Bicara mengenai pendidikan vokasi, tentunya banyak orang yang belum familiar dengan hal itu, lain halnya jika berbicara mengenai pendidikan sarjana. Orang-orang justru akan lebih familiar dengan hal tersebut.

Sebenarnya, vokasi dan sarjana memiliki persamaan, yaitu sama-sama jenjang Pendidikan. Oke, jadi kita bahas apa perbedaan antara Vokasi dan Sarjana ya. Jadi, Vokasi sendiri merupakan pendidikan tinggi yang berfokus pada keahlian terapan tertentu dengan jenjang mulai dari D1, D2, D3 dan D4. Sedangkan sarjana biasanya lebih fokus pada teori keilmuan yang didasarkan pada jurusan yang diminati.

Gelar Vokasi 2022

Pengalaman Menghadiri Gelaran Vokasi Vokaborasi 2022

Dan belum lama ini, Saya menghadiri event Vokasi Vokaborasi 2022 yang bertempat di BBPPMPV BMTI, Jln. Pesantren KM 2, Cibabat, Cimahi pada hari Kamis (23/6/2022) lebih detailnya, jadi Gelar Vokasi Vokaborasi 2022 ini merupakan gelaran yang diadakan oleh BBPPMPV BMTI (Balai Besar Pengembangan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri) dan BBPPMPV Pertanian sebagai bentuk apresiasi terhadap produk vokasi yang merupakan hasil karya dari alumni Seklah Menengah Kejuruan (SMK) dan sejumlah politeknik di Jawa Barat.

Selain ajang apresiasi, gelaran Vokasi Vokaborasi 2022 juga menjadi kesempatan bagi kita semua, untuk lebih mencintai produk dalam negeri. Pasalnya, dalam gelaran tersebut, setiap SMK dan Politeknik yang berpartisipasi dalam gelaran Vokasi Vokaborasi 2022, mendapatkan stand yang bisa ditempati masing-masing, sebagai tempat untuk memamerkan hasil karya terbaiknya.

Bapak Supriyono Kepala BBPPMPV BMTI

Dan sesuai tema gelaran vokasi tahun ini, yang bertajuk “Kolaborasi antara Ditjen Diksi dan Industri dan Dunia Kerja dalam Mewujudkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia”, bapak Supriyono selaku Kepala BBPPMPV BMTI  juga menuturkan bahwa:

“Kegiatan Vokasi Vokaborasi 2022 dimeriahkan peluncuran produk inovasi hasil dari satuan pendidikan vokasi dan industri yang telah terkurasi dengan model digital maupun produk riil.”

Supriyono – Kepala BBPPMPV BMTI

Itu sebabnya, tujuan dari gelaran vokasi 2022 ini diharapkan mampu menjadi jalan terwujudnya program Link and Match antara lembaga pendidikan dan dunia usaha atau industri yang berkualitas dan semakin luas ruang lingkupnya.

Melihat Pameran Produk Dalam Negeri di Acara Gelar Vokasi 2022

Saya yang selalu suka menghadiri pameran, dibuat antusias dengan banyaknya karya yang ditampilkan oleh adik-adik SMK dan politeknik yang saat itu tengah berkontribusi di Gelar Vokasi 2022. Produk yang diperlihatkan mulai dari produk teknologi, perikanan hingga pertanian. Area pamerannya sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu area agri culture zone, revolution industry zone, robotic & techno zone.

Yang paling mencuri perhatian, adalah produk ship simulatornya. Karena produk ini sempat disinggung oleh bapak Supriyono, saat sambutan pembukaan gelar vokasi 2022. Dan benar saja, produk ini berhasil diciptakan oleh teman-teman vokasi.

Menariknya, Ship Simulator karya vokasi yang telah diluncurkan pada 22 April 2022 ini, telah resmi ‘nyantol’ di e-katalog nasional yaitu LKPP, dan pada 31 Mei 2022 juga telah dilakukan peluncuran perdana Ship Simulator oleh Kemenkomarves, yang mana hal ini merupakan bagian dari gerakan nasional bangga   buatan Indonesia.

Padahal, selama ini Indonesia selalu mengimpor ship simulator atau alat simulasi kemudi kapal digital. Yang mana, dengan hadirnya ship simulator buatan negeri, membuat Indonesia tak perlu lagi mengimpor dari luar negeri. Sebuah kemajuan yang luar biasa, khususnya di dunia maritim.

Baca: Mengenal SNI, Standar Nasional Indonesia Untuk Berbagai Produk Komersial

Berkat gelaran Vokasi 2022 ini, ada banyak sekali hal yang akhirnya bisa saya pelajari, salah satu yang terpenting adalah bagaimana kita bisa selalu mendukung produk dalam negeri, bangga dan cintanya, dibuktikan dengan menggunakannya.