Kelas kayu merbau sebagai kayu terbaik yang berasal dari daerah tropis asli Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Sebagai kayu dengan tingkatan teratas dalam dunia perkayuan, menjadikan kayu merbau sebagai primadona yang layak diperebutkan banyak orang. Akan tetapi, sayangnya belum banyak orang yang tahu mengenai “kayu besi” asal Papua ini. Orang-orang kebanyakan lebih familiar dengan kayu jati dan mahoni.

Disamping popularitasnya yang belum mampu menyamai popularitas kayu jati, kayu merbau tetap memiliki penggemarnya tersendiri. Bahkan di beberapa daerah satu dengan yang lainnya, sebutan untuk kayu merbau ini berbeda-beda, lho. Misalnya saja di tanah jawa, kayu merbau lebih akrab disapa merbo atau taritih. Lain halnya dengan di tanah Sumatera, kayu merbau lebih sering disebut marbon, merbau asam, merbau darat dan merbau pantai. Sedangkan di Kalimantan sendiri, sebutan kayu merbau adalah alai, anglai, ipil, jumelai dan maharau.

Sumber foto: Citra Kayon

Ciri-ciri Kayu Merbau

Tidak seperti karakter kayu pada umumnya, kayu merbau memiliki karakteristik beserta ciri-ciri yang membuatnya memiliki nilai tambah bagi para pecinta furniture berkualitas. Maka tak heran, bila akhirnya kayu ini menempati kelas kayu merbau di peringkat atas.

  • Memiliki warna khas yang unik

Bermodalkan ciri khas warna yang tidak biasa, warnanya coklat kemerahan, kuning kecoklatan dan coklat agak kehitaman. Selain itu, kayu merbau juga memiliki serat kayu yang kasar namun begitu disentuh akan terasa licin dan halus.

  • Daya tahan yang baik

Kayu merbau sangat direkomendasikan untuk bahan bangunan dan furniture karena memiliki ketahanan terhadap berbagai cuaca esktrem, seperti hujan dan panas. Itu sebabnya, banyak juga infrastruktur seperti jembatan, dermaga yang dibangun menggunakan kayu merbau.

  • Anti jamur dan rayap

Hal unik lainnya yang juga menjadi kelebihan kayu merbau, karena kayu ini memiliki durabilitas yang tinggi, sehingga anti jamur dan rayap. Dengan biaya maintenance yang terjangkau menjadikan kayu merbau sebagai pilihan yang pas untuk bahan bangunan dan furniture.

  • Tidak mudah retak

Kayu merbau memiliki kadar air yang terbilang rendah yakni dibawah 15%, sehingga tingkat penyusutannya sangat kecil dan tidak mudah retak. Ini memungkinkan kayu merbau bisa dikreasikan ke berbagai model furniture.

  • Harga terjangkau

Jika kamu menginginkan kualitas kayu terbaik yang awet, tidak ada salahnya memilih kayu merbau. Karena kualitasnya mirip kayu jati, namun memiliki harga yang terjangkau dibanding kayu jati.

Kegunaan Kayu Merbau

Kegunaan kayu merbau memang bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari pembuatan kusen, furniture, lantai parket, papan panel, kursi, meja, pintu dan jendela. Bahkan minyak dari pohon merbau juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Sumber foto: Citra Kayon

Nah, tapi kalau misalnya saat ini kebutuhanmu untuk pintu, kamu bisa percayakan pada Citra Kayon yang merupakan perusahaan yang memproduksi pintu dengan bahan kayu terbaik berkualitas internasional yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Salah satu produk pintu yang dimiliki oleh perusahaan Citra Kayon adalah pintu solid engineering.

Baca: Pentingnya Memilih Kursi Kerja yang Nyaman

Tipe pintu yang satu ini terbilang kokoh dan memiliki efek kedap suara yang lebih baik. Sehingga mampu menjaga rumah agar tetap aman. Dan kalau ditanya, apakah desain pintunya estetik? Jelas! Pintu kayu dari Citra Kayon terdiri dari berbagai model yang estetik, bahkan bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan dan gaya interior rumahmu.  

Informasi detail mengenai produk-produk berkualitas dari Citra Kayon, bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi laman web resminya citrakayon.co.id