini terasa ‘hilang’ selama ini. Sehingga kamu bisa menentukan keputusan kapan harus memenuhi kebutuhan sekunder maupun tersier seperti melakukan traveling atau liburan.

  • Mengendalikan keuangan untuk hidup yang lebih maksimal

Proses pengendalian dalam keuangan juga tidak hanya membuat kamu menjadi handal dalam mengantisipasi bahaya keuangan. Tapi  juga membuat kamu bisa menjadi pribadi yang solutif dalam mengatasi situasi keuangan yang mengancam.

Misalnya, ketika kamu sudah melakukan financial check up, dan mendapatkan kenyataan bahwa kondisi keuanganmu tak lagi stabil, maka kamu akan memikirkan cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan pengeluaran yang ada, selain itu kamu juga bisa mulai mencari solusi untuk meningkatkan pendapatkan dengan melakukan investasi misalnya.

Tak jarang juga bila setelah melakukan financial check up, kita menjadi lebih mindfulness terhadap sesuatu, alhasil jadi bisa mengurangi perilaku konsumtif. Kemudian kita juga jadi bisa memiliki surplus yang nantinya bisa dipergunakan pada hal-hal lainnya yang jauh lebih penting, guna meningkatkan penghasilan maupun dijadikan sebagai tabungan masa depan.

  • Merencanakan masa depan yang lebih baik

Setelah  mengetahui jumlah penghasilan beserta pengeluarannya, tentunya kamu akan menjadi lebih handal dalam mengontrol keuangan. Lalu kamu juga akan  memiliki gambaran terhadap seberapa besar kemampuanmu untuk menghasilan serta menyisihkannya.

Terlebih melakukan financial check up juga membuat kamu bisa lebih optimis terhadap apa yang kamu rencanakan di masa depan. Dengan memahami siklus keluar masuknya kekayaan yang dimiliki, kamu jadi tergerak untuk mewujudkan setiap impianmu melalui siklus keuangan yang terjaga.

Nah, bagi kamu yang ingin melindungi masa depanmu sebaik mungkin, bahkan memberikan perlindungan diri terhadap risiko di kemudian hari. Kamu bisa mulai dengan membentuk perlindungan melalui produk asurasi jiwa dari FWD Insurance Bernama FWD Critical First Protection.

Produk FWD Critical First Protection mampu memproteksi berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Selain itu, apabila tidak pernah mengajukan klaim, kamu tidak perlu khawatir karena uang premi dapat kembali 100% diakhir masa asuransi.

Menarik ya, jadinya asuransi selain memproteksi juga bisa dijadikan sebagai ajang investasi. Oh iya, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait produk FWD Insurance, pas banget saat ini ada promo gajian lho, jadi jangan sampai ketinggalan! Khusus untuk kamu, iyaaaa kamu… bisa berkesempatan dapetin diskon hingga 30% untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi kesehatan Bebas Handal FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi dengan periode hingga 31 Mei 2022. Informasi lebih lengkap langsung saja meluncur ke laman website FWD Insurance ya.