Biaya Daycare (Penitipan Anak) di Bandung Selatan, Dekat Baleendah – Ayo ngacung, disini siapa aja ibu-ibu yang bingung antara mau nitipin anaknya ke kakek-neneknya atau lebih baik pilih daycare. Sama bu, saya juga termasuk yang ada diantara dua pilihan tersebut. Memang kakek-neneknya akan selalu ready untuk bisa dititipin cucu kesayangannya, tapi tetap saja saya tidak enak hati untuk merepotkan orang tua di usia senjanya.

Belum lagi, jika memang tiba-tiba ada kondisi mendesak yang dialami orang tua, pastinya kita pun jadi kebingungan sendiri mencari siapa yang bisa dititipin anak. Selain itu, kalau anak tinggal di kakek-neneknya, udah pasti kita akan kesulitan menyelaraskan gaya parenting kita. Ibarat bersama kita anak perlu dibatasi makan es krimnya, sementara saat bersama kakek-neneknya, jadi berubah lagi aturannya.

Ya, itulah segelintir alasan yang akhirnya jadi pertimbangan kenapa harus memilih daycare. Jadi sebenarnya, bukan bermaksud mau “menelantarkan” anak, justru kalau anak ada di daycare, dia bisa lebih bermain dengan teman sebayanya, lalu pastinya juga aktivitasnya pun akan lebih jelas dan terarah, karena daycare biasanya memiliki kurikulum tersendiri yang mengatur aktivitas anak dalam keseharian.

Dan sebagaimana yang kita tahu, sudah menjadi rahasia umum  kalau wilayah Bandung Selatan, seperti Baleendah, Bojongsoang, Banjaran dan sekitarnya adalah kediaman para karyawan yang kerja di Bandung Kota. Itu sebabnya, jangan heran kalau Bandung di pagi hari udah “kararebul” alias berdebu apalagi di daerah Bojongsoangnya.

Tapi sebenarnya, selain karena alasan bekerja, pilihan daycare juga seringkali dijadikan pilihan bagi orang tua yang ingin me-time. Karena ibu rumah tangga juga meskipun di rumah, bukan berarti tidak ada kerjaan. Dan kalau sudah menghadapi banyak pekerjaan rumah tangga, gak jarang akhirnya anak jadi kurang diperhatikan.

Baca: Beberapa Tindakan untuk Memahami Psikologi Anak

Lhaaaa soalnya waktu setiap orang kan cuma 24 jam, jadi memang ga bisa semua hal benar-benar dikerjakan sebagaimana ekspetasi yang diinginkan. Akhirnya, anakpun dimasukan ke daycare agar bisa jadi lebih seimbang kehidupannya, adakalanya ketemu teman-temannya, adapun quality time dengan orang tuanya. Jadi buibu, daycare itu hanya 8 jam saja ya, sama seperti halnya jam operasional kerja kantoran. Dan berkaca dari pengalaman saya yang pernah memasukan anak ke daycare di usianya yang saat itu masih 5 bulan, saya ingin sharing juga sama ibu-ibu tips memilih daycare yang tepat menurut versi saya.

Tips Memilih Daycare

  1. Tanyakan berapa jumlah pengasuh dan jumlah anak yang sudah bergabung terlebih dahulu di daycare tersebut. Apabila anak-anak yang daycare mencapai di angka lebih dari 20 anak dan pengasuhnya hanya 2, biasanya saya agak kurang sreg, karena khawatir anak tidak terperhatikan. Menurut saya, idealnya 1 pengasuh untuk 5-6 orang anak saja.
  2. Pastikan lokasinya strategis dan tidak jauh dari lokasi ibu-ibu, karena biasanya jika kita telat menjemput dalam artian overtime, meskipun hanya 10 menit itu suka kena charge, chargenya bervariasi, ada yang 10-20ribu.
  3. Perhatikan kurikulum yang ada di daycare tersebut, apakah sesuai dengan nilai-nilai yang kita bangun atau tidak. Ada beberapa daycare yang menggunakan metode Montessori, Japanese Islami, kurikulum merdeka dsb.
  4. Perhatikan juga tempatnya, apakah nyaman atau tidak, karen kan anak akan menghabiskan banyak waktu disana, jadi pastikan kamar mandinya layak, tempat tidurnya nyaman, area bermainnya cukup dan fasilitas lainnya.
  5. Pilih daycare yang telah mengantongi izin usaha, ini penting agar memastikan anak kita berada di tempat yang tepat. Amit-amit kan bu, kalau sampe terjadi sesuatu yang tidak-tidak dengan anak kita.
  6. Utamakan daycare yang memiliki reporting yang jelas kepada orang tua, ini membantu kita agar sebagai orang tua juga bisa tetap membersamai tumbuh kembang si kecil.

Baca: Miliki Tabungan Proteksi Pendidikan Anak Sekarang Juga

Rekomendasi Daycare di Bandung Selatan

Kebetulan karena saya ada rencana untuk berkarir lagi setelah sekian lama menjadi ibu rumah tangga, dan juga saya memang tinggal di Bandung Selatan, jadi daripada informasinya menguap terhapus di whatsapp, saya share juga ya hasil pencarian saya mengenai daycare (penitipan anak) di dekat Baleendah, Bandung Selatan. Siapa tahu ada ibu-ibu yang lagi membutuhkan informasi mengenai daycare di Bandung Selatan.

  • Hikari Kidz Daycare

Dari beberapa informasi daycare yang saya cari, daycare yang berlokasi di Cikoneng, Bojongsoang ini adalah daycare yang menurut saya memiliki kurikulum yang unik dan menarik. Mengusung konsep Islamic & Japanese Method, pastinya memberikan nuansa yang lebih khas, tau sendiri kan kalau orang jepang tuh sangat bersih, teratur. Bayangin aja kalau anak kita diajarin bersih dan teratur sejak dini, pastinya happy banget ya buibu.

daycare bandung selatan
Sumber: Google bisnis Hikari Kidz Daycare

Untuk urusan lokasinya, saya juga jatuh hati pas survey ke lokasinya, karena walaupun bukan berdiri di jalan raya bojongsoangnya, daycare ini aksesnya langsung ke jalan. Jadi yang bawa kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat sekaligus pasti ga akan kesulitan buat parkir. Udah gitu, bangunannya juga ga terlihat seperti bangunan lama dan setiap ruangan anak sudah full AC ya buibu. Walaupun menurut saya, ruangan anaknya tidak terlalu luas sih, cuma saya lagi-lagi jatuh hati karena mereka ada program tahfidz untuk anak.

Sumber: Google Bisnis Hikari Kidz Daycare

Fasilitas Hikari Kidz Daycare

  • Ruangan ber-AC dengan kapasitas maksimal 25 siswa, dibatasi biar pengawasan lebih efektif.
  • Sudah termasuk makanan sehat berdasarkan konsultasi ahli gizi
  • Terdapat komunitas parenting club yang sering mengadakan seminar dengan psikolog, ahli gizi dan juga seputar kesehatan anak. Sehingga nantinya anak dan orang tua bisa sama-sama belajar dan khususnya sebagai orang tua juga jadi lebih memahami si kecil.
  • Pemeriksaan dokter 3 bulan sekali
  • Pilihan mainan serunya cukup banyak
  • Ada kids library yang berisi buku-buku anak Indonesia dan Jepang
  • Ada reporting untuk orangtua yang menitipkan anaknya di Hikari Kidz Daycare
  • Dapat kasur (khusus yang paket bulanan), alat makan, kaos, baju olahraga, topi, rompi, totebag, alat tulis dan warna.

Biaya pendaftaran daycare di Hikari Kidz Daycare (survey di bulan Oktober 2023)

Daycare 8 jam per hari dari hari Senin-jum’at, Pkl. 08.00-16.00 atau bisa juga dari Pkl. 09.00-17.00

PAKET BULANAN

Uang pendaftaran Rp. 200ribu

Uang pangkal Rp. 2.500.000,-

Uang kegiatan Rp. 500.000,-/tahun

Uang SPP Rp. 850.000,-/bulan

Paket makan bergizi (snack/buah pagi-sore, makan siang, susu) : Rp. 350.000/bulan

PAKET HALF DAY (setengah hari)

Uang pendaftaran Rp. 200ribu

Uang pangkal Rp. 1.500.000,-

Uang SPP Rp. 450.000,-/bulan

Paket makan bergizi (snack/buah pagi-sore, makan siang, susu) : Rp. 250.000/bulan

PAKET HARIAN

Uang pendaftaran Rp. 200ribu

Uang pangkal Rp. 800.000,-

Penitipan harian Rp. 80.000,-

Paket makan bergizi (snack/buah pagi-sore, makan siang, susu) : Rp. 20.000/kedatangan

Note: Uang pangkal bisa dicicil 2x

Alamat lengkap: Hikari Kidz Club & Daycare
Dewadaru Residence, R-4 Jl. Cikoneng – Bojongsoang, Lengkong, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
Nomor Kontak: 0821-1818-7557 (Shella)
Instagram: @hikarikidz.club

  • Windiana Daycare

Meski lokasi daycare di dekat bandung selatan ini berada di Gg. Balai Benih, patokannya masuk gang di sebelah puskesmas bojongsoang. Tapi kita bisa saja survey sambil bawa kendaraan roda empat, karena memang akses masuk mobilnya cukup oke.

akses jalan di depan gerbang Windiana Daycare

Menariknya, daycare ini menerima penitipan anak hingga hari Sabtu, berbeda dari daycare kebanyakan. Daycare disini dimulai dari pkl. 07.00 – 17.00 (Senin-Jum’at) dan pkl 07.00 – 15.00 (Sabtu). Untuk biaya overtime penjemputan, Rp.10.000,- dan kalau sudah 4 tahun keatas, di daycare ini vibesnya seperti TK nantinya akan belajar layaknya TK dari jam 08.00-11.00 karena kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Merdeka.

Sumber: bu Windiana

Biaya Pendaftaran Windiana Daycare

  • Harian:

Pendaftaran: Rp. 50.000,-

Rp. 65.000,- (tanpa makan)

Rp. 80.000,- (plus makan 3x)

Mingguan

Pendaftaran: Rp. 100.000,-

Rp. 350.000,- (plus makan)

  • Bulanan

Rp. 900.000/bulan (include makan 3x)

Uang Tahunan: Rp. 500.000,-

Uang Pendaftaran: Rp. 500.000,-

Tersedia diskon menjadi 1.600.000/bulan untuk 2 anak

Alamat lengkap:
Gg.Balai Benih Rt.01/01 No.37 Kec.Bojongsoang Desa Cipagalo Kab.Bandung
Nomor Kontak: 0853-1500-0495 (Windiana)
Instagram: @windianadaycare

  • Almalia School

Daycare yang satu ini letaknya tidak jauh dari Telkom University, dan memang amaze sekali walau belum pernah ke tempatnya secara langsung, daycare ini termasuk yang paling aktif di sosial media. Jadinya saya sudah cukup dapat gambarannya secara jelas.

Sumber: Google bisnis Almalia

Biaya Pendaftaran Daycare di Almalia School

Pendaftaran: Rp 300.000

Biaya DPP: Rp 4.300.000

Biaya Semester 1: Rp 3.150.000

Biaya Seragam: Rp 875.000 (Perempuan), Rp 750.000 (Laki-laki)

SPP Halfday

Baby School Rp 1.150.000

Play Group Rp 900.000

Kindergarten Rp 950.000

SPP Fullday

Baby School Rp 1.550.000

Play Group Rp 1.300.000

Kindergarten Rp 1.350.000

Note :

  • Biaya pendaftaran dibayarkan 1x saat pertama masuk
  • Biaya DPP dibayarkan per 1 tahun ajaran/12 bulan,
  • Biaya semester dibayarkan persemester/6 bulan
  • Biaya DPP dapat dicicil 3x berturut-turut
  • Biaya semester dapat dicicil 3x berturut-turut

Alamat lengkap: Jl. Komp. Permata Buah Batu No.A-25, Lengkong, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
Nomor Kontak: 0811-2277-731
Instagram: @almaliaschool
Website: almaliaschool.sch.id

  • Sekolah Alam Gaharu

 Sesuai namanya, lingkungan di sekolah ini memang terbilang asri, awalnya memang saya survey untuk TK anak saya, tapi ternyata mereka juga memiliki daycare. Program disini juga berbasis alam, banyak aktivitas outdoor yang menunjang kepribadian anak agar lebih mencintai alam.

daycare sekolah alam gaharu
sumber: sekolah.data.kemdikbud

Biaya pendaftaran daycare di Sekolah Alam Gaharu

Pendaftaran: Rp. 300.000,-

Asuransi : Rp. 100.000,-

Biaya member: Rp. 1.500.000/tahun

Daycare Fullday/harian

Member: Rp. 90.000,-

Non- member: Rp. 110.000,-

Daycare Halfday/harian

Member: Rp. 50.000,-

Non- member: Rp. 60.000,-

Daycare perjam

Member: Rp. 30.000,-

Non- member: Rp. 40.000,-

Afterschool/jam (bulanan) Rp. 10.000,-

Afterschool/jam (harian) Rp. 15.000,-

Daycare fullday/bulan

Member: Rp. 1.600.000

Non- member: Rp. 1.900.000

Daycare halfday/bulan

Member: Rp. 900.000

Non- member: Rp. 1.100.000

Daycare Sabtu/Minggu/Hari Libur

Fullday

Member: Rp. 150.000

Non- member: Rp. 175.000

Halfday

Member: Rp. 75.000

Non- member: Rp. 90.000

Note:

Siswa/I PG-RA-MI Sekolah Alam Gaharu yang mengikuti daycare sudah otomatis menjadi member dan tidak dikenakan biaya investasi

Biaya diatas sudah termasuk makan untuk siswa/I daycare fullday

Untuk biaya keterlambatan penjemputan 25ribu/jam

Alamat lengkap: Jl. Rd. T. Endung S. I No.210, Baleendah, Kec. Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40375
Nomor Kontak: 0811-2223-355
Instagram: @sekolahalamgaharu

  • Telkom School Daycare

Ternyata selain berdiri sebagai kampus swasta yang cukup populer di Bandung, Telkom juga menjadi salah satu rekomendasi daycare di bandung selatan, lho. Kebetulan Telkom daycare cukup aktif di media sosial, dan buibu bisa lihat detail aktivitas mereka di dunia maya.

daycare di bandung selatan
Sumber: google bisnis telkom school daycare

Biaya daycare di Telkom Daycare

Penitipan Harian

Biaya pendaftaran Rp.200.000

SPP Harian

Rp.150.000,-

Ctt:

*Penitipan Harian  

Tidak dikenakan Uang Tahunan

Penitipan Bulanan Tetap

Uang Pendaftaran:

Rp.200.000,- (1X bayar)

Pemeliharaan Sarana&Prasarana:

Rp.2.500.000,-/tahun

Total 2.650.000 (Bisa 2 X dicicil dlm 2 bln)

SPP usia sampai 2 thn Rp. 1,200.000,-/bulan

SPP usia diatas 2 THN Rp. 1.000.000 per bulan

Fasilitas:

* Pemeriksaan Psikolog/Dokter

* Akses CCTV

* Ruangan AC

*stimulus perkembangan anak sesuai usia

*pembelajaran dasar calistung,

*Murojaah surat surat pendek

*pembelajaran shalat

Jadwal Penitipan:

Senin s/d Jumat :

07.30 s/d 17.30 wib DIKENAKAN CAS OVERTIME Rp.20.000/jam

Alamat lengkap: Jl. Telekomunikasi No.1, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Nomor Kontak: 081224657636
Instagram: @daycare_tmoms

  • Pelangi Daycare

Sejujurnya belum pelajari lebih dalam mengenai daycare ini, karena memang kurang sreg begitu tanya alamatnya. Karena agak jauh dari alamatku yang berlokasi di Baleendah, tapi memang boleh dicoba juga buat ibu-ibu yang nyari referensi daycare, siapa tau ternyata dekat ke lokasi mereka. Menurutku dari segi harga cukup rasional dan mirip seperti Windiana Daycare untuk bulanannya.

Biaya Pendaftaran DayCare di PELANGI CERIA PRESCHOOL

Pendaftaran              Rp. 200.000

Uang Pengembangan Rp. 1.000.000

Biaya Laporan perkembangan & ATK Rp. 500.000

Seragam ( Baju Olah Raga + 1 kaos) Rp. 300.000

Jumlah total

 Rp 2.000.000.

NB. SPP/ Bulan Rp. 1.000.000

Alamat lengkap: Jl. Ciparay No 193 terusan buah-batu Kel. Kujangsari Kec. bandungkidul
Nomor Kontak: 0812-9257-7711
Instagram: @pelangiceriapreschool

Demikian hasil survey secara online/offline terhadap daycare bandung selatan yang lokasinya dekat dengan Baleendah. Semoga dengan informasi yang saya share di blogpost kali ini bisa memberikan manfaat sekaligus referensi terbaik untuk ibu-ibu yang ada rencana mendaftarkan anaknya ke daycare.