Di tahun 2020, banyak orang – orang yang terdampak pandemi dari segi ekonomi, yang pada akhirnya harus kehilangan pekerjaannya, karena terkena lay off dari perusahaan tempatnya bekerja. Selanjutnya, untuk melanjutkan hidup, banyak diantaranya yang berupaya mendaftar pekerjaan kesana kemari, mendaftarkan diri di program prakerja, mengirit pengeluarannya mati-matian hingga mencari akses jalan lain untuk bertahan hidup, dengan cara menjadi pebisnis dadakan.

Untuk yang memilih opsi menjadi pebisnis dadakan di masa pandemi pun, punya realitanya masing-masing, ada yang sukses tapi lebih banyak yang gulung tikar. Hal itulah yang kemudian menginspirasi lahirnya paket usaha di bulan Mei 2020, sebuah bisnis penyediaan paket usaha unik dengan karakter little pony. 

Menjalankan paket usaha tentunya tidaklah mudah dan langsung banyak mitra, berbagai promosi saya lakukan lewat social media. Alhamdulillah, usaha tidak mengkhianati hasil satu persatu mitra yang ingin bekerjasama berdatangan. Paket usaha yang saya tawarkan yaitu satu stand booth dan juga minuman racikan yang suami buat. 

Untuk mengirimkan stand booth yang berbobot lebih dari 5kg tentunya bukanlah hal mudah. Saya harus hati-hati dalam mengrimkannya ke mitra saya dan pastikan tidak rusak. Untuk mengrimkan stand booth opsi pengiriman dalam bentuk cargo dibanding express. Karena opsi cargo menerapkan tarif perhitungan barang per 10 kg, lain halnya dengan express yang menerapkan tarif perhitungan barang per 1 kg. Sehingga tak heran kalau pengiriman menggunakan cargo akan jauh lebih murah tarifnya. 

Daripada penasaran, disini saya spill untuk lebih jelasnya, kebetulan memang saya juga terbiasa melakukan pengiriman paket usaha minuman ke luar pulau Jawa, dan beban berat paketnya berada di angka 50kg-an.  Dan untuk ekspedisi saya memilih  J&T Cargo 

kirim paket besar

J&T Cargo ini spesialis pengiriman berat, tapi J&T Cargo juga tetap menerima pengiriman barang dengan minimal 5 kg kok. Jadi temen-temen ga usah khawatir ya, meskipun berat barang yang mau dikirimnya hanya 5kg saja, tetap diterima. 

Dan pertimbangan lainnya, mengapa J&T Cargo ini worth it banget untuk dijadikan andalan untuk pengiriman paket usaha ke mitra, karena kelebihan-kelebihannya, seperti:

  • Jangkauan area yang luas dengan cakupan 98% area di Indonesia

Saat ini lebih dari 3000 outlet J&T Cargo tersebar diseluruh Indonesia kecuali Papua, hal ini tentu memudahkan saya melebarkan usaha dan mendapatkan mitra dari berbagai daerah.

  • Menjamin ketepatan waktu pengiriman menggunakan J&T Cargo sesuai rencana

Seneng banget pas tahu kalau J&T Cargo punya layanan yang fast track juga dari segi pengirimannya, jadinya cepet banget. Saya pernah kirim paket besar dari, Bandung – Lampung bisa ditempuh dalam 3-5 harian aja. Seperti pengiriman dalam pulau Jawa aja hehe

  • Tersedia layanan gratis jemput paket untuk pengiriman regular

Jujur, memang saya belum pernah menikmati layanan gratis ini, tapi ini recommended juga kalau paket pesanan di bisnis teman-teman jumlahnya banyak. Kalau saya sih biasanya dalam seminggu ada beberapa pengiriman aja, tapi sekali ngirim, paketnya segede gambreng, makanya lebih nyaman kirim pesanannya langsung ke lokasi drop point J&T Cargo. 

  • Terdapat layanan EzTrack

Layanan ini sangat ngebantu untuk mengetahui keberadaan paket, sehingga konsumen atau seperti halnya mitra biasanya kalau pesanannya belum nyampe juga, saya bantu arahkan unutk cek EzTrack guna memastikan posisi paket pesanannya.

Yups, itu tadi sebagian keunggulan dari J&T Cargo, banyak sekali benefit yang saya dapat mulai dari kemudahaan pengiriman hingga efisiensi harga yang lebih hemat 50% dibandingkan dengan express.

Well, sejak menjalankan usaha ini, sedikit banyak jadi tahu tentang tempat-tempat yang ada di Indonesia, terus jadi tertantang juga buat kirim-kirim paket usaha  pake J&T Cargo ke banyak tempat di seluruh Indonesia. Ke Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera kan cukup sering. For information, J&T Cargo tidak mengirimkan produk makanan ya. Jadi kalau kamu memiliki usaha seperti saya yang mengharuskan kirim paket besar bisa pakai J&T Cargo aja ya!.