Nyatanya, udah lebih dari 10 tahun yang lalu sejak berlakunya revolusi industry 4.0 di tahun 2011, tapi masih banyak para pebisnis yang belum mengetahui manfaat AI dalam menjalankan bisnisnya. Barulah setelah terjadinya pandemi, percepatanpun terjadi. Alhasil banyak para pebisnis yang mulai jualan via online.

Meskipun pandemi kemarin berhasil menjadi stimulan bagi para pebisnis untuk menjalankan usahanya di dunia online. Faktanya, tetap saja jumlah pebisnis di Indonesia, menurut informasi yang saya lansir dari laman tempo.co, hanya berjumlah 3,47% dari total penduduknya. 

Maka dari itu, untuk meningkatkan jumlah pebisnis serta membuatnya mampu menghadapi persaingan di era revolusi industry 4.0 ini, perlu adanya tindakan untuk memanfaatkan AI dalam menjalankan bisnisnya.

Bagi yang masih keukeuh dan betah di dunia offline, ga ada salahnya juga untuk menambah channel penjualan baru di ranah online. Setidaknya dengan keran penjualan yang lebih banyak, bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan omset yang lebih banyak.

Sejarah Artifficial Intelligence

Sebelum membahas manfaat AI itu sendiri, bagi para pebisnis khususnya. Dari kacamata saya pribadi, Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin. 

Jika menilik dari sejarahnya, sebenarnya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1956 dalam Konferensi Dartmouth oleh John McCarthy. Meski sebenarnya konsep AI sudah muncul sejak kemunculan komputer pada tahun 1940-an. Uniknya, hingga saat ini, kecerdasan buatan terus berkembang seiring waktu dan telah memberikan manfaat di berbagai bidang, seperti kesehatan, transportasi, dan pastinya di dunia bisnis.

Manfaat AI dalam Menjalankan Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis online, pasti ada berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Dan salah satu faktor yang benar-benar penting dalam mempengaruhi keberhasilan bisnis, ada di ranah manajemen bisnis itu sendiri. 

Seringkali banyak pebisnis online yang merasakan kewalahan dalam mengelola bisnisnya. Maka untuk mempermudah kehidupan para pebisnis, agar terhindar dari kesulitannya selama mengelola bisnis, teknologi AI bisa menjadi solusi yang bisa diandalkan.

  • Meningkatkan efisiensi

Peran AI dalam meningkatkan efisiensi para pebisnis online adalah melalui proses otomatisasi dan pengolahan data yang cepat. Misalnya saja seorang pebisnis membutuhkan otomatisasi untuk kebutuhan posting konten sosial media. Nah itu semua bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi schedule planner yang telah didukung teknologi AI. AI nantinya akan membantu memosting konten bisnismu di sosial media, sesuai dengan perintah yang kamu setting.  

  • Mengambil keputusan yang sesuai

Dalam hal ini, data-data yang diolah menggunakan teknologi AI dapat membantu pebisnis untuk mengambil keputusan yang tepat dalam bisnisnya. Pasalnya, hasil pengolahan data menggunakan teknologi AI pastinya akan lebih cepat dan akurat.

  • Mempersonalisasi pengalaman belanja konsumen

Dengan teknologi AI, nantinya Anda akan dapat mempersonalisasi pengalaman pengguna berdasarkan preferensi mereka. Misalnya Anda bisa melakukan email marketing ke konsumen yang sedang berulangtahun untuk kemudian memberikan mereka promo tertentu. Dan hal ini, tentu akan menjadi lebih mudah, karena AI juga memiliki banyak ai writing tools yang mampu memenuhi kebutuhan terbaik Anda untuk menuliskan kalimat promosi yang efektif. 

  • Melakukan marketing yang signifikan

Sebagai upaya terbaik untuk melakukan marketing yang signifikan, kini Anda bisa dengan mudah memanfaatkan AI yang ada di dashboard iklan fb/IG ads, untuk melakukan targeting dengan mudah. Targeting yang dilakukan bisa mulai dari berdasakan usia, tempat tinggal dsb hal itu tentu berdampak baik karena akan membuat Anda terhindar dari overbudget saat melakukan kampanye pemasaran.

  • Mengurangi risiko overbudget dalam bisnis

Teknologi AI juga kini telah disematkan di berbagai aplikasi manajemen stock. Yang fungsinya tiada lain dan tiada bukan adalah untuk memantau pengelolaan stock. Alhasil, bisnis yang Anda jalani akan terhindar dari yang namanya overstock.

Nah itulah Sebagian dari banyaknya manfaat AI dalam menjalankan bisnis online. Meskipun banyak menuai kontroversi, karena dinilai bahwa penggunaan AI dapat mengakibatkan manusia kehilangan pekerjaannya karena tergantikan oleh proses otomatisasi dari AI. 

Baca: Dukung Masa Depan Cerah UMKM, Amartha Luncurkan Teknologi Credit AI Scoring

Tapi kita tidak perlu khawatir, karena bagaimanapun juga, meskipun AI memiliki kecanggihan dalam mengotomatisasi tugas-tugas tertentu dan memberikan wawasan dan prediksi yang berharga, namun tetap membutuhkan keahlian manusia untuk menginterpretasikan data dan membuat keputusan strategis.

Kesimpulannya adalah sejalan dengan bertumbuhnya teknologi AI, tentu kita juga sebagai manusia juga perlu bertumbuh dan terus mengupgrade value yang dimiliki, caranya dengan tak pernah berhenti untuk belajar. 

Apalagi saat ini ada beragam kemudahan untuk bisa belajar, yaitu dengan cara mengikuti kursus digital marketing online di GreatNusa. Lebih detailnya, GreatNusa sendiri merupakan portal pembelajaran online terbaik yang memiliki beragam kategori materi pembelajaran yang super lengkap.

Apapun kebutuhan ilmu bisnis online yang ingin Anda pelajari, semuanya hadir di GreatNusa, mulai dari kursus digital marketing, Business & Management, Data & Technology, Design & Creative, Finance & Accounting, Leadership (kepemimpinan), Marketing, hingga Project Management dsb 

Keunggulan Kursus Bisnis Online, GreatNusa

  • Selalu menyajikan topik materi yang terjamin relevan dan berkualitas
  • Menghadirkan para praktisi dan akademisi dari institusi pendidikan terkemuka
  • Proses pembelajaran yang efektif dan fleksibel untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun
  • Memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dalam komunitas pembelajar dan mitra

Nah, itu tadi bagaimana cara kita untuk dapat memanfaatkan AI dalam menjalankan bisnis online. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan sudut pandang yang lebih baik terhadap perkembangan teknologi disertai pentingnya untuk selalu bertumbuh dan menjadi pembelajar setiap waktu.