Selama ini, tentunya kita lebih familiar dengan domain berekstensi .com, karena memang domain berakhiran .com memang banyak digunakan. Mulai dari untuk blog pribadi, sampai website bisnis. Nah, yang jadi pertanyaan adalah  apa sih keunggulan domain .com yang justru membuatnya lebih banyak digunakan? Padahal ada berbagai domain dengan ekstensi lainnya yang juga bisa digunakan, bahkan ada pula yang harganya jauh lebih terjangkau dibanding domain .com.

Tak hanya itu saja, domain .com juga kerap kali jadi rebutan. Bahkan banyak blogger yang juga berburu domain expired berekstensi .com yang memuat kata kunci bagus. Misalnya jika ada domain kulinerbandung.com tentunya akan jadi primadona, jika dibandingkan domain kulinerbandung.id.

Keunggulan Domain .Com

Keunggulan Domain .Com

  • Memiliki harga yang terjangkau

Disamping banyaknya domain yang bertebaran di luar sana, tetap domain .Com menjadi domain yang banyak disediakan oleh registar domain di luar sana. Karena harganya pun terbilang murah, harganya mulai dari 100rb dan kalaupun diperpanjang setiap tahunnya, biasanya kenaikannya pun tidak melambung tinggi. Saya sendiri memiliki domain .Com yang harganya 135rb/tahun. Cukup terjangkau kan ya?

  • Tidak membutuhkan syarat atau ketentuan khusus

Ketika kamu berhasil check domain .com yang ingin digunakan untuk keperluan bisnis, kamu bisa membelinya tanpa perlu melampirkan data seperti SIUP, NPWP dsb. Tidak seperti domain co.id yang membutuhkan syarat-syarat tersebut. Maka dari itu, domain .Com bisa dibeli dengan mudah dan cepat.

  • Mudah diingat

Domain .com membantu sebuah website lebih mudah diingat, karena memang sudah sangat familiar untuk digunakan. Alhasil bisa mendatangkan pengunjung website lebih banyak lagi.

  • Domain .com memiliki skala internasional

Tidak seperti ekstensi domain lainnya yang memiliki spesifikasi negara tertentu, misalnya .id untuk Indonesia, .kr untuk negara korea. Nah, domain .com justru bersifat netral, bisa digunakan oleh web manapun tanpa terbatas oleh jangkauan lokasi. Mengapa demikian? Karena rupanya domain .Com juga adalah domain yang pertama  kali didaftarkan di dunia, jadi cikal bakal domain berawal dari domain .Com.

  • Domain .Com terbukti SEO Friendly

Bagi kamu yang ingin meningkatkan peringkat websitemu di halaman pertama, maka domain .Com menjadi prioritas yang perlu kamu pilih. Karena domain ini terbukti SEO Friendly dan berskala internasional, sehingga algoritma mesin pencaripun akan lebih relevan dalam menampilkannya di halaman pertama.

Nah,  itu tadi keunggulan domain .Com selanjutnya yang perlu kita pahami juga bahwa domain tidak serta merta berdiri dengan sendirinya. Tapi juga didukung dengan keberadaan URL, apa itu URL? Jadi URL adalah kepanjangan dari Uniform Resource Locator dimana karakter dalam sebuah url ini nantinya akan merujuk pada alamat www yang fungsinya untuk mengidentifikasi lokasi tertentu dari sebuah web.

Contoh dari URL sendiri misalnya https://www.widyaherma[dot]com/apa-itu-domain dengan adanya URL tersebut, mampu memaparkan lokasi sebuah artikel web yang membahas apa itu domain. Dan biasanya url memang bisa disetting oleh pemilik web, sebelum artikel tersebut di publish.

Oke, sekilas tentang URL dan domain yang kenyataannya keduanya memang berbeda, tapi menjadi bagian dari satu sama lain. Jadi, kalau nanti ada yang tanya apakah domain dan URL itu sama? Kamu sudah pasti bisa  menjawabnya, kan hehehe

Baca: Pentingnya VPS dan Kapan Waktu Terbaik Menggunakan VPS

beli domain di domainesia

Sebagai rekomendasi terbaik, yang mau beli domain harga terjangkau, pastikan memilih domain di domainesia penyedia layanan web dan hosting yang telah berdiri sejak 2009, karena selain harganya terjangkau, keamanan domain kamu nantinya bisa terjamin. Karena diluar sana, ada juga registar domain nakal yang bisa saja memperjualbelikan domain kamu secara illegal tanpa seizinmu lho, hiks.

Dan kalau dari pengalaman saya, tempat membeli domain itu sangat berpengaruh pada kualitas website, lho. Soalnya saya pernah mendapati situasi ketika membeli domain asal-asalan, tapi tahunya website saya malah jadi sering error. Rupanya karena lokasi servernya berada di lokasi yang tidak sesuai sehingga load time pun jadi lambat.

Nah, bedanya kalau Domainesia ini mereka melakukan transparansi pada status servernya, sehingga yang mau beli domain atau hosting di domainesia, bisa pilih lokasi server sesuai yang diinginkan. Mereka memiliki 5 lokasi server yang  bisa dipilih, yaitu US, Jepang, England, Singapura dan Jakarta. Untuk memilih server ini, sebaiknya sesuaikan dengan target pasarmu, jika target pengunjung websitenya adalah user di Indonesia, maka sebaiknya pilih lokasi server di Indonesia atau Singapura.