Menjalankan bisnis tentu tidak semudah kelihatannya, akan ada begitu banyak rintangan dan aturan yang perlu kamu ketahui. Namun sayangnya ada banyak aturan bisnis tidak tertulis yang seringkali tidak diketahui banyak orang. Biasanya hal ini didapat hanya dari mulut ke mulut antar circle pebisnis, atau dari pengalaman sendiri, bukan seperti informasi yang bisa dicari di google.

Aturan Bisnis Tidak Tertulis

Aturan Bisnis #1 : Jangan Memulai Bisnis Menggunakan Hutang

Alasannya karena cicilan hutang itu pasti, sedangkan keuntungan dalam bisnis itu belum bisa terprediksi diawal memulai bisnis. Sehingga tak disarankan untuk memulai bisnis menggunakan hutang. Adapun berhutang dalam bisnis, biasanya dilakukan setelah bisnis sudah mengalami perkembangan yang baik, tujuannya ya biar bisa percepatan juga nantinya.

Aturan Bisnis #2 : Kalau mau jualan laku, harus jual emosi

Alasannya karena pada dasarnya, manusia itu makhluk emosional, jarang sekali berpikir logis. Ibaratnya ketika seseorang membeli Kasur, yang dia beli bukanlah Kasur tapi kenyamanan. Jadi pastikan ada copywriting yang mengedepankan emosi pada setiap produk bisnis yang kamu jual ya.

Aturan Bisnis #3 : Jangan memulai bisnis dengan teman

Karena seringkali kita kesulitan bertindak professional, bahkan merasa sungkan jika berbisnis bersama teman. Terlebih seringkali juga kegagalan bisnis berdampak pada bubarnya pertemanan. Walau ada beberapa yang sukses berbisnis dengan teman, memang sebaiknya posisinya jangan satu divisi, atau misalnya berbisnis dengan teman dalam bentuk kerjasama outsourcing atau berdasarkan proyek saja.

Aturan Bisnis #4 : Jangan jual sesuatu yang kamu sendiri tidak ingin membelinya

Alasannya karena bisnis bukan tentang hari ini, tapi tentang perjalanan selanjutnya. Biasanya, kalau menjual sesuatu yang ‘buruk’, entah itu produk atau dengan cara mencurangi customer. Kedepannya, bisnisnya tidak akan bertahan lama.

Aturan Bisnis #5 : Jangan berikan bonus gratisan walau jualanmu tidak habis

Alasannya nanti orang-orang tidak mau beli dan berharap daganganmu tidak habis, agar dikasih gratisan

Aturan Bisnis #6 : Jangan pernah jualan ke saudara atau teman

Alasannya karena mereka bukan target marketmu, dan mereka selalu berpikir kalau kamu ambil untung banyak, sehingga suka minta diskonan atau gratisan.

Aturan Bisnis #7 : Jika ingin memulai bisnis, jangan pusing pikirin produknya dulu tapi buat aja kolamnya dulu

Alasannya kalau sudah ada ikannya, apapun yang kamu jual pasti mereka akan tertarik untuk membeli. Misalnya kamu mau jualan baju anak, nah kamu buat dulu kolamnya dalam bentuk akun parenting di tiktok atau Instagram, nanti followers yang sudah follow akun kamu pasti akan tertarik dengan produk baju anak yang kamu tawarkan, karena kamu menawarkannya di tempat yang tepat.

Aturan Bisnis Tidak Tertulis yang Perlu Kamu Tahu

Aturan Bisnis #8 : Hindari perang harga dalam berbisnis

Karena lebih baik meningkatkan value produk yang kita punya, karena kalau kita bersikukuh perang harga, kelihatannya memang seperti menang di awal, tapi akhirnya bisnisnya tidak bisa bertahan karena cashflow ga jalan

Aturan Bisnis #9 : Jangan campurkan uang pribadi dan uang bisnis

Alasannya ketika dicampurkan, kita seringkali jadi lebih impulsif dan ujung-ujungnya kehabisan modal usaha

Aturan Bisnis #10 : Jangan share bisnis di sosial media pribadi

Apalagi jika circle kamu isinya orang-orang yang ga suka lihat orang lain sukses, dan sok nyemangatin ketika ada orang yang terpuruk. Nantinya kamu akan merasa dongkol dan ga bahagia

Aturan Bisnis #11 : Rahasiakan omset jualan kalian pada keluarga dan kerabat

Alasannya kalau misalnya omsetnya kecil akan diremehkan, kalau omsetnya besar akan jadi sasaran untuk meminjam uang. Selain itu juga akan memancing kecemburuan mereka agar meniru kesuksesan kita.

Aturan Bisnis #12 : Jangan jawab pertanyaan teman atau saudara yang bertanya alamat supplier, resep dan formula bisnismu

Alasannya nanti akan jadi saingan bisnis

Aturan Bisnis #13 : Jangan terima tawaran saudara yang mau minjemin modal bisnis untukmu

Alasannya nanti bisnisnya jika sudah berkembang akan diakuisisi oleh saudaramu

Aturan Bisnis #14 : Jangan pernah membuka usaha kuliner dekat rumah

Alasannya nanti suka banyak dihutangin tetangga

Nah, dari keempat belas aturan bisnis diatas, tetap yang tak boleh dilewatkan adalah bagaimana kita bisa memastikan bahwa bisnis kita ada laporan keuangannya, karena laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis kita. Ditambah lagi, laporan keuangan juga bisa menjadi pertimbangan kita dalam mengambil keputusan bisnis.

Baca: Peluang Bisnis Menguntungkan, Jual Pulsa Kuota Internet via MAXsi Reload

Bagi teman-teman yang ingin membuat laporan keuangannya dengan mudah, bisa memanfaatkan software akuntansi kledo, karena software akuntansi yang satu ini sangat user friendly sehingga bagi pemula sekalipun, bisa dengan mudah mempelajarinya.