Baru-baru ini dapat curhatan dari temen yang katanya mengeluh “susah hamil” karena berat badannya susah turun. Denger keluhan tersebut, awalnya saya sempat ga percaya, karena mikirnya “Kok bisa lemak berpengaruh terhadap kehamilan?” dan ternyata setelah saya coba googling, ada penjelasan ilmiahnya bahwa memang benar, keberadaan lemak ditubuh bisa mempengaruhi kehamilan.

Yang pertama, berat badan berlebih ternyata bisa mengganggu hormon estrogen, sehingga siklus ovulasi menjadi tidak teratur. Lalu yang kedua, lemak juga bisa menutup organ reproduksi, alhasil ovarium tertutup lemak dan kehamilan jadi terhambat.

Dari sana saya jadi makin percaya bahwa menurunkan berat badan ke angka ideal ternyata sangat penting. Karena selain membuat kita tetap sehat, berat badan ideal juga membuat kita terhindar dari kondisi yang tak diinginkan. Selama ini, yang lebih sering kita ketahui bahwa penyebab berat badan susah turun hanya terjadi karena pola makan yang tidak teratur, tapi sebenarnya ada beberapa penyebab lainnya.

1. Lingkungan yang tidak kondusif

Jika circle pergaulan tidak mendukungmu untuk melakukan diet, seringkali rencana diet hanya tinggal angan-angan. Maka dari itu, pastikan ketika hendak diet, kamu membatasi diri pergaulanmu atau lebih baik berkumpul dengan orang-orang yang sefrekuensi, misalnya orang-orang yang kamu temui di tempat olahraga dsb.

2. Target yang tidak realistis

Saat diet boleh saja pasang target, tapi jangan sampai target yang dipasang tidak realistis. Diet itu bukan berarti tidak makan sama sekali lho ya, tapi membatasi makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan ketika memasang target, pasang target yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Bound).

Baca: Cara Menghitung Siklus Menstruasi yang Benar

3. Kurang minum

Ketika ingin menurunkan berat badan, tentu kita harus mengurangi jumlah porsi makan, tapi bukan berarti harus ikut mengurangi asupan cairan dalam tubuh juga. Karena jika tubuh kurang cairan, kita berpotensi mengalami dehidrasi dan metabolisme tubuh akan melemah sehingga kita jadi gampang sakit.

4. Kurang tidur

Jika tidak cukup tidur, maka berpotensi akan menimbulkan stress yang berdampak pada emotional eating, alhasil berat badanpun jadi sulit tidur. Kemudian kurang tidur juga bisa memicu obesitas, lho.

5. Tidak menghitung kebutuhan kalori

Dalam upaya menurunkan berat badan, penting untuk mengevaluasi jumlah kalori yang diserap tubuh. Untuk memastikan jumlah kalori yang tepat bagi tubuh, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli gizi.

Melihat tantangan yang perlu dihadapi untuk menurunkan berat badan, tentunya kamu tidak perlu merasa sendirian untuk menghadapinya. Karena sekarang sudah ada Sirka, apa itu Sirka? Sirka adalah layanan kesehatan berbasis digital yang menyediakan layanan kesehatan terbaik, didukung dengan produk nutrisi yang telah dikurasi oleh tenaga medis.

berat badan susah turun

Kelebihan Sirka, Layanan Kesehatan untuk Menurunkan Berat Badan

  • Memiliki tingkat keberhasilan hingga 99%
  • Telah terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan
  • Didampingi oleh dokter dan ahli gizi berlisensi
  • Tersedia 3 program utama yang bisa jadi pilihan seperti

Manajemen berat badan (penurunan, penaikkan dan mempertahankan berat badan)

Kesehatan wanita (Prekonsepsi/Promil, PCOS, Postpartum & menyusui)

Penyakit kronis (Diabetes, Hipertensi,GERD/Gastritis)

  • Konsultasi secara virtual melalui Google Meet atau Zoom Meeting
  • Tersedia produk sehat yang bisa didapatkan untuk menunjang program penurunan berat badan

Well, buat kamu yang pengen banget nurunin berat badan ke angka ideal, layanan Sirka bisa banget jadi pilihan terbaikmu. Karena hanya dengan melakukan penanganan yang tepat, impianmu untuk menurunkan berat badan akan semakin dekat.